Gambar makanan khas Lampung

11 Makanan Khas Lampung yang Lezat dan Menggugah Selera

Share with

Makanan khas Lampung adalah salah satu makanan asal Indonesia yang terkenal akan cita rasa yang enak, gurih dan tentunya buat kamu ketagihan. Makanan khas Lampung sangat terkenal akan berbagai varian rasa yang menggugah selera.

Varian rasa yang terkandung dalam menu khas Lampung ini terdiri dari varian rasa manis, asam, pedas, dan gurih. Tidak jauh beda dari makanan khas daerah lain, makanan Khas Lampung ini juga tidak kalah populer dikalangan masyarakat.

Makanan khas Lampung ini sangat banyak diolah dari buah pisang karena buah pisang sangat banyak ditemukan di Lampung. Suku bandar Lampung juga merupakan salah satu daerah di Indonesia yang juga terkenal akan keindahan alamnya yang begitu menarik untuk dikunjungi.

Selain itu suku bandar Lampung ini juga terkenal akan tradisi yang begitu unik dan selalu dilestarikan masyarakat setempat. Suku bandar Lampung ini juga terkenal akan masyarakat nya yang akrab dan ramah. Nah, buat kamu yang akan berkunjung atau yang sedang berada di Lampung, kamu harus tau beberapa fakta unik dan menarik dari suku bandar Lampung ini.

Baik dari wisata alam dan juga wisata kuliner. Tapi untuk kali ini, yuk kita simak cerita unik dibalik kelezatan kuliner khas suku bandar Lampung yang menggoda dan dijamin buat kamu ketagihan. Karena ini wajib banget kamu tau, sehingga sembari kamu menikmati keindahan alam suku bandar Lampung ini, kamu juga bisa sambil menikmati kelezatan makanan khas suku Lampung ini.

Berikut 11 jenis makanannya khas lampung yang lezat dan menggugah selera.

1. Seruit

Seruit merupakan makanan khas Lampung yang populer di masyarakat
Sumber: Instagram @nitaardiyani11

Seruit merupakan makanan khas Lampung. Umumnya Seruit ini dicampur dengan ikan bakar berisi jenis ikan sungai seperti belida, lais, baung, seluang dan jenis ikan lain sebagainya. Dan tak lupa ditambah lalapan lain seperti mentimun, terong bakar atau goreng serta tempoyak (durian yang telah difermentasikan).

Seruit ini berasal dari kata nyeruit yang bermakna melakukan kegiatan bersama-sama. Nyeruit ini dilakukan dengan menggunakan tangan tanpa sendok. Sehingga nyeruit ini dipercaya sebagai sesuatu hal yang menjadikan kebersamaan masyarakat semakin terbentuk.

Jadi intinya nyeruit ini bukan hanya tentang tradisi makan dengan cita rasa Seruit yang begitu lezat, melainkan lebih erat pada budaya kebersamaan di Lampung. Hmmm, maknyus sekali rasanya. Nah terlepas dari cerita unik dan cita rasa dibalik seruit ala Lampung ini. Tentu kamu juga harus tau harga dari makanan pemersatu ini. Nah harga dari seruit ini mulai dari harga 40.000 per porsi.

2. Lepis legit

Lepis legit merupakan makanan khas Lampung yang memiliki rasa manis
Sumber: Instagram @Isaprilbeyond

Siapa nih yang gak kenal sama kuliner satu ini? Makanan yang dibuat dengan berlapis lapis dan memiliki cita rasa yang sangat manis dan memanjakan lidah. Apalagi kalau bukan lepis legit. Lepis legit merupakan makanan khas asal Lampung. Lepis legit ini sering disebut sebagai legitnya lampung.

Lepis legit ini tidak hanya ada di Lampung saja loh, tapi juga di daerah lain juga ada dan tentunya punya cita rasa yang khas. Nah lepis legit asal lampung ini dibuat dengan cara tradisional dimana alat yang digunakan tidak dengan oven seperti olahan kue lainnya.

Alat yang digunakan untuk membuat lepis legit ini adalah alat dari penutup belanga yang dibuat dari tanah liat dan dipanaskan dengan kayu bakar. Orang Lampung menyebut alat ini dengan “KEKEP”. Alat ini digunakan bukan karena hemat uang untuk beli oven tapi jika menggunakan KEKEP ini, wanginya lebih terasa.Selain dijadikan sebagai cemilan, lepis legit ini juga biasanya dijadikan sebagai hidangan pada saat acara keluarga, pesta, atau hari hari besar lainnya.

Nah, untuk harga dari lepis legit ini tergolong sedikit mahal. Namun tidak heran karena harga sesuai dengan kualitas. Jadi harga lepis legit ala Lampung ini sekitar 250.000 dengan ukuran 20×20 cm.

3. Sekubal

Gambar sekubal yang merupakan makanan khas Lampung
Sumber: Instagram @mamaci.memasak

Sekubal? Apa itu sekubal? Apakah kamu sudah pernah mencoba sekubal? Sekubal ini adalah makanan khas Lampung tepatnya Lampung sebelah barat yang banyak diminati masyarakat baik dari kepadatan saibatin, maupun pepadun.

Kamu tahu tidak kalau Sekubal ini merupakan makanan yang dibuat dari beras ketan yang dibungkus dengan santan, dan kemudian dibungkus janur(daun kelapa) atau bisa juga dengan daun pisang kemudian diikat dengan menggunakan tali rafia. Saat menyantap sekubal ini, sangat cocok ditemani dengan rendang daging, gulai, tapai ketan, kari dan lain sebagainya.

Sekubal ini memiliki cita rasa enak, gurih dan tekstur nya kenyal. Menu khas suku Lampung ini biasanya disajikan pada saat hari lebaran maupun hari besar lainnya. Yang menjadi hal unik dari proses membuat sekubal ini adalah beras ketan tidak dimasukkan secara keseluruhan tapi dimasukkan sesendok demi sesendok kemudian dilapisi dengan daun pisang yang dipotong bulat baru kemudian diikat.

Jadi, saat akan dimakan tidak perlu lagi dipotong-potong. Terlepas dari fakta menarik dan unik dari kuliner khas suku Lampung ini, kamu juga harus tau berapa sih harga dari santapan satu ini?. Nah harga dari santapan sekubal ini mulai dari harga 12.000-20.000 saja. Wah, pasti kamu gak bakal nyesel deh.

4. Bebek Tumis

Gambar bebek tumis
Sumber: Instagram @kristapurnamasari

Hmm, siapa nih yang tidak kenal sama bebek?. Tentu untuk pengolahan bebek sangat beragam ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya olahan dari Lampung. Namanya bebek tumis. Bebek tumis adalah makanan khas Lampung yang sangat populer dikalangan masyarakat Lampung.

Bebek tumis ini dibuat dengan bahan dasar bebek yang diungkep terlebih dahulu kemudian ditumis pakai bumbu rica. Tekstur bebeknya lumayan empuk, ukurannya besar, bumbu ricanya juga terasa pedas dan gurih, hmmm mantap lah pokoknya. Nah, buat kamu yang lagi diet jangan sampe deh batal diet karena menu yang satu ini.

Kamu tau tidak kalau bebek ini memiliki tekstur daging yang lembut, bikin sehat dan bisa diolah dengan baik. Meskipun bahan bumbu membuat bebek tumis ini dibuat dengan cara ditumis saja, tapi untuk soal rasa tentu tidak akan membuatmu berhenti untuk menikmati hidangan ini. Untuk harga dari bebek tumis sebesar 75.000.

5. Pie pisang

Gambar Pie pisang yang merupakan makanan khas Lampung
Sumber: Instagram @yussyakmal

Di suku Lampung sangat banyak ditemukan buah pisang, jadi tidak heran jika banyak menu makanan khas Lampung yang diolah dari buah pisang. Salah satunya adalah pie pisang. Pie pisang ini adalah makanan khas Lampung yang cukup mengundang rasa penasaran akan cita rasanya.

Selain diolah jadi keripik ternyata ada juga loh menu lain yang diolah dari buah pisang menjadi pie pisang. Kamu mungkin sudah pernah tau apa itu pie pisang bahkan sudah pernah mencobanya. Nah, pie pisang ini adalah makanan yang diolah dari bahan dasar pisang.

Pie pisang ini mungkin tidak hanya ada di kampung saja, tapi juga di beberapa daerah lain yang tidak kalah enak. Pie pisang ini biasa dijadikan sebagai oleh oleh dari Lampung. Pie pisang ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa pisang yang melegit.

Untuk varian rasa dari pie pisang ini ada bermacam macam mulai dari rasa keju, coklat, Almond raisin, green tea, tiramisu, Oreo, chocoball dan varian lainnya. Hmm, makin terasa ya kelezatan nya. Nah untuk soal rasa dan keunikan nya sudah, lalu untuk harga bagaimana?.

Jika harga makanan mahal dan sesuai dengan kualitas makanan tentu kita tidak bakal kecewa dan menyesal membeli nya. Sama halnya dengan pie pisang ini harganya cukup mahal namun kualitasnya juga mahal dong. Nah harga untuk pie pisang ini adalah 50.000 per kotak dengan isi 5 potongan pisang. Tapi sepertinya ini tidak terlalu mahal bagi yang sangat menginginkan pie pisang ala Lampung satu ini.

Baca Juga: Makanan khas Pontianak yang lezat dan unik

6. Gultik atau gulai tikungan

Gultik merupakan makanan khas lampung
Sumber: Instagram @makanmana

Hmm, siapa nih yang suka gulai,? Trus kalau tikungan? Mungkin kalau tikungan, hanya kamu yang pembalap saja yang suka dengan tikungan. Tapi kamu tau gak apa itu Gultik atau gulai tikungan ini?. Oke, daripada penasaran yuk simak cerita unik dibalik Gultik atau gulai tikungan ini. Jadi gultik atau gulai tikungan adalah makanan khas dari Lampung.

Bukan tanpa alasan kuliner ini dinamakan dengan gultik atau gulai tikungan. Alasan kuliner Indonesia makan dengan gultik adalah karena tempat penjualan gultik atau gulai tikungan ini berada di blok m yang penuh dengan tikungan jadi makanan ini dinamakan gultik atau gulai tikungan.

Nah Gultik atau gulai tikungan ada dua jenis pilihan perihal soal daging yaitu daging sapi dan daging ayam. Tinggal sesuaikan dengan selera kamu. Nah, Kamu sudah tahu belum kalau gultik atau gulai tikungan ini sudah ada loh di beberapa daerah lain seperti Medan, Jakarta dan beberapa daerah lainnya. Jadi kamu tidak perlu jauh jauh ke suku Lampung.

Beralih dari itu semua, tentu kamu penasaran dengan harganya. Nah harga dari gultik atau gulai tikungan ini cukup murah loh, hanya 15.000 an saja untuk satu porsi.

7. Roker lampung

Gambar roker lampung yang sudah siap saji
Sumber: Instagrma @rinivanda

Roker lampung adalah makanan khas Lampung yang unik, lezat dan banyak digemari banyak orang. Sekilas roker lampung ini memiliki rupa yang sama seperti roti tawar. Namun untuk soal rasa dan tekstur roti tawar lebih empuk dan lembut sedangkan roker lampung bertekstur renyah dan kriuk. Roker ini sejenis kue kering yang memiliki cita rasa yang recommended.

Roker Lampung ini memiliki beberapa varian rasa loh yang bisa membuat kamu ketagihan saat menyantap nya. Varian rasa yang terdapat pada roker lamping ini terdiri dari varian original, kacang tanah, coklat, keju, kacang Mede dan almond. Roker Lampung ini cocok dijadikan sebagai cemilan ditemani dengan secangkir kopi hangat atau secangkir teh hangat.

Wah, pasti kamu penasaran kan apa sih kelebihan roker Lampung ini? Jadi kelebihan roker Lampung ini adalah rasa renyah, gurih, manis tapi dijamin gak bakal bikin enek. Kemudian garing tapi tidak keras. Intinya maknyuss deh.

Nah terlepas dari itu semua, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak tahu menahu soal harganya. Nah untuk harga roker Lampung ini berbeda beda loh tergantung varian rasa yang diinginkan. Harga untuk varian original senilai 15.000 varian keju senilai 18.000 dan varian rasa coklat senilai 21.000. nah loh, tunggu apalagi.

8. Bakso big lava

Gambar bakso big yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Instagrma @lampuung

Hmmm, siapa nih pecinta bakso?. Udah pernah coba bakso big lava?. Nah, bakso big lava ini adalah kuliner khas Lampung yang menjadi salah satu kuliner terfavorit di kalangan masyarakat Lampung bahkan dari daerah lain. Sesuai dengan namanya, bakso big lava ini memiliki ukuran besar beratnya mencapai 1 kg lebih. Wow, keren banget gak sih?.

Untuk jenis bakso yang satu ini, memiliki isian berupa Sambal merah yang meleleh baikan lava, dengan isian telur puyuh, dan ditemani dengan bakso kecil yang disajikan diatas hotplate. Sensasi nya saat bakso di siram dan di belah, hmmm keren sekali guys. Bakso big lava ini sebenarnya porsi 4 orang tapi kalau kamu jago makan, bisa kok dijadikan jadi porsi sendiri atau berdua juga boleh.

Mungkin kalau kamu lagi menjalankan usaha untuk diet dijamin bakal gak tahan dan gagal deh kalau kamu sudah tahu fakta unik dan menarik dari bakso big lava ini. Baksonya enak banget, dibuat dari daging sapi fresh dengan sambal lava yang pedas tapi gurih yang bikin nagih.

Nah, setelah tau cerita unik dan menarik dari bakso big lava ini, tentu kamu juga sangat penasaran dengan harganya karena gak sabar untuk langsung mencobanya. Nah untuk harga bakso big lava ini sangat bersahabat sama isi kantung kamu mungkin walaupun tidak, pasti kamu gak mau ketinggalan untuk membeli bakso unik satu ini.

Harga bakso ini mencakup harga sebesar 120.000. hmm ternyata cukup mahal ya, namun kalau dilihat kualitas baksonya tentu sangat sesuai dong. Jadi tunggu apalagi buruan beli. Kamu bisa membeli bakso big lava ini di jl. Pulau Legundi (samping bank BRI) Sukarame-bandar lampung.

9. Keripik pisang khas Lampung

Gambar keripik pisang epe yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @manda_oleh2

Tentu hal yang tidak mungkin dong kalau kamu belum pernah mencoba keripik pisang, karena kripik pisang ini sangat umum dan banyak dijual Dimana mana. Tapi kamu sudah pernah mencoba keripik pisang khas Lampung belum?

Kalau belum kamu harus tau dulu fakta menarik dari keripik khas Lampung ini. Keripik pisang khas Lampung ini berbeda dari keripik pisang khas daerah lain karena pisang yang digunakan untuk membuat keripik pisang khas Lampung ini adalah pisang kepok.

Selain itu, keripik pisang khas Lampung ini juga memiliki banyak varian rasa loh, jadi gak bosan menikmati satu varian Saja. Nah, untuk beberapa jenis varian keripik pisang yang satu ini terdiri dari varian rasa coklat, asin, manis, dan strawberry. Hmm, bikin makin penasaran kan?.

Nah supaya rasa penasaran kamu itu tidak berlanjut lanjut, ada baiknya kamu langsung beli keripik pisang khas Lampung ini karena harganya juga terjangkau. Untuk harga setiap varian itu sama, mulai dari harga 10.000 per pack. Wow, sangat murah sekali bukan. Jadi buruan beli keripik unik ala suku Lampung ini.

10. Kicca

Kicca ini adalah makanan atau kudapan lezat khas Lampung saibatin. Kicca ini sering disajikan dalam tradisi panen padi atau buka lahan berladang di masyarakat lampung barat sejak lama. Sajian Kicca ini berupa ketan atau siwok yang ditanak dengan panduan kelapa parut dan gula aren terbaik ditambah dengan durian sebagai topping nya.

11. Nasi uduk Toha

Gambar nasi uduk toha
Sumber: Facebook @astra Honda care

Ada yang suka makan nasi uduk? Nah kalau kamu sedang berada di Lampung, jangan lupa untuk mencoba nasi uduk Toha yang warganya hampir setiap hari menikmatinya. Namanya Nasi uduk Toha , nasi uduk Toha ini merupakan kuliner yang sudah melegendaris khas suku Lampung.

Bagi warga bandar Lampung, pasti sudah tidak asing dengan hidangan nasi uduk Toha ini. Nasi uduk Toha ini sudah menjadi pilihan spesial sebagai santapan di sore hari maupun di malam hari. Nasi uduk Toha ini terkenal akan cita rasa yang gurih serta nikmat.

Selain itu nasi uduk Toha ini sangat terkenal dengan aromanya yang harum dan pendamping ayam goreng , tempe, tahu dan lain sebagainya yang enak banget. Nah buat kamu yang penasaran sama harganya, yuk cari tahu. Jadi harga dari nasi uduk Toha ini sangat murah dan hemat loh mulai dari harga 5.000-10.000 per porsi. Hmm murah banget gak tuh.

Jadi jangan sampai ketinggalan ya. Nah dari beberapa jenis kuliner ini tentu ada yang membuat kamu ngiler dan tidak sabar ingin mencobanya. Jangankan satu mungkin semua makanan khas suku ini berhasil membuat kamu gak sabar untuk mencoba nya.

Jadi jangan bilang kamu pernah berkunjung ke suku Lampung dengan kisah kasih yang kamu alami sepanjang hari, kalau kau belum mencoba makanan khas suku Lampung ini dan membawa nya. Terutama buat kamu yang suka makanan pedas, manis, gurih dan renyah wajib banget mencobanya.

Baca Juga: Makanan khas Kupang yang unik dan lezat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja