12 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Unik Dicoba

Makanan khas Ciamis

Makanan khas Ciamis adalah salah satu kuliner yang terdiri dari berbagai macam hidangan mulai dari makanan ringan dan makanan berat. Ada begitu banyak jenis makanan khas Ciamis yang memiliki cita rasa yang beragam mulai dari rasa manis, pedas, asin, gurih, renyah, dan pastinya enak banget.

Kabupaten Ciamis merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa barat. Kabupaten Ciamis ini memiliki beberapa keunikan tersendiri dan tentunya jarang dimiliki kabupaten lain. Mulai dari adat istiadat, kehidupan penduduk nya, dan keindahan alamnya yang tidak kalah menarik.

Nah, namun jika kamu berkunjung ke Ciamis tanpa mencoba kuliner khas disana, sangat tidak lengkap rasanya jika datang tanpa mencicipi makanan khas Ciamis bahkan tidak membelinya sebagai oleh oleh ke rumah. Jadi, buat kamu yang sedang di Ciamis, wajib banget nih tahu beberapa makanan khas Ciamis yang cocok buat oleh oleh dan hidangan spesial saat di Ciamis.

Berikut ini beberapa makanan khas Ciamis yang wajib banget dicoba.

1. Saroja khas Ciamis

Gambar Saroja yang merupakan makanan khas Ciamis yang banyak digemari berbagai kalangan
Sumber: Instagram @Ummu shafiv

Yang pertama yakni saroja. Saroja adalah salah satu makanan khas asal Ciamis yang unik dan gurih. Saroja ini semacam kue kembang goyang. Saroja ini memang mirip seperti kembang goyang yang ada diberbagai daerah lain di Indonesia. Namun siapa sangka kalau ada loh beberapa hal unik yang terkandung dalam saroja ini yang bikin kamu merasa aneh. Mulai dari keunikan bahan, cita rasa, dan berbagai variasi bentuk nya.

Nah untuk saroja khas Ciamis ini dibuat dengan bahan bahan yang terdiri dari ketumbar bubuk, bawang putih, atom atau bisa juga dengan kaldu, kapur sirih, garam, telur, minyak goreng, cetakan saroja dan tepung beras rose band.

Terlepas dari bahan bahannya tentu untuk tahap pembuatannya juga sangat penting dong. Nah, tahap pembuatan saroja ini yakni dengan di goreng. Namun sebelumnya lakukan terlebih dahulu beberapa tahap sebelum penggorengan.

Tahap yang pertama adalah haluskan bawang putih secukupnya (tambahkan garam sedikit untuk memudahkan kamu mengulek bawang), kemudian seduh kapur sirih menggunakan air biasa kemudian aduk aduk hingga merata, setelah itu tuangkan tepung beras ke wadah yang agak lebih besar, kemudian tambahkan telur yang sudah disediakan.

Setelah itu tambahkan semua bumbu yang sudah dihaluskan tadi, campurkan dengan air hasil seduhan kapur sirih tadi, lalu tambahkan ketumbar bubuk dan kaldu bubuk secukupnya, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk sampai rata. Jika semua sudah selesai di campurkan, artinya adonan siap digoreng dengan cara dicetak.

Hmm, cukup simpel dan sederhana bukan? Nah, jika kamu mau mencoba saroja khas Ciamis, kamu bisa loh membelinya, karena saroja ini sudah ada dipasaran. Harganya juga sangat terjangkau mulai dari harga 10.000 hingga 15.000 an saja loh untuk satu bungkus. Oleh karena itu, saat kamu berkunjung ke Ciamis, sangat direkomendasikan buat membeli saroja ini sebagai oleh oleh khas Ciamis.

2. Galendo

Galenda merupakan makanan khas ciamis yang berbentuk seperti buah-buahan.
Sumber: Facebook @Iis parida rosalia

kenal dengan galendo? Galendo ini makanan yang berbentuk seperti buah buahan. Lucu ya bentuk buah-buahan kayak gini. makanan kali ini terbuat dari bahan makanan yang tidak terpakai yaitu ampas kelapa. supaya nggak terbuang jadi sampah, ampas kelapa bisa loh diolah jadi makanan tradisional khas Ciamis. Jadi, dulu bentuk galendo cuma serbuk coklat. Tapi sekarang sudah beda.

Nah, kamu tahu tidak, Biar lebih awet disimpan dan mau menghilang, galendo cuma dikurangi kadar minyak nya saja. tapi sekarang gak bisa juga diberi tambahan coklat dan dibentuk unik. Teknik membuat galendo ini tergolong susah gampang. Kamu tau tidak kalau galendo juga punya nilai gizi loh.

Ciamis yang sudah dikenal sebagai salah satu daerah penghasil kelapa. Jadi tidak heran kalau makanan khas Ciamis banyak yang terbuat dari kelapa menjadi dolar kelapa. Galendo ini biasanya dijual dengan harga yang cukup murah loh, jadi tidak ada alasan buat kamu untuk tidak mencoba galendo ini saat berkunjung ke Ciamis. Nah, harganya berkisar 28.000 hingga 30.000 an saja loh.

3. Ambu geulis

Ambu geulis adalah kepanjangan dari ayam serundeng bumbu kuning Ciamis yaitu merupakan sebuah paguyuban yang dibentuk oleh dinas peternakan dan perikanan kabupaten Ciamis dengan bertempat di desa Mangkubumi kecamatan sadananya kabupaten Ciamis Jawa Barat.

Ambu geulis ini Adalah sejenis olahan ayam dengan bumbu kuning. Olahan ayam yang satu ini merupakan salah satu makanan khas di kabupaten Ciamis Jawa Barat. Nah, buat kamu yang pengen menikmati olahan ayam yang unik dan sedap ini, sangat di anjurkan buat kamu coba.

Kalau di Ciamis bapak sahudin Syamsudin merupakan perintis jualan ayam bumbu kuning di wilayah kabupaten mulai tahun 1970-an hingga sekarang. Jadi buat kamu yang kepingin menikmati olahan ayam khas Ciamis ini boleh deh datang ke Ciamis bertemu dengan bapak sahudin Syamsudin biar bisa mencicipi langsung dan melihat proses pembuatannya langsung.

4. Pindang gunung khas Ciamis

Hah? Pindang gunung? Apaan tuh? Pindang gunung adalah makanan khas ciamis yang cukup favorit loh. Pindang Gunung makanan khas sejenis Sup Ikan yang mempunyai rasa berbeda karena campuran bumbunya yang khas dan memiliki rasa asem pedas yang menyegarkan.

Pindang Gunung merupakan makanan khas Pangandaran, Ciamis-Jawa Barat. Makanan khas ini mudah sekali ditemukan di daerah Ciamis Selatan, khususnya di daerah Pangandaran, Parigi, Cijulang, dan Merak. Pindang Gunung ini berbahan dasar ikan laut yang tentunya sangat bagus untuk asupan nutrisi bagi tubuh kita, apalagi dimasak dengan bumbu-bumbu khas yang menjadi pembeda dengan masakan pindang lainnya.

Jika anda berkunjung ke Pantai Pangandaran maka anda akan mudah menemui makanan khas satu ini di warung-warung makan maupun restoran di sekitar pantai. Kurang rasanya jika anda berkunjung ke Pantai Pangandaran jika tidak mencicipi Pindang Gunung yang menjadi makanan khas daerah tersebut.

5. Dendeng sapi

Gambar denden sapi yang sudah siap dionsumsi.
Sumber: Facebook @septi Dns

Dendeng sapi atau sering disebut dendeng ragi makanan khas Yang Ada di Ciamis Jawa barat. Selain di Ciamis, tentunya kuliner satu ini juga ada loh di beberapa daerah lain yang tidak kalah menarik misalnya Sumatera barat. Dendeng dalam khas kuliner Jawa sangat berbeda dengan dendeng yang berasal dari Sumatera Barat, misalnya Dendeng Batokok.

Nah, terlepas dari hal itu, Ada beberapa versi bumbu Dendeng Ragi, selain bumbu wajib yaitu gula merah dan ketumbar, ada juga yang lebih suka memakai kencur daripada jahe.

Nah, kamu tahu tidak, ternyata dendeng ragi ini bukan sembarang makan saja loh. Jadi, setelah proses pembuatannya selesai dibiarkan dulu sampai dingin, Setelah dingin simpan dalam wadah kedap udara, dendeng ragi bisa dikonsumsi untuk 2 hari. Namun pas hari kedua sebaiknya Panaskan sebelum dihidangkan.

Baca Juga: Makanan khas Jawa Tengah yang unik dan lezat

6. Abon sapi

Gambar abon sapi yang sudah siap untuk dikonsumsi.
Sumber: Facebook @pawongandja

Abon sapi adalah salah satu makanan favorit khas Ciamis abon sapi ini bisa dijadikan sebagai lauk, selain bisa dijadikan sebagai lauk abon sapi juga bisa dicairkan topping roti atau isian roti. Abon sapi ini memiliki cita rasa yang enak manis gurih dan pedas mantap banget dijadikan lauk dengan nasi putih yang masih hangat membuat abon sapi ini tergolong mudah dan praktis loh bumbunya pun gampang hanya butuh ketelatenan di tahap akhir nya saja.

Nah untuk bahan pembuatannya Itu ada daging sapi tanpa lemak direbus dan ditumbuk halus, santan kental dari setengah butir kelapa, air kaldu bekas rebusan daging, daun salam, gula merah, garam, gula air, bawang putih, bawang merah, cabe merah besar, cabe rawit, lengkuas, kunyit, ketumbar dan jintan.

Nah tentu tak lepas dari cerita unik mulai dari cita rasa dan bahan pembuatannya tentu sangat tidak lengkap jika kita tidak tahu harga dari abon sapi ini apalagi buat kamu yang tidak suka memasak wajib banget tau harganya harga abon sapi ini cukup murah dibanding dengan cara pembuatannya dan juga bahan-bahan yang digunakan harganya mulai dari harga rp32.000 sampai rp40.000 saja 1 ons. Wow, sesuailah dengan proses pembuatanya.

7. Mie golosor

Mie glosor adalah sebuah mie kuning yang masih bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan dan memiliki tekstur kenyal seperti spaghetti terbuat dari paduan tepung kanji dan berwarna kuning bening. Mie golosor merupakan mie yang sangat dicari sebagai santapan untuk berbuka puasa oleh masyarakat Bogor.

Biasanya Mie Golosor itu disajikan sebagai mie goreng. Dengan bumbu sederhana, seperti merica, dicampur bawang putih, bawang merah dan penyedap rasa, mie sudah bisa dinikmati bersama keluarga.

Selain disajikan menjadi mie goreng. Mie Golosor juga dibuat bentuk kerupuk. Kerupuk berbentuk lingkarang ini, cukup nikmat dimakan dengan campuran bumbu kacang pedas. Peminat kerupuk mie juga hampir sama dengan mie Golosor.

8. Kecimpring

Tahu kecimpring gak? Jadi, kecimpring adalah makanan kudapan berupa keripik yang sangat tipis dan dibuat dari singkong kecimpring merupakan makanan yang cukup digemari masyarakat khususnya masyarakat di Ciamis, Jawa Barat.

selain memberikan cita rasa, ternyata kecimpring ini juga memiliki gizi yang dianggap kurang seimbang karena bahan utama pembuatan nya yaitu singkong. sehingga nilai gizi yang mendominasi pada kecimpring yaitu karbohidrat saja. Namun untuk menambah gizinya, maka diformulasikan dengan ikan. dengan dilakukannya fortifikasi daging ikan diharapkan mampu meningkatkan nilai gizi kecimpring khususnya protein yang terkandung dalam ikan.

kecimpring merupakan makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar singkong atau ketan dalam pembuatan atau pengolahan kecimpring masih sangat berkaitan dengan pengolahan yang sangat sederhana. di mana masih memerlukan Proses pengeringan dengan penjemuran di bawah terik matahari dalam proses pengolahannya.

Kecimpring merupakan makanan tradisional yang sangat digemari oleh masyarakat luas kecimpring sudah menjadi makanan wajib yang biasa disajikan sebagai hidangan makanan ringan oleh masyarakat pedesaan terus terutama dalam suatu perayaan atau pesta di suatu wilayah tersebut sehingga kecimpring lebih dikenal oleh masyarakat pedesaan dibandingkan masyarakat perkotaan. maka dari itu kecimpring mencari makanan yang memiliki karakteristik tersendiri di suatu lingkungan pedesaan.

9. Colok gembrung

Gambar colog gembrung yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @putri pramathana puspa

Inilah colok gembrung yang termasyhur itu, lur. Kuliner khas Ciamis yang legendaris dan bahkan sudah ditetapkan pemerintah sebagai warisan budaya khas Tatar Galuh.

Bahannya, kulit sapi dikasih bumbu; ada bawang merahnya, kelapa parut juga. Rasanya gurih, kenyal-kenyal gitu, manis tapi ngga terlalu manis juga. Pokoknya enak banget, bikin nostalgia parah.

Ini bisa di temukan di Pasar Ciamis, ya. Tapi katanya sih di sekitar Alun-alun Ciamis juga ada yang jualan. Sudah Pernah coba? Kalau belum pernah, Belum sah berkunjung ke Ciamis kalau belum pernah makan ini. Silahkan cari kalau berkunjung ya. Murah meriah loh. Harganya hanya 5000 saja per porsi.

10. Kue tambang

Gambar kue tambang yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @KokiKu

Kue tambang merupakan salah satu kue kering yang enak dimakan sebagai teman cemilan di waktu weekend pada pagi hari maupun sore hari dengan ditemani secangkir teh maupun kopi.

Kue tambang sering juga disebut sebagai kue lilit atau putar putar, karena bentuk nya yang diputar putar. Sehingga hal tersebut lah yang menjadi salah satu keunikan pada kue ini. Kue tambang khas ciamis ini memiliki cita rasa yang begitu enak, manis, dan renyah.

Cara pembuatan kue tambang ini tergolong mudah dan praktis loh. Bahan bahan yang digunakan juga sangat umum, jadi mudah di dapat. Cara pembuatannya yakni dengan teknik menggoreng. Nah, untuk bahan bahan yang digunakan terdiri dari telur, santan instan, gula halus, pewarna (sesuai selera) soda kue, margarin, dan garam.

Setelah mengetahui beberapa fakta unik dan menarik dari kue tambang ini. Tentu ada rasa ingin mencobanya timbul dari dalam diri kamu. Selain kamu bisa membuatnya sendiri dirumah, kamu juga bisa loh membelinya.

Kue tambang ini sudah banyak dijual di pasar dan harga nya juga sangat terjangkau. Jadi, harga dari kue tambang ini hanya 10.000 hingga 15.000 saja per bungkusnya. Nah loh, masih yakin gak mau coba?.

11.Rengginang terasi khas Ciamis

Gambar rengginang terasi yang merupakan makanan khas dari ciamis
Sumber: Facebook @momgid

Rengginang terasi ini juga salah satu makanan khas favorit asal Ciamis. Tentunya selain di Ciamis, Rengginang terasi ini sangat banyak diolah oleh beberapa daerah lain di Indonesia. Namun untuk Soal rasa makanan khas Ciamis yang satu ini dijamin bakal ngecewain rasa renyah gurih endoll pokoknya, Dan buat peuyeum rasanya pun manis karet ga bakal ngecewain.

Nah, rengginang terasi ini memiliki empat varian rasa yang berbeda beda loh, namun soal rasa tetap maknyoss, mulai dari varian rasa Rengginang cikur, Rengginang ketan hitam, Ranginang polos dan Rengginang terasi. Jadi kamu boleh pesan sesuai selera kamu.

Mungkin kamu masih kurang percaya kalau tidak mencobanya langsung, oleh sebab itu tunggu apa lagi, segera ke Ciamis, borong semua setiap varian rasanya, karena harganya juga sangat bersahabat dengan isi dompet kamu.

Harganya hanya 5000 hingga 10.000 per pcs. hmm, dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati cemilan khas dan unik oleh Ciamis ini. Jika tidak, kamu juga boleh kok buat sendiri, karena tahap pembuatannya juga tergolong mudah dan bahan bahan yang digunakan sangat mudah di dapat.

Baca Juga: Oleh oleh khas Surabaya yang unik

12. Gulampo

Gambar gulampo yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @shanty sulatrie

Si gulampo adalah salah satu makanan khas dari kabupaten Ciamis yang tidak kalah enak dan menarik untuk dibahas loh. Cita rasa ketan fermentasi berpadu dengan gula dijamin menggugah selera. Gulampo ini sudah dijadikan sebagai makanan khas Ciamis yang sangat favorit di kalangan masyarakat.

Ternyata gulampo ini bukan sebuah cemilan atau makanan khas biasa loh ini sering dijadikan sebagai hidangan spesial pada hari-hari besar seperti hari lebaran hari raya dan lain-lain sebagainya. Jadi kumpul keluarga semakin berkesan deh.

Nah, bahan untuk membuat gulampo ini sangat sederhana loh, ada ragi, Beras ketan, gula pasir, daun lengkuas, daun katuk, daun jambu, dan pemanis rasa. Mungkin ada beberapa diantara kamu tidak kenal dengan daun katuk, membuatnya sederhana ada beras ketan ragi gula pasir daun lengkuas daun katuk gang jambu dan pemanis.

Daun katuk berfungsi untuk memberikan warna alami khas bulan November tahun ini juga bisa membantu penyembuhan diabetes dan meningkatkan vitalitas pria loh sekarang siram beras ketan dengan air panas langsung kita putus aja deh kalau sudah setengah matang kasihku warna alami dari daun katuk aduk sampai rata kita kukus lagi selama 45 menit setelah dingin ditaburi dengan ragi untuk proses fermentasi.

Ragi juga punya manfaat untuk kesehatan mulai dari menjaga tekanan darah menyembuhkan jerawat dan meningkatkan metabolisme tubuh biasanya daun jambu digunakan untuk membungkus melainkan aroma yang khas daun jambu Ini bisa memberikan sensasi rasa yang beda pada gulampo tinggal fermentasi sekitar 2 sampai 3 hari deh kalau sudah jadi permentasi ini tinggal di tambahkan gula supaya lebih manis udah jadi nih

Nah, itulah 12 makanan khas Ciamis yang wajib untuk dicoba, jadi sangat tidak lengkap dan sah rasanya jika saat berkunjung ke kabupaten Ciamis tanpa mencoba beberapa makanan khas Ciamis tersebut. Nah, kalaupun tidak ada waktu ke Ciamis, atau tidak akan pernah.

Kamu boleh kok membuatnya sendiri dari rumah, karena resep dan tahap pembuatannya cukup mudah. Jika kamu juga tidak sempat membuatnya sendiri dari rumah, tapi kamu sangat ingin sekali mencobanya, kamu bisa loh memesannya melalui aplikasi shopee, Tokopedia, dan juga lazada. Karena disana sudah tersedia beberapa jenis makanan tersebut. Jadi, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.