10 Makanan Khas Jombang yang Lezat untuk Dicoba

makanan khas jombang

Makanan khas Jombang merupakan satu diantara ribuan makanan khas dari jawa yang diciptakan dengan beragam cita rasa yang sangat menggoyahkan lidah. Sama seperti makanan khas di daerah lain, makanan khas Jombang ini juga merupakan makanan khas yang terdiri dari beberapa varian rasa manis, pedas, asam, gurih, Krenyes Krenyes dan lain sebagainya.

Nah, jika berkunjung ke suatu tempat tentu sangat tidak lengkap rasanya jika melewatkan momen penting. Salah satunya momen menikmati makanan khas dari setiap daerah. Memang di setiap daerah di Indonesia memiliki keindahan tersendiri mulai dari pemandangan alam dan adat istiadat yang dimilikinya.

Namun jika berkunjung hanya memanjakan mata saja dengan keindahan itu sangatlah rugi tujuh keturunan jika lidah belum mencicipi secuil makanan khas daerah tersebut. Oleh sebab itu, jangan sia siakan perjalanan kamu karena tidak mencoba kuliner khas Jombang ini.

Daripada penasaran yuk ikuti beberapa cerita menarik dari makanan khas Jombang yang lezat untuk dicoba.

1. Nasi kikil

Nasi Kikil merupakan makanan khas jombang yang banyak di sukai berbagai kalangan
Sumber: Facebook @Indra Yulianto Lin

makanan khas jombang Yang pertama ini adalah nasi kikil. Kalau dari segi rasa emang juara lah nasi kikil ini. Disajikan Pake alas daun pisang, nasi diguyur dengan kuah sayur pepaya muda, potongan tempe, dan kikil yang bejibun. Rasa kuah nya yang mantap, nikmat pepaya muda dengan highlight tempe yang sudah menyatu ini nikmat banget.Terus kikil nya sendiri ini juga juara, selain banyak, kikil nya kenyal kenyal empuk, bahkan bisa dipotong pake sendok. Bau kikil nya juga soft banget, gak menyengat.

Kenikmatan kulitnya sangat terasa karena Perpaduan antara beberapa bahan rempah pilihan , cita rasa dari makanan ini tidak terlalu pedas tapi jika kamu mau lebih pedas ada juga kok tambahan sambalnya. Biasanya nasi kikil ini dijual dengan harga yang Gak kalah murah loh. Jadi, harga dari nasi kikil ini hanya 10.000 saja untuk 1 porsi.

2. Opak samiler

Opak Samiler adalah salah satu makanan khas asal Jombang jawa timur yang cukup favorit. Opak samiler ini memiliki varian rasa original bawang dan pedas. Opak Samiler Sam Kuroo atau opak samiler singkong wijen adalah makanan yang dibuat dengan bahan dasar dari singkong pilihan.

Opak samiler ini diolah tanpa zat pengawet dan pewarna jadi sangat Aman dikonsumsi. Untuk cita rasa, opak samiler ini memiliki Cita rasa yang gurih dengan tekstur yang begitu renyah. Proses pembuatan opak samiler ini dimulai dengan cara dijemur terlebih dahulu lalu digoreng.

Opak Samiler khas Jombang jawa timur ini memiliki 2 varian rasa. Yang pertama varian rasa original bawang dan yang kedua varian rasa pedas. Nah, buat kamu yang tertarik bisa loh membelinya dengan pilihan sesuai selera kami.

Di Jombang ada yang jual mentahan (krecek),1kg kurang lebih isi 350 biji kerupuk siap tanpa harus dijemur lagi. Harga 55.000 an saja. Jadi kamu bisa menggorengnya kapan saja kamu mau.

3. Tahu susu

Gambar tahu susu yang sudah siap dikonsumsi. Tau susu merupakan makanan khas Jombang yang banyak disukai berbagai kalangan
Sumber: Facebook @makEmak resto

Tahu susu tersebut diproses bersamaan dengan lemon juice atau cuka. Nah, protein susu akan menjadi padat jika Keasaman dari lemon juice ini meningkat. Sesuai namanya, tahu susu ini memiliki 2 tekstur. Dimana tekstur di bagian luar gurih dan renyah ,dan di bagian dalam bertekstur lembut.

Biasanya, makanan yang satu ini bisa kita temui Jombang dan bandung. Tapi kalau kamu ingin memakan tahu susu, namun belum ada waktu pergi berkunjung, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri dari rumah. Nah, untuk Resep dan cara membuat tahu susu tergolong cukup mudah loh dan bahan yang digunakan juga sedikit.

Bahan Yang perlu kamu siapkan adalah tahu putih dan bumbu untuk rendaman. Kemudian, lakukan teknik penggorengan pada tahu sampai luarnya kering.

Nah, daripada penasaran, yuk simak beberapa Resep yang digunakan untuk membuat tahu susu yang gurih dan renyah di luar tapi lembut dan lumer di dalam. Waktu yang dibutuhkan 15 menit persiapan, 20 menit memasak 1 porsi =105 kalori( kcal).

Bahan-bahannya terdiri dari 5 potong tahu putih ukuran sedang, 6 siung bawang putih yang telah dihaluskan, 1 sendok makan kaldu bubuk, setengah sendok teh lada bubuk, setengah sendok makan garam, satu sendok teh baking soda, satu sendok teh baking powder double acting, Air secukupnya untuk merendam tahu, terakhir Minyak goreng secukupnya. Jadi jangan sampai kelupaan mengajak keluarga dirumah untuk menikmati tahu susu ini.

4. Getuk pisang

Gambar getuk pisang yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @Agus legowo

Getuk pisang adalah Salah satu makanan legend dari khas kota Jombang. Selain Jombang, beberapa daerah lain di Jawa timur juga ada yang memproduksi getuk pisang ini. Cita rasanya manis. Getuk pisang ini dibuat tanpa bahan pengawet, jadi baik dikonsumsi.

Sesuai Dengan namanya, getuk pisang ini dibuat dari bahan dasar pisang. Dimana pisangnya diolah dengan beberapa bumbu bumbu pilihan yang kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Getuk pisang ini memiliki tekstur yang lembut dan daun yang digunakan tidak terlalu tebal, jadi cita rasanya semakin lengkap. harga dari getuk pisang ini berbeda beda loh.

Untuk getuk pisang ukuran kecil harganya Rp2.000, getuk pisang ukuran sedang seharga Rp3.000 dan untuk ukurang besar seharga Rp5.000 an saja. Nah, getuk pisang ini cocok jadi oleh oleh khas Jombang loh. Jadi jangan sampai kelewatan.

5. Gepuk abon Dapur Fifa

Gambar gepuk ambon yang sudah siap saji
Sumber: Facebook @Ani Azka firzana

Hmm, kamu Mau makanan praktis,bergizi dan disukai keluarga? Nih boleh dicoba. Namanya gepuk abon Dapur fifa. Makanan ini cukup populer di jombang karena cita rasanya yang begitu menggoyahkan lidah. Gepuk Abon Dapur Fifa memiliki tekstur yang ringan namun tetap lembut. Dengan rasa yang khas gurih,manis dan tidak amis membuat siapapun tak tahan untuk makan lagi dan lagi.

Gepuk abon ini merupakan salah satu sajian spesial yang dibuat dari bahan ayam. Dimana pemilihan ayamnya itu termasuk pilihan berkualitas baik. Kemudian dicampur dengan bumbu bumbu rempah pilihan. hal tersebut lah yang Menjadikan abon ini tahan lama walaupun tanpa pengawet. Gepuk Abon ini diolah tanpa campuran minyak. Jadi tidak berminyak sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang mengurangi konsumsi minyak namun tetap ingin menikmati lauk yang lezat.

Nah untuk soal varian rasa, gepuk abon ini Ada 2 pilihan varian rasa yakni rasa pedas dan original. Untuk harga dari gepuk abon Dapur Fifa ini sebesar 20.000 an saja loh. Dengan harga segitu kamu sudah bisa merasakan kenikmatan kuliner satu ini.

6. Jenang kelapa muda

Gambar Jenang Kelapa Muda yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @Faruq Abdullah Alwin

Jenang kelapa muda ini adalah makanan buatan warga kota Jombang. Jenang kelapa muda ini dijamin menggugah selera karena memiliki cita rasa yang begitu khas dan berbeda. Salah satu tempat membuat jenang kelapa muda yang kebanjiran berkarya akhir bulan Ramadhan ini adalah hakim warga desa di kecamatan kota Jombang sana ceunah.

7. Kue getas ketan

Gambar kue getas Ketan yang merupakan makanan khas Jombang
Sumber: Facebook @700 resep

Kue Getas ini terbuat dari tepung ketan dan kelapa, digoreng, dan kemudian dibalut dengan besta, yaitu campuran larutan air dan gula pasir. Setelah dilihat lihat, ternyata kue Getas ini agak mirip loh dengan kue lain asal Jakarta, tapi bedanya, kalau kue asal Jakarta dibalut dengan besta gula merah.

Bahan-bahan pembuat kue getas sangat mudah didapatkan, mulai dari, Tepung ketan putih, Tepung beras, Kelapa parut kasar, Garam, Santan yang dibuat langsung pakai kelapa, dan Minyak secukupnya.

Bahan untuk membuat Salut gula, 75 gr Gula pasir, 35 ml Air. Untuk langkah Langkahnya dimulai dari Siapkan semua bahan, rebus santan hingga agak hangat, sisihkan. Kemudian Campurkan semua tepung yg sudah disediakan seperti tepung ketan, tepung beras, kelapa parut dan garam dalam wadah, aduk sampai rata. Kemudian Tambahkan santan yang sudah dihangatkan perlahan lahan sambil diaduk sampai menjadi adonan yg bisa dibentuk.

Setelah itu, untuk membentuk adonan ya dilakukan dengan ambil sedikit adonan tidak terlalu besar, lalu dibulatkan dan sedikit dipipihkan, lakukan terus sampai adonan habis. Sembari melakukan hal ini, jangan lupa panaskan minyak dalam wajan. Jika sudah selesai membentuk adonan, goreng adonan getas hingga matang. Untuk mengetahui bahwa kue ini sudah matang itu jika adonannya sudah mengeluarkan warna kuning kecoklatan. Jika sudah, Angkat adonan tersebut kemudian tiriskan.

Dan tahap untuk Membuat bahan gula salut yakni Rebus gula pasir dengan air, aduk hingga gula berambut (kental dan berbusa). Kemudian kecilkan api dan masukkan kue getas, aduk2 cepat sampai semuanya terbalut gula, matikan api dan aduk lagi hingga kering. Kue getas ketan siap untuk dihidangkan.

Baca Juga: Makanan khas Tasikmalaya yang lezat untuk Dicoba

8. Tahu bulat abon

Gambar Tahu bulat abon yang sudah sip dikonsumsi
Sumber: Facebook @umaidah

Siapa nih yang gak kenal dengan tahu. Tentu sudah pada tau dong. Tahu ini bisa diolah menjadi bermacam macam makanan mulai dari tahu isi, tahu goreng, sambal tahu, tahu bulat, dan beberapa olahan lainnya.Nah, kalau dijombang tahu ini merupakan salah satu olahan warga disana menjadi hidangan enak dan spesial.

Namanya tahu bulat abon. Memang tahu bulat ada di berbagai daerah, namun tahu bulat Jombang ini tentu berbeda. Sesuai dengan namanya, tahu ini memiliki bentuk yang bulat. Teksturnya lembut, kenyal kenyal. Soal cita rasa? Tidak usah diragukan lagi. Sesuai dengan namanya, tahu bulat abon ini dibuat dari bahan dasar tahu yang dicampur dengan bumbu pilihan.

Nah, bahan bahan yang digunakan antara lain 10 tahu pong, kira² 500 gram, 1 kuning telur, 1 sdt baking powder double acting, 1/2 sdt garam, 1/4 sdt lada bubuk, 1/4 sdt bawang putih bubuk, 1/4 sdt kaldu bubuk

Cara pembuatannya dimulai dari:
1) Hancurkan tahu, kemudian peras dengan kain saringan hingga kesat
2) Tambahkan kuning telur dan bumbu lainnya, aduk rata
3) Bentuk bulat² masing² 20 gram
4) Simpan dalam kulkas selama 3 jam
5) Goreng dengan minyak yg masih dingin, setelah tahu masuk kedalam minyak. Nyalakan api kompor kecil saja, goreng sambil di aduk² hingga mengembang dan kulitnya kering
6) Resep untuk 26 buah tahu bulat

9. Onde onde kacang merah

gambar onde onde kacang merah yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @Lusi apriani

Si bulat dengan sensasi kenyal, manis gurih dengan taburan wijen dan isi kacang hijau, kita kenal dengan nama onde onde. Onde-onde sangat populer di Yogyakarta, kawasan Surakarta dan sekitarnya, serta Mojokerto. Onde-onde umumnya dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan, namun di Mojokerto dibuat dari tepung terigu yang diberi pewarna putih, merah, hijau. Orang menyebutnya sebagai onde-onde gandum dan khas Mojokerto.

Di Mojokerto sejak tahun 1929 terdapat toko yang khusus menjual onde onde yang dinamakan sesuai dengan pendirinya Toko Bo Liem yang legendaris. Onde onde berasal dari daerah Guangdong yang dikenal sejak zaman dinasti Zhou (1045 – 256 SM). Saat itu makanan kecil ini disuguhkan kepada para tukang kayu dan tukang batu yang membangun istana kekaisaran yang melambangkan keselamatan, dan kebersamaan.

Wang Fanzhi seorang sastrawan di zaman dinasti T’ang menjelaskan bahwa onde onde adalah hidangan istimewa di istana kekaisaran di Xi’an. Bersama dengan kedatangan laksamana Cheng Ho dari dinasti Ming (abad 13) mulai diperkenalkan lah onde onde ini di nusantara. Kudapan ini sangat populer di seluruh Asia Tenggara dengan aneka sebutan. Di Tiongkok onde onde disebut Ma Tuan, Ma Yuan, Zhen Dai, atau Jian Dui.

Di Vietnam dikenal dengan nama Banh Luc Lac, yang arti harfiahnya kue yang berbunyi “luc-lac” ketika digoyang. Disebut juga Banh Cam atau Banh Rang karena bentuk dan warnanya kekuningan seperti buah jeruk. Di Malaysia disebut Kuih Bom atau Butsi di Philipina.Awalnya onde-onde hanya berisi pasta gula merah.

Bahan isiannya kemudian diberi tambahan kacang hijau bersantan agar ada rasa gurih dan cocok dengan selera masyarakat. Selain kacang hijau ada juga yang diberi isian ketan hitam. Saat ini dikenal pula onde onde kontemporer dengan aneka isi kacang hijau, coklat, durian, nangka, keju, hingga mozzarella, matcha, dan red velvet.

Onde onde sebenarnya sarat filosofi dan disajikan teristimewa saat perayaan Cap Go Meh, tradisi yang telah dilakukan sejak zaman dinasti Song (90-1279 M). Cap Go Meh adalah festival 15 hari setelah perayaan tahun baru musim semi atau Imlek. Karena terbuat dari ketan berbentuk bulat dan berwarna kekuningan dan ditutupi wijen, melambangkan keberuntungan dan harapan di tahun mendatang.

10. Soto dok

Gambar soto dok yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @channah Yossie xu

Soto dok ini sangat cocok menjadi Makan siang di kampung sebelah sekalian refreshing biar gak jadi jahat kayak joker. Menikmati keindahan alam sambil ngemil sangat lah spesial apalagi ditemani orang orang spesial. Nah, demikian juga di kota Jombang.

Di Jombang ada loh di produksi soto yang enak dan wajib banget dicoba. Namanya soto dok. Soto dok ini dibuat dari daging. Soto dok ini beda banget dengan soto madura dan beberapa soto lainnya. Soto Disini style lamongan, atau sering disebut soto dok. Kuahnya mantab, karena pake santan jadi sangat melejit di lidah. Nah, kalau kamu di Jombang boleh deh mengunjungi salah satu warung makan disana.

Warung satu ini sangat banyak disukai pengunjung. Yang bikin suka, disini disediakan macam macam gorengan jeroan, seperti lidah, limpa, babat, hati dan usus. Nyam nyam banget deh! Kamu bisa pesan nasi sama kuah soto aja plus lemak sedikit, lauknya pilih gorengan yg di meja. Lidahnya yummmyy banget! Satu satunya soto daging yg buka dari jam 12 siang. Kalo sudah jam 5 sore, banyak buka soto soto sejenis di berbagai sudut kota kediri. Banyak foto2 pemilik dengan ari lasso, krisdayanti, aliando, sutikno, shahrukh khan, donald trump dan kim jong un. Dan tentu saja disini no gopay ovo grab dana dan kawan kawannya. Kalo mau protes silakan ke bapaknya langsung. Tak jamin langsung di soto jeroan kamu.

Nah, itulah beberapa jenis makanan khas kota Jombang yang wajib banget untuk dicoba. Selain bisa dinikmati di Jombang, kamu juga bisa membawa nya ke kampung halaman sebagai oleh oleh dengan harga yang sangat ekonomis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.