10 Makanan Khas Jember yang Unik dan Menggugah Selera

gambar makanan khas jember

Makanan khas Jember adalah salah satu kuliner dari Jawa timur yang tidak hanya terdiri dari satu jenis makanan saja. Tentu kota Jember sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Tentu bukan tanpa alasan jika banyak orang mengenal kota Jember ini.

Karena terdapat beberapa kunjungan wisata dan makanan khas yang tidak kalah menarik. Ada banyak orang yang datang ke Jember hanya untuk menikmati keindahan alamnya saja. Namun sangat tidak sah jika datang ke Jember, tanpa menikmati beberapa kuliner khas Jember. Nah, daripada penasaran, berikut ini adalah beberapa jenis makanan khas Jember yang wajib untuk dicoba.

1. Suwar suwir

Gambar suwar suwir yang merupakan makanan khas Jember
Sumber: Instagram @pesonajember

Suwar suwir adalah sejenis makanan ringan yang terbuat dari bahan dasar tape suwar suwir ini memiliki bentuk persegi panjang kecil dengan tampilan Yang berwarna-warni sekilas makanan ini hampir mirip dengan dodol namun memiliki rasa dan tekstur yang sedikit berbeda.

Suwar suwir ini merupakan salah satu makanan khas dari Jember Jawa timur Selain itu makanannya juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Keistimewaan suwar suwir ini memang sekilas mirip dengan dodol namun rasa dan teksturnya sedikit berbeda.

Suwar suwir ini memiliki rasa lebih manis legit dan sedikit asam karena terbuat dari bahan dasar tape atau fermentasi dari singkong untuk teksturnya terasa lebih padat namun bila digigit terasa empuk dan terasa lembut di lidah ini biasanya dibuat dengan berbagai rasa namun tidak meninggalkan cita rasa aslinya.

Citarasa swear swear ini didominasi oleh rasa manis dan sedikit asam. Selain itu rasa asli tapi juga sangat terasa sehingga memberikan cita rasa yang sangat khas. untuk teksturnya terlihat padat bila di terasa lembut dan lumer di lidah. Suwar suwir ini juga dibuat dengan rasa yang bervariasi seperti rasa strawberry, sirsak, pandan, dan coklat. Bagi Anda yang berkunjung ke kota Jember tentu kurang lengkap rasanya bila belum menikmati dan membawa pulang makanan khas yang satu ini.

Karena sore ini merupakan salah satu makanan khas jamur yang cukup terkenal lho. Di Jember sendiri banyak terdapat industri rumahan yang memproduksi makanan ini biasanya banyak dijual di warung-warung maupun toko oleh-oleh yang ada di kota Jember dengan harga yang ekonomis.

2. Rondo royal

Rondo Royal merupakan makanan yang terbuat tape singkong dan makanan menjadi makanan khas Jember yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @Sindi arafa

Rondo Royal sendiri adalah makanan yang terbuat dari tape singkong yang biasanya digoreng dengan campuran adonan tepung, lalu ada perpaduan sedikit rasa manis, sedikit masam, dan asin jika dimakan. Keunikan dari makanan ini adalah karena dalam bahasa jawa Rondo itu artinya Janda dan Royal adalah artinya Mewah.

Namun, ada yang mengatakan bahwa Rondo itu artinya sedikit menyerupai dan Royal artinya adalah Mewah sehingga dapat diartikan sedikit mewah. Rondo royal ini sejenis tape singkong yang digoreng. Dulunya Rondo royal ini hanya memiliki varian rasa coklat saja, namun seiring berjalannya waktu Rondo riak ini terdiri dari beberapa varian rasa mulai dari keju dan selai.

Nah untuk membuat Rondo royal ini terdiri dari beberapa bahan bahan yang cukup mudah loh ditemukan, mulai dari 250 gram Tape singkong, 150 gram tepung terigu, Garam secukupnya, Gula secukupnya. Dan Vanili bubuk secukupnya.Harga dari Rondo royal ini hanya 5.000 saja Loh. Hmm, buat kamu yang ingin mencicipi makanan yang satu ini, wajib banget nih buat dibeli.

3. Gado gado

Gado garo merupakan makanan khas jember yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @lelly killaziv

Siapa nih yang tidak kenal dengan gado gado?. Jika kamu anak Indonesia tentu sudah kenal dong dengan gado gado. Karna gado gado ini cukup terkenal dan sudah menjadi makanan favorit di Indonesia. Nah, kamu tau tidak kalau gado gado ini ternyata salah satu makan khas asal Jember loh. Memang tidak hanya di Jember saja, tapi di beberapa daerah lain juga ada.

Namun Gadi gado khas Jember ini tentunya berbeda dengan gado gado lain. Mulai dari pengolahan, tahap pengolahannya, bahan yang digunakan, sampai penyajiannya.Nah, gado gado khas Jember ini dibuat dari bahan dasar yang terdiri dari Bahan saus kacang yakni kacang tanah goreng santan kara air bawang merah bawang putih cabe rawit cabe merah kentang ukuran kecil garam secukupnya gula secukupnya.

Untuk bumbu cemplung terdiri dari daun salam asam jawa daun jeruk gula merah secukupnya dan untuk bahan pelengkap nya yakni kentang kukus wortel kukus buncis kukus, sawi putih, telur rebus, tempe goreng, dan timun.Untuk cara membuatnya cukup mudah dan praktis loh yakni masukkan semua bahan bumbu kacang, blender sampai halus kemudian tuangkan ke dalam wajan lalu tambahkan daun salam daun jeruk dan gula merah secukupnya dengan api kecil hingga minyaknya keluar. Jika sudah, tahta bahan pelengkap di piring, lalu tambahkan saus kacang.

4. Kue Prol tape

Gambar kue prol tape yang sudah siap saji
Sumber: Facebook @resep cake lezat

Kue prol tape adalah makanan khas Jember Jawa timur yang terbuat dari tape yang tidak terlalu matang namun juga tidak mentah kue prol tape ini memiliki beberapa varian rasa yang bisa dipilih sendiri saat ingin membelinya langsung ke Jember. Kue Prol tape Jember ini terbuat dari olahan tape singkong dengan campuran tape singkong, tepung terigu, susu mentega dan telur.

Campuran mentega dan telur lah yang membuat kue ini memiliki cita rasa gurih.kudapan ini menjadi salah satu ikon kota Jember yang sangat diminati oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai buah tangan ke kampung halaman. Jadi buat kamu yang pengen makan kue Prol tape khas Jember ini kamu bisa langsung ke Jember. Atau jika tidak ada waktu berkunjung ke Jember kamu juga bisa loh membelinya melalui app belanja online.

Harganya cukup murah juga loh. Kamu hanya mengeluarkan uang sebesar 25.000 an saja untuk satu adonan kue. Hmm kebayang gak sih kue bertekstur lembut ini bisa kamu miliki dengan harga segitu?. Dan buat kamu yang sedang berada di Jember, jangan sampai kelupaan membeli kue ini sebagai oleh oleh ke kampung halaman.

5. Rujak cingur

Gambar rujak cingur yang merupakan makanan khas Jember yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @bunda kreatif

Siapa nih yang tidak kenal dengan rujak. Sebuah kuliner yang terdiri dari berbagai macam buah buahan. Namun rujak Jember yang satu ini berbeda loh dengan rujak pada biasanya. Dimana Rujak ini bisa dijadikan sebagai pengganjal perut atau bisa jadi makan siang dan dijamin langsung kenyang.

Apalagi namanya kalau bukan rujak cingur. Makanan unik yang Bisa kenyang sampai waktunya makan malam nggak bingung cari camilan lagi. Satu lagi nilai plusnya, selain enak, bumbunya melimpah ngga pelit. Nambah krupuk 3 biji juga cukup diteloletin bumbu sepuasnya. Harga rujak cingur ini hanya 25.000 an saja lo, harga segitu sudah bisa menggantikan Hidangan makan siang kamu. Tahukah kamu sebenarnya rujak cingur ini .

Berasal dari mesir berasal dari mesir dan menjadi favorit nya Firaun. Konon dari hikayat yang beredar, rujak cingur disebut sebut bukan asli Surabaya, melainkan dari Mesir. Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat Surabaya sudah mengembangkan produk makanan yang super duper enak ini, dan ada juga beberapa daerah menjadikan rujak cingur ini sebagai makanan khas nya dan favoritnya. Salah satunya di Jember, Jawa timur. Makanan ini sudah banyak digemari oleh masyarakat luas.

6. Kue kacang khas Jember

Gambar kue kacang yang menjadi makanan khas dan faforit Jember
Sumber: Facebook @lili novirawati

Ternyata kue kacang merupakan salah satu makanan khas dan favorit di Jember loh. Sesuai dengan namanya, kue kacang ini dibuat dari bahan dasar kacang. Di Jember, kue kacang ini biasanya dijadikan sebagai hidangan spesial pada hari hari besar, seperti hari raya, bulan ramadhan dan beberapa hari besar lainnya.Tahap pembuatan Kue kacang ini tergolong gampang gampang susah.

Dimana kue kacang ini dibuat dengan tahap pemanggangan menggunakan oven. Bahan bahan yang digunakan untuk membuat kue kacang ini terdiri dari Terigu 1 kg, Kanji 250 gram, Gula 500 gram, Telur 2, Kacang 250 gram, baking powder, minyak secukupnya.Untuk tahap membuatnya yang pertama yakni: Telur, gula, baking powder diaduk menggunakan mixer. lalu masukkan terigu, kanji, dan aduk hingga rata.

Kemudian masukkan Minyak dan aduk kembali hingga rata. Setelah kegiatan menyatukan bahan sudah selesai, Cetak adonan kue kacang hingga selesai. Yang terakhir Panggang kue kacang hingga matang. Kemudian Siap dihidangkan kue kacang. Waktu yang dibutuhkan saat memanggang kue kacang ini hanya 30 menit saja. Jika sudah, artinya kue kacang siap disajikan.

Nah, untuk mendapatkan kenikmatan yang sempurna saat menyantap kue kacang ini, jadikan secangkir teh atau kopi untuk menemani kue kacang. Maka dari itu, kenikmatan hari hari mu akan terasa.

7. Keripik bawang

Gambar keripik kacang yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @junmel tinjak

Berbicara soal keripik tentu terlintas dibenak kita makanan renyah dan gurih. Ya, sama hal nya dengan keripik yang satu ini. Tentu kita sudah tau dong keripik bawang. Karena kripik ini banyak ditemui di berbagai daerah dengan cita rasa dan tekstur yang berbeda beda. Nah, ternyata keripik bawang merupakan salah satu makanan khas asal Jember loh.

Cemilan satu ini sudah cukup populer dikalangan masyarakat Jember. Nah, dilihat dari namanya tentu kita sudah tau kalau keripik bawang ini dibuat dari bahan bawang dicampur dengan tepung. Biasanya keripik bawang ini sering disajikan pada hari hari besar seperti hari lebaran, dan tahun baru. Namun, jaman sekarang, masyarakat sudah banyak membuatnya di hari hari biasa. Keripik bawang ini sangat cocok dijadikan oleh oleh ketika pulang dari Jember. Kamu tahu tidak ada hal menarik loh yang perlu kamu ketahui dari cemilan ini.

Jadi cemilan satu ini dibuat dengan beberapa variasi bentuk mulai dari bentuk bulat memanjang, bentuk persegi, persegi panjang, bentuk seperti ulat bulu, dan ada yang berbentuk seperti gurita. Hmm, cukup banyak ya variannya. Nah akan lebih nikmat menyantap keripik bawang ini ditemani dengan secuil sambal dan secangkir teh atau kopi.

Harga dari keripik bawang ini cukup murah loh, harganya hanya 20.000 an saja. Hmm, masih berfikir aja nih buat belinya? Gak langsung bergerak cepat supaya tidak kehabisan.

8. Keripik belut

keripik belut
Sumber: Facebook @keripik belut setyo

Sesuai dengan namanya, keripik belut merupakan salah satu makanan hasil olahan dari belut. Yang dimana belut tersebut dikeringkan terlebih dahulu, kemudian digoreng dengan menggunakan bumbu bumbu pilihan dan tepung. Sehingga menjadikan keripik belut dengan cita rasa renyah dan gurih saat dimakan. Keripik belut ini merupakan salah satu makanan khas daerah Jember loh.

Dimana cicilan satu ini sudah cukup terkenal dan banyak yang menyukai nya. Nah, kamu tahu tidak kalau ternyata keripik belut ini merupakan makanan yang memiliki protein yang tinggi loh. hal ini berguna untuk kesehatan jantung, otak , dan sistem kekebalan tubuh.

Jadi saat menikmati nya kamu tidak hanya mendapatkan cita rasa nya saja melainkan manfaatnya juga. Itulah beberapa fakta unik dan menarik dari keripik belut. Masih yakin nih, tidak mau?. Nah, buat kamu yang ingin mencoba cemilan satu ini.

Kamu bisa membelinya langsung ke Jember, atau bisa juga melalui aplikasi belanja online. Untuk harga keripik belut ini hanya 37.000 an saja loh. Harga segitu sesuailah dengan cita rasa dan manfaat yang ada di dalamnya. Dan dengan harga segitu kamu sudah bisa bawa pulang oleh oleh khas Jember yang super super renyah ini.

Baca Juga: Makanan khas Cianjur yang lezat untuk dicoba

9. Tape madu Jember

Gambar Madu Jember yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @acex marquez

Tape madu Jember merupakan salah satu makanan khas Jember yang cukup favorit di kalangan masyarakat. Sesuai dengan namanya tentu kita sudah tahu kalau makanan yang satu ini memiliki cita rasa manis. Tidak hanya rasanya manis tapi legit dengan tampilannya yang bersih mencerminkan kehigienisannya.

Tape madu Jember ini memiliki tekstur yang lembut. Nah, ternyata tape madu ini tidak hanya memberi cita rasa manis dan legit saja loh namun ada beberapa hal lain yang tanpa disadari akan berguna dalam tubuh. Usut punya usut ternyata tape madu jember ini memiliki kandungan nutrisi, kalsium, protein yang baik untuk tubuh.

Manfaat jika mengkonsumsi tape madu Jember ini antara lain, meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah racun, mengontrol tekanan darah, merawat kulit menyembuhkan jerawat mengatasi nyeri sendi mengatasi anemia membantu menurunkan berat badan melancarkan pencernaan, memelihara fungsi otak, meningkatkan sistem otot lebih segar dan berenergi.

Hmm, buat kamu yang lagi diet tidak usah Taku untuk mencoba kuliner satu ini, walaupun rasanya manis legit, tidak akan berdampak untuk menggagalkan proses diet kamu melainkan membantu mempermudah untuk menurunkan berat badan kamu. Dan buat kamu yang risih akan tumbuhnya jerawat di wajah kamu, kamu juga boleh mengkonsumsi makanan yang satu ini, karena bisa membantu dalam menyembuhkan jerawat kamu sekaligus merawat kulit kamu.

10. Martabak jember

Gambar martabak jember yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @fufu pithe

Sebelum pulang dari kota Jember, mampir dulu bungkus martabak terkenal di kota Jember. Dimana martabak satu ini lain dari martabak yang biasanya ditemui. Nah, jika Martabak pada umumnya kulitnya keluar, isinya (daging, telur & bawang) cuma sedikit (dibungkus tepung).

Namun, Pada martabak Malabar ini, justru kebalikannya. Tepungnya dibungkus isinya (daging, telur & bawang). Kalau soal cita rasa, jangan diragukan lagi. Maknyusss tok pokok e. Martabak khas Jember ini terdiri dari beberapa varian rasa yang dijamin buat kamu ketagihan.

Nah untuk Proses pembuatan dimulai dari yang pertama adalah, kulit tepung kecil ditaruh di penggorengan, setelah itu tepungnya disiram isi martabak (daging, telur & bawang), Daging yang digunakan disini adalah daging kambing, setelah dirasa sudah matang, adonan dibalik, setelah itu disiram lagi dengan isinya (daging, telur & bawang), demikian seterusnya sampai kurang lebih 4x proses yang sama, jika sudah, artinya martabak siap dihidangkan.

Nah buat kamu yang sedang berada di jember, dan penasaran akan cita rasa martabak khas Jember ini boleh langsung cus ke lokasinya. Lokasinya Martabak Malabar Jember @ Jalan Trunojoyo – Jember. Harganya juga cukup ekonomis loh, dijamin kamu tidak perlu pinjam ke bank supaya bisa beli martabak ini.

Harga martabak malabar ini ada beberapa jenis. Untuk martabak biasa harganya 15.000, untuk harga martabak istimewa harganya 20.000, untuk harga martabak spesial 25.000 dan untuk harga martabak super harganya 30.000. jika banyak pilihan begitu, jadi bingung tentunya buat memilih yang mana. Namun daripada bingung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.