Gambar makanan khas dayak

10 Jenis Makanan Khas Dayak yang Unik dan Lezat

Share with

Makanan khas Dayak merupakan makanan khas asal Kalimantan tengah, Indonesia yang memiliki beragam cerita unik, aneh, dan aneka cita rasa yang bermacam-macam. Banyak orang penasaran dengan makanan khas suku Dayak ini tentu karena ada banyak hal unik yang tercipta dari setiap jenis makanan nya.

Tentu kamu sudah tahu hal unik apa saja yang terdapat dari suku Dayak ini. Salah satu contohnya yakni tradisi mereka. Tradisi Dayak ini cukup terkenal di Indonesia. Karena mereka punya cerita sendiri mengenai tradisi suku tersebut. Selain tradisi tentu tidak beda dari suku suku lainnya di indonesia. Dimana suku Dayak ini juga terkenal akan keindahan alamnya yang begitu memanjakan mata.

Tapi terlepas dari cerita singkat mengenai tradisi dan keindahan alam suku Dayak sangat dianjurkan sekali untuk mengetahui cerita unik dibalik kelezatan kuliner khas suku Dayak ini. Dengan begitu, sembari suatu saat nanti kamu berkunjung ke suku Dayak, kamu bisa tau dan bisa langsung mencobanya sambil menikmati keindahan alam disana.

Nah, daripada penasaran mari kita kupas secara tajam setajam silet setiap keunikan yang terjalin pada makanan khas Dayak ini.

Berikut 10 Makanan Khas dayak yang unik dan lezat untuk dicoba.

1. Tempoyak

Gambar tempoyak yang merupakan makanan khas dayak yang berasal dari bahan durian
Sumber: Instagram @infokalteng

Kamu pasti sudah tahu apa itu tempoyak. Tapi seblumnya Siapa nih pecinta Buah durian?

Tapi pernah nggak sih kamu mencoba Kalau tempoyak durian? Bagi kamu pecinta buah durian harus banget nih kamu ketahui fakta menarik mengenai pengolahan buah durian menjadi makanan khas yang enak yakni tempoyak durian.

Tempoyak durian ini adalah makanan khas asal Dayak. Ternyata selain menjadi makanan khas di Dayak, tempoyak durian ini juga ada di beberapa daerah lain loh. Nah, Tempoyak durian ini dibuat dari buah durian dimana buah durian terlebih dahulu sudah dikeluarkan dari kulit duriannya.

Siapkan wadahnya untuk memisahkan antara biji dan isinya kemudian nanti kamu masukkan ke dalam toples nya lalu nanti ada campurannya garam halus. Itulah bahan-bahan yang akan kita siapkan untuk membuat tempoyak durian.

Untuk jenis durian yang cocok dalam membuat tempoyak ini adalah durian yang rasanya hambar atau yang tidak ada rasanya. Kenapa begitu ya? Karena itu akan lebih enak dijadikan sebagai sajian tempoyak.

Jadi bagi kamu yang sering menemukan durian yang tidak ada rasa atau hambar itu jangan dibuang. itu bisa kamu olah lagi menjadi tempoyak kalau yang rasanya enak itu kan sayang jika diolah menjadi tempoyak, mending makan langsung. Jadi saat musim durian jangan lupa resep khas ala masyarakat dayak ini.

2. Wadi papuyu

Gambar Papuyu yang makanan super mewah dan lezat
Sumber: Instagram @ninaerlianiiii

Kamu tau tidak apa itu wadi papuyu? Jadi wadi papuyu ini adalah makanan khas dari Dayak. Wadi papuyu ini makanan super mewah dan lezat tidak ada duanya. Wah, pasti langsung tergoda kan. Sangkin lezatnya, saat kamu mengkonsumsi nya kamu akan lupa masalah kamu, kamu tidak akan sakit hati lagi bagi kamu yang sakit hati.

Memang kedengaran lebay, tapi penasaran kan gimana ceritanya kok bisa sampe ngobatin sakit hati? Jadi wadi papuyu ini dibuat dari ikan atau pada bahasa disana iwak Wadi papuyu kemudian bahannya yaitu bawang merah, bawang putih, cabe besar, dan timun.

Untuk tahap memasak wadi papuyu ini tergolong mudah dimana kamu tinggal mengiris setiap bahan bahan yang sudah tersedia dan memarut timun. Kemudian tumis semua bahan yang telah diiris dan aduk rata sampai mengeluarkan aroma wangi. Lalu tuangkan ke dalam piring.

Selanjutnya goreng ikan iwak Wadi nya sampai matang. Setelah itu campurkan bumbu yang sudah ditumis tadi dengan ikan iwak Wadi yang sudah digoreng. Lalu untuk soal rasa nya, campurkan garam dan gula secukupnya pada timun yang sudah diparut lalu kasih sedikit air. Setelah itu Wadi papuyu siap disajikan.

3. Kue hau

Gamba Kue Hau yang memiliki cita rasa yang renyah kriuk kriuk dan tentunya manis
Sumber: Facebook @ernawidodo

Kue Hau adalah sejenis makanan kue khas suku Dayak tepatnya di suku Dayak Kenyah. Kue Hau ini memiliki cita Rasa yang renyah kriuk kriuk dan tentunya manis. Sepertinya kue hau ini tidak hanya ada di suku Dayak saja loh, tetapi ada juga dari daerah lain. Namun untuk soal rasa tentu punya cita rasa tersendiri.

Nah Biasanya kue hau ala suku dayak ini dihidangkan pada saat Ada Acara Pernikahan. kue ini selalu dibuat oleh masyarakat suku Dayak Kenyah sebagai hidangan spesial di hari hari spesial juga. Kue hau ini terbuat dari Tepung beras Ketan.

Kue hau ini berbeda dari kue seperti biasanya kita temui. Kue hau ini terlihat sederhana tapi rasanya sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan setiap hari. Kue hau ini akan lebih enak rasanya jika pada saat menikmatinya di olesi atau dicampur dengan sedikit gula halus. Kue ini memiliki warna tampilan bermacam macam. Bisa dibilang memiliki warna pelangi. Namun rasanya tetap sama kok.

Jadi terlepas dari cerita unik dari kue hau ini, tentu kamu tidak terlalu percaya akan cita rasanya jika belum mencobanya langsung. Nah buat kamu yang penasaran ingin mencoba kuliner satu ini, kamu bisa membelinya dengan harga yang cukup murah loh. Harga untuk sebungkus kue hau ini mulai dari harga 15.000-20.000 loh. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menyantap puas makanan khas yang legendaris dari suku Dayak ini.

4. Lemang

Gambar Lemang yang memiliki cita rasa yang luar biasa
Sumber: Instagram @neshalim

Makanan yang dibuat dengan bambu lalu dibakar sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa lezatnya. Lemang adalah Makanan khas dari suku Dayak tepatnya pada suku Dayak labuhan. Ternyata Lemang ini tidak hanya ada di suku Dayak saja loh tetapi ada juga di berbagai belajar daerah di Indonesia.

Mungkin untuk penyajian Lemang di daerah lain dijadikan sebagai makanan biasa pada saat ada acara tertentu. Namun jika di suku Dayak labuhan ini, ternyata Lemang ini biasanya dijadikan sebagai hidangan spesial pada Upacara Aruh Baduduk Masyarakat Hindu Dayak Labuhan.

Lemang ala suku Dayak labuhan ini dibuat menggunakan bahan baku seperti Beras Ketan dicampur dengan Air Santan Kelapa kemudian dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam potongan-potongan batang Bambu Muda dilapisi dengan daun Enau bisa juga menggunakan daun pisang, lalu dibakar dengan posisi didirikan secara berjajar.

Biasanya lemang ini dibuat dengan dua varian rasa yakni Lemang Merah atau lemang beras ketan hitam dengan campuran Gula Aren, dan ada juga lemang Beras Ketan putih. Dan cita rasanya sama sama memanjakan lidah.

5. Wadi babi atau wawui

Gambar wadi babi yang sangt banyak jenisnya dan rasa yang gurih
Sumber: Instagram @clarion_etnika

Hmmm siapa nih yang gak kenal dengan hewan yang satu ini? Namanya Babi. Babi ini sangat banyak sekali jenis makanan hasil olahan dagingnya. Tentunya kita sudah tahu kalau di indonesia bahkan luar negeri sekalipun banyak dari berbagai kalangan daerah-daerah nya yang mengolah daging babi ini dengan beraneka macam jenis masakan, cita rasa, dan kualitas nya.

Misalnya ada babi panggang, sup daging babi, babi guling, dan lain sebagainya. Nah, apakah kamu sudah pernah ke suku Dayak? Jika kamu pernah ke suku Dayak kamu pasti menemukan makanan khas ala Dayak yang diolah dari daging babi. Namanya wadi wawui atau wadi babi.

Wadi babi adalah makanan khas suku Dayak yang dihasilkan dari daging babi yang difermentasikan dengan beras yang disangrai sampai coklat kehitaman . Kamu tahu tidak kalau tahapan pembuatan jenis makanan berbahan dasar daging babi ini sangat unik dan tidak biasa loh.

Beda dengan olahan daging babi yang biasa nya. Untuk olahan Babi ala suku Dayak ini ternyata membutuhkan waktu selama 1 Minggu untuk bisa menikmati nya. nah loh, keburu mati kelaparan dong? Nah makanya itu untuk bisa menikmatinya tanpa menunggu lama, sebaiknya kamu pesan terlebih dahulu seminggu sebelum diolah.

Wadi babi ini setelah difermentasikan dengan beras yang disangrai, kemudian ditumbuk atau diblender sampai halus boleh juga kalau sedikit kasar. kemudian dicampur dengan daging babi yang sudah diberi garam terlebih dahulu, kalau sudah tercampur masukkan ke dalam toples lalu tutup dengan rapat, tunggu sampai sekitar satu minggu baru boleh.

Setelah sudah sampai sekitar 1 Minggu, masak lah Wadi babinya dengan cara di goreng dengan bumbu bawang merah dan bawang putih atau boleh juga direbus dengan bumbu yang sama enak dimakan dengan nasi hangat dengan sayur lalapan daun singkong kacang dan jenis sayur lainnya.

Baca Juga: Makanan Khas Mentawi yang unik dan lezat

6. Kue sange

Gambar ke sange yang berasal dari dayak
Sumber: Facebook @irma wati

Buat kamu yang cake lovers harus banget tau cerita unik dibalik kelezatan kue asal dayak yang satu ini namanya kue sange. Masyarakat suku Dayak punya sesuatu yang digemari namanya kue sange.Kue sange ini merupakan kuliner khas asal suku Dayak. kue sange ini terbuat dari beberapa bahan pilihan yang terdiri dari parutan kelapa, tepung dan gula.

Bahan bahannya tidak jauh beda dengan bahan membuat kue pada umumnya namun cara pengolahan kue ala suku Dayak ini tentunya punya cerita sendiri dimana kue sange ini diolah dengan teknik memanggang. Kue sange ini diolah mulai dari setiap bahan-bahan yang sudah disediakan dan disatu padukan antara bahan bahannya, kemudian diolah dengan cara dipanggang menggunakan cetakan khas kue sange.

Kamu tahu tidak selain teknik membuat dan cita rasanya beda, hal lain yang membedakan kue sange ini dengan kue pada umumnya yaitu kalau kudapan kue sange ini biasanya disajikan pada acara acara pesta tertentu atau bisa juga dijadikan sebagai cemilan sehari-hari.

7. Sayur umbut kelapa

Gambar Sayur umbut kelapa yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @troy363_

Hah? Sayur umbut kelapa? Sayur apaan tuh? Jadi sayur umbut ini adalah makanan khas Dari suku dayak. Sayur ini bisa dibilang sayur yang sangat sulit ditemukan. Karena Sayur umbut kelapa ini terbuat dari pohon kelapa yang masih muda.

Sehingga sayur ini tidak disajikan setiap hari karena bahannya susah dicari yaitu pohon kelapa yang masih muda. Untuj bisa mendapatkan sayur umbut kelapa ini, pohon kelapa yang masih muda harus ditebang terlebih dahulu untuk diambil rambut atau bonggolnya. Pohon kelapa yang ditebang, harus yang sangat muda.

Sayur umbut kelapa ini sekilas hampir sama dengan sayur rebung. Cuman bedanya kalau sayur umbut kelapa ini berasal dari pohon kelapa yang masih muda dan lama waktu merebusnya cukup singkat sedangkan sayur rebung ini berasal dari tunas bambu yang masih muda dan lama waktu merebusnya cukup lama agar bisa memperoleh hasil yang maksimal.

Nah untuk bahan bumbu dalam membuat sayur umbut kelapa ini terdiri dari ketumbar kemiri, jahe, cabe merah bawang merah, bawang putih, terasi,ebi dan gula merah. Untuk tahap pembuatan sayur ini tergolong mudah loh, jadi kamu bisa membuatnya sendiri dirumah.

8. Kalumpe atau karuang

Gambar karumpe yang sudah siap saji.
Sumber: Instagram @Rasasyange

Kalumpe atau karuang adalah sejenis sayur yang berbahan dasar daun singkong. Kalumpe atau karuang ini merupakan makanan khas ala suku dayak. Nah siapa nih yang gemar dengan sayur daun ubi?

tentu kamu sudah tahu akan pernah mencoba berbagai jenis olahan daun ubi ada yang direbus lalu dinikmati dengan olesan sambal, ada yang di santan, dan berbagai olahan lainnya. Nah untuk pengolahan daun singkong ala suku Dayak ini tidak jauh beda dari olahan daun singkong daerah lain.

Tahap mengolah kalumpe atau karuang ala suku Dayak ini dimulai dari daun singkongnya harus ditumbuhkan terlebih dahulu bersamaan dengan bumbu-bumbu rempah pilihan seperti cabai merah, bawang merah, rimbang, dan bawang putih.

Kemudian tumis bumbu bumbu iris nya sampai matang lalu masukkan sayur daun ubi yang telah dihaluskan. Selanjutnya aduk sampai tercampur rata lalu beri garam dan penyedap rasa secukupnya. Kemudian tunggu sampai matang. Nah untuk mengetahui tanda kalau kalumpe nya sudah matang yaitu jika warna daun singkongnya sudah berwarna hijau agak gelap. Setelah itu tuangkan kedalam wajan dan kalumpe siap disajikan.

kalumpe ini disajikan dengan berkuah Kental dan juga cita rasa rempah yang sangat kuat dan melekat di lidah. Nah untuk dijadikan sebagai pelengkapnya , kamu bisa menambahkan terong kecil atau terong Pipit.

9. Juhu Singkah

Gambar jahu singkah yang berasal dari rotan
Sumber: Instagram @andurudescent

Siapa nih yang tidak kenal dengan kayu rotan? Kayu rotan sangat terkenal akan kuatnya daya tahan kayu tersebut. Tapi pernah gak sih kamu mengetahui olahan makanan dari rotan muda?Hah? Makanan dari Rotan? Bagaimana bisa mengolah makanan dan mengkonsumsi sebuah kayu rotan? Ya kedengarannya memang sangatlah aneh, bukan suku Dayak namanya kalau tidak ada hal aneh tapi unik yang berasal dari daerah nya.

Namanya Juhu singkah, apa itu Juhu singkah? Juhu singkah merupakan makanan khas suku Dayak. Juhu singkah ini yang terbuat dari rotan muda. Nah jadi bahan unik tersebut dimasak bersama ikan baung dan terong asam, serta rempah-rempah dan santan rasa.

Walau berbahan dasar yang sangat aneh tapi bikin penasaran. Cita rasa dari kubu singkah ini tidak kalah unik loh, karena Juhu singkah ini memiliki cita rasa yang sangat gurih, asam dan sedikit pahit. Sensasi rasa tersebut bercampur dengan manis dan segar dari daging ikan.

Nah untuk kamu yang ingin mencoba makanan Juhu singkah kamu harus tau dulu kalau Juhu singkah ini tidak hanya memberikan rasa yang enak dan lezat saja loh tetapi kuliner Juhu singkah ini memberikan manfaat bagi tubuh. Karena Juhu singkah ini mengandung beberapa gizi didalamnya seperti energi, protein, lemak, dan karbo.

10. Kue Sango

Gambar kue sango yang rasanya enak dan gurih.
Sumber: Facebook @indry Al adawy

Kue Sango merupakan salah satu kue legendaris yang menjadi favorit sepanjang masa. Kue sango ini merupakan makanan khas tradisional suku Dayak.

Mungkin jika dilihat dari tampilan nya memang tidak ada yang wow sekali di kuliner legendaris asal suku Dayak ini, dan bahan bahan yang digunakan juga cukup sederhana dan ada didapat dimana mana.

Namun dibalik kesederhanaan itu ada jual loh yang membuatnya istimewa. Yang membuatnya istimewa dan rasanya berbeda adalah penggunaan tepung ketan yang dibuat sendiri. Ya, tepung ketannya dibuat dari hasil panen sendiri. Sangat melokal sekali bukan?

Untuk membuat tepung ini beras ketan harus direndam terlebih dahulu kemudian dijemur sebentar untuk meniriskan air rendaman lalu ditumbuk dengan menggunakan lesung. Tapi untuk sekarang karena zaman semakin canggih jadi sudah jarang orang menggunakan lesung untuk menumbuk beras ketan menjadi tepung karena sudah ada alat penggiling tepung.

Nah untuk membuat kue sangu ini terlebih dahulu tepung ketan diberi gula dan kelapa parut dan juga labu kuning kukus atau bisa juga dengan pisang. kalau misalnya labu kuning atau pisang punya kamu tidak cukup, kamu boleh menambahkan air secukupnya.

Kemudian untuk takaran bahannya semua pakai ilmu kirologi lalu tinggal dicampur dan diaduk hingga. Nah untuk membuat adonan kue ini sangat alami tanpa alat canggih sekalipun yaitu jari telunjuk. Setelah itu, adonannya sudah bisa digoreng.

Itulah dia beberapa jenis makanan yang bercita rasa lezat, aneh tapi unik, menarik dan menyenangkan hati dan pikiran. Nah dari kesepuluh kuliner ini tentu ada yang membuat kamu tergoda dan ingin sekali mencobanya. Jangankan satu mungkin semua makanan khas suku dayak ini berhasil membuat kamu gak sabar untuk mencoba nya.

Jadi jangan mau hanya sebagai pembaca tanpa mencobanya langsung. Kalau tidak bisa langsung ke suku Dayak, kamu bisa kok membuat nya sendiri dari rumah. Jadi jangan bilang kamu pernah berkunjung ke suku Dayak, Kalimantan tengah dengan cerita unik yang kamu alami kalau kamu belum mencoba makanan khas suku Dayak ini.

Baca Juga: Makanan Khas Simalungun yang enak dan unik

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja