Gambar makanan khas bawean

11 Makanan Khas Bawean yang Unik dan Memanjakan Lidah

Share with

Makanan khas Bawean adalah salah satu makanan yang memiliki kriteria unik baik dalam hal cita rasa, bentuk, bahan bahan dan tahap pembuatannya. Makanan khas Bawean ini sangat terkenal akan kuliner berjenis makanan ringan seperti kerupuk dengan beragam cita rasa yng dibuat dari ikan laut. Tentu kita sudah tahu kalau indonesia merupakan salah satu negara yang juga terkenal akan kelezatan kuliner dari berbagai daerah di Indonesia.

Berbicara soal makanan tentu sudah hal yang tidak asing lagi di lidah kita. Tentu hampir semua cita rasa pada setiap rasa yang terkandung dalam berbagai jenis makanan yang melintas dilidah misalnya rasa manis, pedas, asam, pahit, dan gurih.

Nah itu untuk soal rasa mungkin sudah pernah semua dirasakan, tapi kalau untuk jenis makanannya? Tentu belum semua jenis makanan di Indonesia yang sudah pernah memanjakan lidah kamu.

Salah satunya adalah makanan khas pulau Bawean. Kita tahu kalau Pulau Bawean ini merupakan salah satu pulau yang terletak di Jawa timur. Pulau Bawean ini terkenal akan wisata alam yang beragam mulai dari Bawean island, pantai ria dan jenis wisata lainnya.

Nah, sangat tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke wisata alam pulau Bawean tanpa menikmati beragam kuliner pulau Bawean.

Nah supaya saat berkunjung ke pulau Bawean kamu tahu makanan apa saja yang khas di sana, yuk pahami beberapa fakta unik dan menarik 11 jenis makanan khas bawean berikut ini.

1. Koncok koncok Bawean

Gambar koncok koncok bawean yang banyak diminati orang
Sumber: Instagram @Eva Puspasari

Koncok-koncok merupakan salah satu makanan khas Pulau Bawean yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh pulang ke kampung halaman.Koncok koncok bawean ini sejenis kerupuk yang diolah dengan berbahan dasar dari ikan laut yaitu ikan tongkol segar yang dikombinasikan dengan bahan alami dan tentunya tanpa bahan pengawet. Rasa koncok-koncok ini sangat terasa enak gurih saat dikunyah dan bakal bikin kamu ketagihan. Teknik penyajian konco-konco kelas menengah bawah ini yaitu dikukus terlebih dahulu lalu digoreng.

Kamu tahu tidak mengapa kuliner khas Bawean ini disebut dengan koncok-koncok? Nah makanan ini disebut dengan koncok-koncok karena awalnya koncok-koncok ini adalah bagian ujung yang akan dijadikan kerupuk. Nah arti koncok itu sendiri adalah ujung.

Untuk tahap pembuatan koncok-koncok ini tergolong mudah lho dan bahan yang digunakan juga tidak sulit ditemukan karena bahannya sangat melokal. Dibalik rasa penasaran akan cita rasa yang gurih dan tahap pembuatan dari bahan lokal koncok-koncok ini, tentu ada juga rasa penasaran bagi kamu mengenai harga dari kuliner satu ini. Jadi harga dari koncok-koncok bawean ini hanya dibawah 20.000 an loh. Harganya hanya 18.000 an saja. Wah, cita rasa dan harga sangat menggoda kan. Jadi jangan sampai ketinggalan ya.

2. Pentol ikan Bawean

Gambar Pentol ikan yang merupakan makanan khas bawean
Sumber: Facebook @kawah you

Siapa nih yang doyan makan ikan? kamu pernah nggak makan pentol ikan?. Pentol ikan ini adalah makanan khas dari Pulau Bawean yang sangat renyah. pentol ikan ini memiliki 2 versi memasak yaitu versi direbus dan versi digoreng. Pentol ikan Bawean ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehari-hari.

Nah pentol ikan Bawean ini ternyata sekilas hampir sama dengan bakso loh. Namun bahan dan tahap pembuatan nya tidak sama persis. nah untuk membuat pentol ikan Bawean ini memiliki bahan yang terdiri dari ikan tongkol yang dihaluskan terlebih dahulu, minyak sayur, Garam dan penyedap rasa, tepung tapioka,dan telur rebus.

Untuk tahap pembuatannya cukup mudah loh yaitu pertama masukkan garam dan penyedap rasa secukupnya ke dalam ikan tongkol yang sudah dihaluskan sebelum nya kemudian aduk sampai tercampur rata, setelah itu masukan tepung tapioka dan aduk kembali secara merata.

Jika sudah tercampur rata, ambil adonan sedikit, lalu pipihkan masukkan telur yang sudah dipotong-potong kecil dan bentuk menjadi bulat. Setelah selesai dibentuk, adonan pentol ikan siap dimasak. Pentol ikan Bawean ini dimasak dengan cara direbus. Pada saat direbus, adonan pentol ikan akan mengembang. Setelah matang, pentol ikan Bawean sudah siap disantap.

Nah, untuk masalah cita rasa, bahan pembuatan dan tahap pembuatan sekalipun sudah bisa kamu ketahui, lalu bagaimana dengan harga? Nah untuk harga dari pentol ikan Bawean ini cukup murah loh, harganya berkisar antara harga 10.000-15.000 saja. Dan ikan pentol Bawean ini sudah tersedia di toko online dan beberapa daerah lainnya.

3. Kerupuk Leko balado

Gamabar Kerupuk Lekor Baldo yang merupakan makanan khas yang populer
Sumber: Facebook @LiNa Herleina Watie

Kerupuk lekor balado merupakan salah satu oleh-oleh khas Pulau Bawean yang sangat populer. kerupuk Leko balado ini dibuat dengan bahan dasar dari ikan tongkol segar dan dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan kami dan tentunya tanpa bahan pengawet loh.

Kerupuk Leko balado ini sangat terkenal akan cita rasa ikan yang sangat terasa enak dan gurih saat dikunyah dan dipercaya bakal bikin kamu ketagihan. Kerupuk leko balado ini sangat cocok dijadikan sebagai cemilan sehari-hari.

Nah, buat kamu yang berkunjung ke pulau Bawean untuk berwisata, jangan lupa beli kerupuk Leko balado ini terlebih dahulu. Karena kerupuk Leko balado ini cocok sebagai cemilan sepanjang perjalanan kamu menikmati keindahan alam disana.

Untuk harga dari kerupuk Leko balado ini tergolong sangat murah loh. Mulai dari harga 20.000 an saja. Harga segitu kamu sudah bisa menyantap kerupuk unik ala pulau Bawean ini dengan puas.

4. Pempek-pempek kering

Gambar Pampek pampek kering
Sumber: Instagram @Annisaaiv

Pempek pempek kering ini merupakan makanan khas asal Pulau Bawean yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh. Pempek pempek kering ini memiliki tekstur kriuk dan renyah.

Jadi, pempek-pempek kering ini juga hampir sama dengan kerupuk leko balado, karena sama-sama berbahan dasar dari ikan tongkol segar dan juga dikombinasikan dengan berbagai jenis bahan alami yang diolah tanpa bahan pengawet.

Nah, bedanya jika kerupuk leko balado ini ada rasa pedas sedikit dan gurih sedangkan pempek-pempek kering ini memiliki beberapa jenis varian rasa yakni ada pempek pempek kering varian original, balado, balado pedas, dan jagung bakar.

Nah, untuk soal rasa dan kualitas Nya tentunya kamu sudah tahu. Lalu bagaimana dengan harganya?
Jadi harganya cukup murah loh. Untuk harga originalnya, mulai dari harga 15.000-25.000 per bungkus. Hanya dengan harga segitu, pempek pempek kering ini sudah bisa jadi cemilan kamu sepanjang perjalanan.

5. Kerupuk pasir atau Sangngar

Gambar Kerupuk sangngar
Sumber: Facebook @Putri sejahterah

Hah? Kerupuk pasir? Kerupuk yang diolah dari pasir? Bagaimana bisa pasir diolah jadi kerupuk? Nah loh penasaran kan. Kerupuk pasir atau sangngar ini merupakan makanan khas pulau Bawean yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

Jadi, kerupuk pasir atau sangngar ini memang kerupuk yang dibuat dari bahan pasir.Tapi pasirnya bukan pasir biasa loh. Nah pasir yang digunakan adalah pasir putih yang bersih dan asli dari lautnya pulau bawean. Nah loh, emang bisa? Ya kedengarannya memang sangatlah aneh. Namun siapa sangka kalau ini sudah jadi olahan khas pulau bawean yang juga sangat populer karena keunikannya.

Nah, kerupuk pasir atau sangngar ini bukan kerupuk yang hanya dibuat dari bahan pasir saja loh, melainkan kerupuk yang diolah dari bahan dasar ikan tongkol. Tidak hanya itu saja loh, kerupuk pasir atau sangngar ini juga dikombinasikan dengan bahan alami dan tanpa bahan pengawet loh jadi sehat dikonsumsi siapa saja.

Untuk harga dari kerupuk unik ini, sangat murah dan dijamin tidak rugi dan menyesal loh. Harga kerupuk pasir atau sangngar asal pulau bawean ini hanya 5.000 per bungkus dengan isi yang cukup banyak. Nah loh, sangat murah bukan.

Baca Juga: Makanan Khas Bugis yang unik dan Lezat

6. Martabak Kentang

Gambar martabak kentang yang sangat banyak di gemari masyarakat Indonesia
Sumber: Facebook @nira nabili

Siapa nih yang gak kenal sama martabak? Martabak adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang sangat banyak digemari oleh masyarakat. Kita tahu kalau martabak itu tidak hanya ada satu varian rasa saja tetapi ada banyak varian rasa yang terkandung dalam berbagai jenis martabak misalnya martabak pulut, martabak jagung, martabak kacang, martabak coklat bahkan ada martabak sultan. Tapi pernah gak sih kamu mencoba martabak kentang?

Apa tuh martabak kentang? Jadi martabak kentang merupakan makanan khas asal pulau Bawean yang banyak peminatnya. Martabak kentang ini beda loh dengan martabak yang lain loh. Kalau martabak biasanya terkenal akan tekstur yang lembek dan lembut. Sedangkan martabak kentang yang satu ini memiliki tekstur kriuk dan renyah.

Martabak kentang ini berbahan dasar dari kentang, daun bawang, telur, bubuk kari, merica bubuk, garam, kaldu bubuk, kulit lumpia, dan tepung terigu. Dan untuk tahap pembuatannya juga tidak terlalu susah dan juga tidak terlalu mudah. Teknik membuat martabak kentang ini dibuat dengan teknik menggoreng.

Terlepas dari cerita unik martabak kentang ini tentu makin penasaran kan soal harganya. Jadi harga untuk martabak kentang ini mulai dari 18.000 an saja loh. Wow, jangan sampai ketinggal deh.

7. Ikan kuah kuning

Gambar Ikan kuah kuning
Sumber: Instagram @Ummu Nabil Maryam

Ternyata ikan kuah kuning ini merupakan makanan khas asal pulau Bawean loh. Ternyata Olahan ikan kuah kuning ini tidak hanya ada di pulau Bawean saja loh tetapi juga ada di berbagai belahan daerah lain di Indonesia. Dan mungkin bukan hanya nama ikan kuah kuning ini berbeda beda disetiap daerahnya tetapi juga cita rasanya.

Bahan pembuatan ikan ini juga tidak sulit, bahan yang paling utama harus ada yaitu kunyit dan pastinya harus ada ikan dong. Selain itu ada juga batang serai, lengkuas, gula pasir (tergantung selera), jeruk nipis, air, garam, penyedap rasa, dan minyak , bawang merah, bawang putih, cabe merah, dan jahe. Jika dilihat dari bahannya, sangat melokal bukan?

Nah, jika kamu penasaran rasa ikan kuah kuning khas bawean ini, kamu bisa beli makanan ini dengan harga yang cukup bersahabat dengan kantong kamu loh. Untuk harga ikan kuah kuning ini mulai dari harga 20.000 an saja loh. Hmm gak kebayang kan bisa menikmati ikan kuah kuning dengan harga semurah itu.

8. Kue lumpang

Gambar Kue Lumpang
Sumber: Facebook @resep aneka jajan pasar

Kue lumpang adalah makanan khas pulau Bawean yang sangat unik dan banyak dijadikan sebagai oleh oleh dari bawean. Kue lumpang ini merupakan sejenis kue yang tentunya beda dari kue biasanya. Jadi kue lumpang ini berbahan dasar dari bahan bahan tradisional yang tahap pembuatannya terkenal gampang yakni tinggal campur semua bahannya, lalu aduk secara merata kemudian tinggal dikukus deh.

Nah, untuk bahannya terdiri dari jus pandan, tepung terigu, tepung tapioka, gula pasir, kelapa parut, dan garam. Cukup mudah bukan? Jadi tunggu apa lagi. Cuss langsung eksekusi.

Tapi buat kamu yang belum ada waktu membuat kue lumpang ini sendiri dan belum ada waktu menikmatinya langsung ke pulau Bawean, kamu bisa membeli kue lumpang ini dengan harga yang terjangkau. Nah untuk harga dari kue lumpang ini sangat bersahabat dengan isi dompet kamu, karena harganya hanya 6.000 saja. Wow kebayang gak sih harga dibawah 10.000 ini bisa membuat kamu menikmati cita rasa kue khas bawean satu ini.

9. Petis bawean

Gambar Petis bawean
Sumber: Facebook @ana suja’e

Tahukah kamu petis khas Bawean?. Udah ada yang pernah nyoba? Petis bawean ini dibuat dengan Bumbunya dari kacang, gula aren, petis ikan, asam jawa, cabe dan garam.

Lauk utama orang Bawean adalah ikan laut salah satunya ikan tongkol. Ikan tongkol ini sangat banyak digunakan dan diolah masyarakat pulau Bawean menjadi sebuah makanan enak dan lezat. Terutama untuk petis bawean ini.

Kamu tau tidak, Mungkin untuk sajian Tahu dan tempe sudah mulai jarang sekali dihidangkan di meja makan. Namun jika Di pulau Bawean, tahu dan tempe biasanya disajikan untuk bahan rujak, gado-gado dan tahu petis.

Harga dari petis bawean ini mulai dari harga 15.000 an saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati hasil olahan masyarakat pulau Bawean ini.

10. Ikan Pindang Bawean

Gambar ikan pindang bawean
Sumber: Facebook @etik nur Wahyuni

Ikan pindang bawean ini adalah salah satu makanan Khas asal pulau Bawean tepatnya di desa dedawang. Ikan pindang bawean ini dibuat dengan menggunakan garam laut kasar. Nah untuk tahap pembuatan ikan pindang bawean ini dimulai dari ikan ikannya dimasukkan ke dalam kendi kendi kecil yang Terbuat dari tanah liat.

Banyak nya ikan yang dimasukkan ke dalam kendi kendi kecil yaitu 12 ekor ikan. Kemudian ikan dimasak sampai mendidih Dan sampai daging ikannya matang.

Nah, tahapan selanjutnya, ikan yang sudah dimasak kemudian ditengkurapkan. Terus ditutup sama batok kemudian diasapi. Tujuan dari tahapan ini adalah supaya air air yang tersisa jadi kering sehingga nantinya ikannya menjadi lebih awet dan tidak gampang busuk. Nah, karena ikan pindangnya ini alami tidak menggunakan bahan pengawet, jadi ikan pindang nag ini dikasih garam laut kasar.

Nah, setelah selesai tahap pembuatannya ikan pindang yang sudah jadi di ungku dengan menggunakan daun jati kering kemudian diikat dengan Tali dari bambu. Wow, semua bahan dan tahapnya masih tergolong alami ya.

Terlepas dari cerita pembuatan ikan pindang bawean, kamu juga harus tau harga dari ikan pindang bawean ini. Nah, harganya cukup murah loh. kalau beli langsung ke tempatnya, harganya mulai dari 10.000 an saja per wadah/ perbungkus.

Dan biasanya ikan pindang bawean ini dikirim ke Kalimantan dan Lamongan. Karena kalau di pulau Bawean sendiri, ikan pindang ini tidak terlalu laku karena ikan segar ini hasil tangkapan nelayan melimpah ruah, jadi tidak banyak yang mau makan ikan pindang ini.

11. Rujak Bawean

Gambar rujak bawean yang sudah siap saji
Sumber: Facebook @farraz Al

Siapa nih yang tidak tahu rujak? Tentu sangat jarang orang yang tidak tahu apa itu rujak. Rujak adalah salah satu makanan olahan dari beragam jenis buah yang dicampur dengan beberapa varian sambal yang enak dan legit di lidah.

Nah, kalau rujak Bawean? Apakah kamu sudah pernah mencoba nya? Kalau belum kamu harus simak terlebih dahulu fakta menarik dari rujak khas Bawean ini.Dari namanya tentu kamu sudah tahu rujak ini adalah makanan khas asal pulau Bawean tepatnya alun alun kecamatan sangkapura pulau Bawean.

Rujak Bawean ini merupakan salah satu kuliner khas Bawean yang sudah melegendaris. Bahan pembuat rujak Bawean ini terdiri dari kacang tanah, bawang merah dan bawang putih yang sudah digoreng terlebih dahulu, gula aren, garam, petis tongkol. Dan untuk bahan isian nya terdiri dari lontong timun, sayuran rebus (kecambah, kacang panjang dan kangkung)

Rujak Bawean ini sudah ada diluar daerah Bawean loh jadi kamu tidak perlu jauh jauh ke Bawean untuk bisa menikmati rujak khas ala Bawean ini. Harga dari rujak Bawean ini juga hanya 8.000 an saja loh. Untuk jenis rujak khas Bawean ini ada yang pakai lontong, kacang bahkan sebaliknya. Itu tergantung selera kau saja.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang bercita rasa lezat, unik, menarik dan menyenangkan hati dan pikiran kamu. Nah dari kesepuluh kuliner ini tentu ada yang membuat kamu ngiler dan tidak sabar ingin mencobanya. Jangankan satu mungkin semua makanan khas pulau Bawean ini berhasil membuat kamu gak sabar untuk mencoba nya.

Jadi jangan bilang kamu pernah berkunjung ke pulau bawean dengan kisah kasih yang kamu alami kalau kau belum mencoba makanan khas Aceh ini dan membawa nya sebagai oleh oleh pertanda kamu pernah ke pulau Bawean. Terutama buat kamu yang suka makanan ringan seperti kerupuk, wajib banget ke pulau Bawean karena disana ada banyak jenis cemilan kerupuk dengan aneka ragam cita rasa.

Baca Juga: Makanan Khas Mentawi yang unik dan lezat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja