Gambar makanan khas Kutai

Nikmatnya 7 Makanan Khas Kutai yang Gurih dan Lezat

Share with

Makanan khas Kutai menjadi pilihan banyak orang ketika berada disana, karena dengan harga yang murah, makanan khas Kutai juga memiliki cita rasa yang tinggi. Kutai adalah satu diantara beribu kabupaten di Indonesia. Kabupaten Kutai ini terbagi atas 3 bagian yaitu kabupaten Kutai Kartanegara, kabupaten Kutai timur dan kabupaten Kutai barat. Ketiga Kutai ini punya cerita sendiri.

Jika mendengar kata Kutai, kamu pasti langsung teringat akan kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai merupakan kerajaan yang menganut agama Hindu dan merupakan kerajaan tertua di Indonesia. Kerajaan Kutai ini terletak di muara Kaman, Kalimantan timur.

Tapi untuk pembahasan ini bukan tentang kerajaan Kutai, melainkan makanan khas yang ada di kabupaten Kutai, Kalimantan timur. Kabupaten Kutai memiliki beragam budaya dan tradisi. Kamu wajib banget tahu kalau wisata di kabupaten Kutai tidak kalah menarik dari wilayah lain loh. Kabupaten Kutai ini memiliki lokasi wisata yang beragam mulai dari sungai, air terjun, pantai, hutan, gunung, danau, hingga pulau. Sama seperti wilayah lain kabupaten Kutai juga termasuk daerah yang kaya akan keindahan alam sehingga tak sedikit pengunjung yang berbondong bondong kesana.

Bukan hanya karena indahnya wisata alamnya saja yang memancing daya tarik pengunjung ke kabupaten Kutai tapi juga karena ingin mencoba makanan khas Kutai yang begitu unik dan renyah Bikin penasaran sekali bukan? Apa saja sih makanan khas Kutai yang paling banyak diserbu masyarakat?

Berikut 7 jenis makanan khas Kutai yang gurih dan lezat untuk dicoba

1. Ayam Cincane

Gambar ayam cincane yang merupakan 
 makanan khas kutai yang sangat populer
Sumber: Facebook @grace Van stenus-tan

Ayam cincane merupakan makanan khas Kutai yang sangat populer di dalam maupun diluar daerah Kutai. Seperti yang kita ketahui jika ayam merupakan salah satu menu yang paling favorit untuk disajikan. Sajian ayam ini cukup beragam yaitu ada ayam rendang, ayam semur, ayam kecap, ayam goreng, ayam panggang, ayam gulai, dan masih banyak sajian lain lagi.

Tapi pernah gak sih kamu mencoba yang namanya ayam cincane?. Jika belum, yuk simak penjelasan berikut ini tentang racikan ayam cincane. Kalau dilihat-lihat bentuknya mirip gulai ayam khas Minang. Menu ayam cincane ini tidak hanya sebagai santapan biasa tetapi juga disajikan dalam berbagai acara adat di Kalimantan timur. Ayam cincane ini di racik khusus oleh masyarakat setempat sebagai menu terfavorit di kabupaten kutai.

Untuk racikan bahan pembuatan ayam ini cukup menggunakan terasi udang dan ayam kampung. Selain terasi udang dan ayam kampung, bahan untuk membuat ayam cincane ini juga cukup banyak namun tidak sulit untuk ditemukan.

Bahan-bahan lainnya ialah bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit secukupnya, garam, kangkung, minyak goreng, jeruk nipis, penyedap rasa. Tahap pembuatannya dimulai dari haluskan semua bumbu yang sudah disediakan. supaya warna merah merona, gunakan kunyit serasi dan garam. setelah ayam kampung dicuci dengan bersih jangan lupa dikasih air perasan jeruk nipis yang tujuannya untuk menghilangkan bau amis pada ayam.

Biasanya warga setempat memakai air asam Jawa untuk menghilangkan bau amis namun kini berubah karena area perkebunan di Kutai, Kalimantan timur menjadi lahan tambang Batubara sehingga membuat pohon asam semakin sulit ditemukan. untuk mengatasi masalah ini, akhirnya air asam Jawa diganti dengan perasan jeruk nipis. Untuk soal rasa dan juga aromanya memang beda namun fungsinya tetap sama kok.

Tahap selanjutnya, tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai warnanya sudah berubah kecoklatan. Kemudian masukkan potongan daging ayam lalu aduk aduk sampai bumbu tercampur rata. Setelah itu, tambahkan daun salam dan daun jeruk sampai daunnya layu. Berikutnya diamkan bumbu selama beberapa menit sampai bumbunya meresap ke dalam daging ayam.

Selama di masak ayam harus tetap diaduk supaya ayamnya tidak gosong. Kalau bumbunya dan daging ayamnya sudah mulai meresap satu sama lain, tinggal masukkan santan kental dan aduk hingga tercampur merata. Lalu diamkan selama beberapa menit. Ayam cincane ini memiliki dua versi loh tapi ayam cincane versi ini yang lebih sering dikonsumsi. Untuk jenis cincane versi kedua, ayam cincane nya harus dibakar kembali sampai bumbu meresap.

Pasti kamu ingin sekali merasakan kenikmatan kuat lemahnya. Cita rasa ayam cincane ini. Bayangkan gimana gurihnya kalau pakai ayam kampung di jamin kamu berhenti mengunyah deh. bukan tanpa alasan memilih daging ayam kampung sebagai bahan dasar ayam cincane.

Ayam kampung ini kaya manfaat untuk kesehatan, karena daging ayam mengandung protein alami dan juga kandungan asam amino. daging ayam cepat meningkatkan kadar serotonin pada otak sehingga membuat suasana hati lebih senang. Hmm, setelah tahu fakta menarik dari ayam cincane ini,siapa nih yang mau mencoba kuliner ini?

2. Sayur Asam Keladi

Gambar Sayur Asam Keladi
Sumber: Instargam @regina.mels

Kamu tau gak sih bagaimana itu sayur asam keladi?. Sayur asam keladi ini merupakan makanan khas dari Kutai. Sayur ini adalah sala satu hidangan yang sangat enak dan pastinya menjadi favorit di Kutai. Untuk membuat sayur asem keladi Kutai bahan-bahannya adalah siapkan ikan patin keladi yang sudah direbus terlebih dahulu, kangkung, dan untuk bumbunya yaitu bawang merah, serai, kunyit kemiri, terasi, penyedap rasa secukupnya dan garam secukupnya.

Bahan yang akan dipotong-potong yaitu serai, bawang merah dan terong asam. Untuk tahap pengolahannya pertama-tama peras jeruk di ikannya, siapkan air di panci secukup, kemudian masukkan serai dan irisan bawang, lalu masukkan keladi yang sudah direbus setelah itu tunggu sampai mendidih.

Sembari menunggu mendidih, haluskan bumbu seperti kunyit, kemiri, dan terasi. Jika sudah mendidih, masukkan ikannya dan masukkan bumbu yang sudah dihaluskan tadi. Lalu aduk sampai merata. Kemudian diamkan sebentar, jika sudah mendidih masukkan kangkungnya, terong asamnya, penyedap rasa dan juga masukkan garam.

Bagi kamu yang kurang suka asin silakan dikurangi takaran garam sesuai selera kamu. Setelah itu tunggu selama 1 menit saja. Jika sayurnya sudah masak, masukkan ke dalam baskom. Dan sayur asam keladi khas Kutai siap disajikan.

3. Kuah Udang Sungai Kutai

Gambar Kuah Udang Sungai Kutai
Sumber: Facebook @_che tie

Berbicara soal makanan yang berkuah, tentunya kamu sudah pernah dan bisa jadi hampir setiap hari mengkonsumsi nya. Karena makanan berkuah itu pastinya selalu ada dalam setiap rumah tangga seperti sayur dan ikan yang dikuatkan. Tapi pernah nggak sih kamu mencoba kuah udang sungai? Kalau belum pernah, coba deh simak penjelasan berikut tentang kuah udang sungai khas kutai.

Kuah udang sungai kutai ini adalah makanan khas Kutai yang sangat populer dan tentunya lezat. nah bahan-bahannya adalah siapkan udang sungai . Da untuk bumbu- bumbunya masaknya yaitu bawang merah secukupnya, bawang putih secukupnya, cabe besar, kunyit, serai dan penyedap rasa. Untuk tahap pengolahannya dimulai dari bumbunya dipotong-potong kecil.

Laku masukkan air di panci secukupnya. Setelah itu masukkan bumbu yang sudah dipotong-potong kalau biarkan sampai mendidih. Jika sudah mendidih masukkan udang sungai nya dan aduk sampai rata lalu diamkan sebentar. Tahap terakhir yaitu masukkan penyedap rasa dan garam secukupnya. bagi kamu yang ingin rasanya lebih asin silahkan ditambahkan garam sesuai selera kamu.

Jika sudah jadi, saatnya untuk disajikan. nah itu dia fakta menarik dari kuah udang sungai Kutai khas dari Kutai enak banget dan resepnya sangat simpel. wah mantap banget dan proses pembuatannya juga gampang sekali dan cepat lagi . Masih yakin tidak mau langsung coba?.

Baca Juga: Makanan khas Toraja yang unik dan lezat

4. Sambal Raja

Gambar sambal raja
Sumber: Facebook @raja lepak

Apa itu sambal raja? Sambal buatan raja? Sambal khusus raja? Apa Sih sambal raja itu? Jadi sambal raja ini sambalnya Sultan nama aslinya adalah sama raja Kutai dari Kalimantan timur. Sebenarnya bukan Sambal khusus untuk sultan atau raja tapi untuk semua masyarakat dong. Sambal raja ini hanya sebagai namanya saja. Kamu tahu gak kalau Sambal ini sudah langka dan wajib kita lestarikan.

Pada penasaran ?, mari kita ulas fakta menarik dan proses pembuatan sambal raja. Sambal raja ini jika dimakan dengan nasi hangat wah mantap banget rasanya lebih gurih. Untuk tahap pembuatanya sangat gampang sekali dan cepat. bagi kamu yang ingin tahu bagaimana cara membuatnya, simak resep dan tahap pembuatanya berikut ini

Untuk bahan bahannya yaitu siapkan tempe, terong, kacang panjang, Pete (tergantung selera kamu), penyedap jamur, garam, tomat, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan buah jeruk nipis. Tahap pembuatannya, pertama-tama haluskan semua bumbu bumbu dengan menggunakan blender supaya kehalusan bahannya maksimal. Tapi bagi kamu yang mau bumbunya diulek, boleh saja.

Setelah itu potong potong terong, tempe dan kacang panjang. Tapi sebelumnya, panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya. Setelah selesai memotong bahannya, goreng terongnya terlebih dahulu sampai matang. Lalu lanjutkan menggoreng tempe nya sampai warnanya kuning kecoklatan. Jika sudah matang, masukkan sambalnya dan tunggu sampai matang.

Untuk mengetahui kematangannya, tunggu sampai tercium aroma harum sambal. Kemudian masukkan garam dan penyedap jamur lalu aduk sampai rata. Setelah aromanya sudah terasa, masukkan terong, tempe, Pete dan kacang panjang yang sudah digoreng sebelumnya. Setelah itu masukkan perasan jeruk nipis secukupnya. Jika sudah selesai semua, masukkan sambal ke dalam piring. Nah, sambal raja Kutai siap dihidangkan.

5. Tempoyak Durian

Gambar tempoyak durian
Sumber: Facebook @sen to lor

Siapa nih pecinta Buah durian? Hmm, kalau mencium aroma buah durian pasti aromanya langsung terngiang-ngiang di penciuman kamu. Tapi pernah nggak sih kamu mencoba Kalau tempoyak durian? Bagi kamu pecinta buah durian perlu banget nih kamu ketahui info menarik tentang pengolahan buah durian menjadi makanan khas yang enak yakni tempoyak durian.

Tempoyak durian ini adalah makanan khas asal Kutai. Tempoyak durian ini dibuat dari buah durian terus buah durian terlebih dahulu sudah dikeluarkan dari kulit duriannya. Siapkan wadahnya untuk memisahkan antara biji dan isinya kemudian nanti kamu masukkan ke dalam toples nya lalu nanti ada campurannya garam halus. Itulah bahan-bahan yang akan kita siapkan untuk membuat tempoyak durian.

Nah, untuk proses pengolahan nya cukup mudah dimulai dari yang pertama yaitu belah durian lalu keluarkan isinya. Kemudian pisahkan isi dan biji durian. Masukkan garam secukupnya, lalu aduk sampai tercampur rata. Setelah itu masukkan ke dalam toples kemudian ditutup rapat dan biarkan selama 4 hari di suhu ruang. Setelah 4 hari masukkan kedalam kulkas supaya awet dan tahan lama jadi kamu bisa menyantapnya kapan saja kamu mau.

Setelan tempoyak di diamkan selama 4 hari, kau sudah bisa langsung menikmatinya atau mengolahnya sesuai selera kamu. Untuk jenis durian yang cocok dalam membuat tempoyak ini adalah durian yang rasanya hambar atau yang tidak ada rasanya. Kenapa? Karena itu akan lebih enak dijadikan sebagai sajian tempoyak.

Jadi bagi kamu yang sering menemukan durian yang tidak ada rasa atau hambar itu jangan dibuang. itu bisa kamu olah lagi menjadi tempoyak kalau yang rasanya enak itu kan sayang jika diolah menjadi tempoyak, mending makan langsung. Jadi saat musim durian jangan lupa resep khas ala masyarakat Kutai ini.

6. Sambal Belimbing Wuluh

Gambar Sambal Belimbing Wuluh
Sumber: facebook @resep unik

Sambal belimbing wuluh ini adalah sambal khas Kutai yang mungkin hanya ada di kutai. Berbicara soal sambal, tentunya kamu tidak akan pernah bosan jika di meja hidangannya hanya sambal dan makanan lain. Tapi kamu perlu mencoba sambal belimbing wuluh ini supaya tercipta hidangan baru di meja makan kamu.

Untuk bahan-bahannya cukup mudah dan gampang ditemui, yang pertama ikan terasi yang sudah goreng sebentar, lalu ada juga bawang merah, bawang putih, ada cabe yang jumlahnya opsional sesuai dengan selera, ada dua buah belimbing wuluh, ada gula putih dan sedikit gula merah, ada garam dan juga penyedap rasa. Tapi untuk penggunaan penyedap rasa ternyata tidak pakai pun tidak masalah.

Langkah pertama pembuatan nya adalah cuci dulu semua bahan dengan air panas. Terlebih ulekan yang akan kamu gunakan , setelah itu iris kecil kecil belimbing wuluh nya. kemudian ulek bahan nya dimulai dari cabe merahnya, selanjutnya masukkan bawang merah dan bawang putih lalu tambahkan sedikit garam agar proses menguleknya mudah kemudian masukkan gula dan ulek sampai tercampur rata selanjutnya masukkan gula disambung dengan terasi lalu ulek sampai halus.

Terakhir masukkan belimbing wuluh yang sudah diiris iris lalu ulek kembali sampai menyatu satu sama lain. Jika semua bumbu selesai diulek, tambahkan sedikit air panas lalu diaduk. Tapi sebaiknya menggunakan air kelapa agar lebih gurih.

7. Lele Santan Pedas

Gambar lele santan pedas
Sumber: Instagram @augustiaayu

Lele santan pedas ini adalah makanan khas Kutai yang sangat disukai masyarakat Kutai. Cara memasak lele santan pedas ini cukup mudah dan bumbu yang digunakan sangat umum dan pastinya selalu ada didapur kamu. Untuk bahan pembuatan lele santan pedas yaitu lele dan untuk bumbunya yaitu cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun kemangi, daun jeruk, daun salam, jahe, lengkuas, kunyit, batang sereh, santan kara, garam, gula pasir, kaldu dan lada bubuk.

Ternyata bahannya cukup banyak ya, namun hasilnya nanti akan membayar semua lelah dan bahan bahan dapurmu. Kalau tidak percaya, ayo ikuti proses pembuatan lele santan pedas ini supaya kamu bisa membuktikannya dirumah. Tahap pertama yaitu haluskan cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Goreng ikan lele Sampai berwarna kecoklatan, kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan sereh, jahe, lengkuas, kunyit, daun salam, dan daun jeruk ke dalam bumbu yang sudah ditumis lalu aduk sampai rata. Tuangkan sedikit air lalu aduk sampai tercampur semua bumbu nya, kemudian masukkan santan kara dan aduk kembali, tambahkan gula, garam, lada dan kaldu bubuk sesuai selera.

Lalu tunggu sampai aroma bumbunya tercium kemudian masukkan semua lele yang sudah digoreng. Terakhir, masukkan daun kemangi lalu aduk sampai daunnya layu. Masak hingga matang. Waktu yang Dibutuhkan untuk menunggu lele santan pedas tidak terlalu lama hanya perlu 15-20 menit saja. Setelah lele nya masak, angkat dan masukkan kedalam wajan dan lele santan pedas siap untuk dinikmati.

Wow, itulah beberapa makanan khas Kutai yang menjadi hidangan favorit di Kutai. Makanan ini ternyata tidak hanya populer di Kutai saja loh, tapi sudah ke berbagai daerah lain. Setelah kau sudah tahu fakta menarik dari ke 7 makanan khas Kutai. Mana makanan yang paling membuat kamu tertarik dan ingin sekali langsung mencobanya? Daripada capek membayangkan nya saja, mending kamu buat sendiri dirumah karena bahannya tidak sulit didapat. Selamat mencoba.

Baca Juga: Makanan khas Rote yang unik dan lezat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja