Gambar makanan khas lombok

10 Makanan Khas Lombok yang Unik dan Lezat

Share with

Makanan khas Lombok adalah salah satu wisata kuliner yang banyak sekali diincar oleh wisatawan lokal maupun asing. Pesona Lombok, Nusa tenggara barat memang tidak ada habisnya untuk dinikmati mulai dari wisata laut, pegunungan maupun pulau. Bukan hanya itu saja, tapi wisata kuliner dari kota Lombok tidak kalah populer akan kelezatannya yang bisa memanjakan lidah kamu.

Makanan khas Lombok ini tidak hanya populer di kota Lombok saja loh, akan tetapi sudah sampai ke seluruh Indonesia. Mendengar soal kota Lombok, tentu Sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Lombok Merupakan tempat wisata halal terbaik dan kamu tahu tidak kalau Lombok pernah dinobatkan sebagai tempat wisata halal terbaik dalam ajang internasional world halal travel awards 2015, Wow mantap sekali bukan?

Seperti yang kita ketahui kalau Lombok ini tidak hanya istimewa karena wisata alam nya yang halal yang memanjakan mata, tetapi juga wisata kuliner yang memanjakan lidah. Jadi buat kamu yang food lovers harus banget nih datang ke kota Lombok untuk menjajal hidangan istimewa dari Lombok.

Nah daripada penasaran, yuk kita kupas satu persatu jenis makanan khas dari Lombok secara detail. Supaya saat kamu berlibur ke Lombok tidak ketinggalan untuk mencoba berbagai kuliner khas Lombok.

Berikut 10 Makanan Khas Lombok yang Unik dan Lezat untuk Dicoba

1. Ayam Taliwang

Gambar Ayam taliwang yang merupakan makanan khas lombok yang lezat
Sumber: Facebook @resep dan makanan khas Lombok

Ayam Taliwang adalah salah satu jenis makanan khas dari Lombok yang sangat banyak diincar masyarakat. Ayam taliwang ini sudah sejak lama menjadi kuliner khas lombok dan sekarang semakin terkenal seantero Indonesia. Ayam taliwang ini merupakan makanan berbahan dasar ayam utuh yang dibumbui rempah pedas khas lombok. Biasanya, cara masaknya dibakar atau digoreng dengan sambal sambalan.

Untuk tahap pembuatan nya juga cukup mudah, dan bahan bumbunya juga sangat umum. Jadi mudah ditemukan.Sepintas Jika dilihat dari tampilan nya, menu makanan ini mirip seperti ayam bakar pada umumnya. Namun perbedaannya adalah dari jenis ayam yang dipilih untuk dijadikan bahan ayam Taliwang ini. Untuk pengolahan Ayam taliwang ini masyarakat mempergunakan ayam kampung yang masih usia 3 sampai 4 bulan.

Ayam Taliwang ini memiliki cita rasa lezat, gurih dan pedas manis. Selain itu, yang menjadi dasar keunikan pada makanan khas Lombok yang satu ini yakni karena jenis ayamnya. Nah, buat kamu yang ingin mencoba menu ayam yang beda dari biasanya, kamu bisa menjajalnya langsung ke Lombok Nusa tenggara Barat. Kamu bisa menikmati hidangan ini di Batujai, Lombok tengah.

Untuk soal harga, ayam Taliwang ini cukup bersahabat dengan isi dompet kamu. Harganya mulai dari harga 22.000-25.000 an saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati ayam Taliwang ini.

2. Plecing kangkung

Gambar Plecing kanggung yang sedap untuk dikonsumsi
Sumber: Facebook @esep aneka jajan pasar

Plecing Kangkung adalah masakan khas Indonesia yang berasal dari Lombok. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau plecing kangkung ini terbuat dari kangkung. Nah untuk pengolahan kangkung yang satu ini yakni dengan cara direbus dan disajikan dalam keadaan dingin dan segar.

Plecing kangkung ini akan semakin lezat dengan campuran sambal tomat yang dibuat dari cabe rawit, garam, terasi dan tomat dan kadangkala diberi tetesan jeruk limau. Plecing kangkung ini biasanya dihidangkan sebagai pendamping ayam Taliwang.

Plecing kangkung biasanya disajikan dengan tambahan sayuran seperti toge kacang panjang, kacang tanah goreng ataupun urap. Jadi, buat kamu yang ingin mencicipi olahan kangkung yang tidak biasa, kamu harus banget mencoba plecing kangkung ini.

Hmmm, tidak kebayangkan gimana lezatnya setelah kamu tahu fakta unik dan menarik dari plecing kangkung ini ditambah lagi sambal tomat yang begitu gurih dan pedas. Jadi buat kamu yang penasaran dengan cita rasa plecing kangkung ini, kamu bisa mengolahnya sendiri dirumah karena tahap pembuatan nya cukup mudah dan bumbunya juga sangat sederhana. Tapi, jika kamu tidak ada waktu yang pas untuk membuatnya dan tidak bisa langsung ke Lombok untuk menjajalnya, kamu juga bisa membeli plecing kangkung ini.

Untuk soal harga, plecing kangkung ini sangat murah lho dan dijamin kamu tidak bakal nyesel. Harganya mulai dari harga 5.000 an saja per porsi. Wow murah sekali bukan?. Kamu bisa dapatkannya di salah satu rumah makan di desa Donggobolo, pulau Sumbawa, Nusa tenggara Barat

3. Nasi Balap Puyung

Gambar nasi puyung yang enak dan rasanya sangat gurih
Sumber: Instagram @William sikokoembul Madura

Kamu pernah tidak sih mencoba nasi balap puyung? Nasi balap puyung ini merupakan salah satu kuliner khas lombok yang sangat populer bahkan sudah mendunia. Nasi balap puyung ini memang terlihat biasa, namun kalau soal rasa jangan salah.

Nasi balap puyung ini terdiri dari seporsi nasi putih ditambah dengan suwiran daging ayam dengan bumbu pedas kedelai goreng ditambah sambal khas yang disajikan diatas daun pisang, tidak lupa kentang goreng, telur pindang, dan lawar kacang.

Nasi balap puyung ini ada pilihan lain loh, yakni hanya hidangan nasi puyung, nasi puyung extra telur, nasi puyung bebek dan telur, nasi puyung komplit (nasi putih, lawar kacang, telur pindang, ayam bumbu merah,kentang goreng, kacang kedelai goreng), bebek mercon, bebek dan telur.

Menikmati Nasi balap puyung ini menjadi kesempatan langka dan terbaik bagi kamu. Karena cita rasanya yang begitu pedas dan kaya akan bumbu dan rempah pilihan yang membuat rasa nikmat tiada tara dari nasi balap puyung ini.

Nah, untuk soal harga nasi balap puyung ini berbeda beda tapi cukup murah loh tergantung pilihan selera kamu. Nah untuk harga originalnya mulai dari 12.000-25.000 an saja loh. Kamu kan sudah tau kalau nasi balap puyung ini terdiri dari beberapa jenis pilihan dan harganya tentu berbeda.

Nah untuk harga pilihan nasi puyung saja senilai 12.000. jika nasi puyung extra telur senilai 15.000. untuk nasi puyung bebek mercon senilai 20.000. untuk nasi puyung bebek ditambah telur senilai 23.000. nah untuk harga pilihan nasi komplit senilai 25.000 saja. Dengan harga yang sangat bersahabat dengan kantung kamu, Jadi kamu mau mencoba pilihan yang mana?

4. Sayur Ares

Gambar sayur ares yang merupakan makanan khas tradisional lombok timur.
Sumber: Facebook @Aris priyandoko

Makan buah pisang tentu sudah hal biasa buat lidah kamu. Tapi kalau makan makanan yang berasal dari pohon pisang? Bagaimana? Apakah kau sudah pernah? Nah kalau belum pernah, kamu wajib tahu fakta menarik dari kuliner tradisional khas dari Lombok yang satu ini. Di Lombok ternyata ada makanan khas yang terbuat dari pohon pisang loh. Nama makanan ini adalah sayur Ares.

Sayur Ares merupakan salah satu kuliner tradisional khas lombok timur. Sayur Ares ini berbahan dasar pelepah atau gedebok pisang yang masih muda dengan bumbu rempah istimewa. Untuk soal cita rasa, masakan ini memiliki rasa yang cukup unik, gurih, dan manis karena diracik dengan santan.

Biasanya, sayur Ares ini hanya bisa ditemui ketika ada acara acara tertentu seperti upacara adat tertentu dan acara hajatan di Lombok. Namun bagi sebagian besar masyarakat menganggap kalau pelepah pisang ini tidak berguna.

Tapi bagi masyarakat di Lombok, pelepah pisang ini diolah menjadi sayur yang nikmat dan lezat. Tapi kamu jangan salah. Untuk membuat sayur Ares ini jenis pohon pisang yang digunakan bukan pisang sembarangan loh. Jadi jenis pisang yang digunakan yaitu pisang kepok dan pisang batu.

Untuk sekarang, Sayur ares ini banyak ditemui di warung-warung biasa sebagai makanan sehari-hari. jika kamu jalan di seputaran Lombok, ada banyak warung makan yang menjual sayur ares ini. Untuk soal harga, sayur Ares ini cukup murah loh. Untuk harga per porsi kamu cukup mengeluarkan uang sebanyak 15.000 saja.

5. Sate Bulayak

Gambar sate bulayak
Sumber: Instagram @Lombok hemat

Sate merupakan salah satu kuliner yang sangat favorit di Indonesia. Kita tahu bahwa makanan yang identik dengan tusukan ini dapat ditemui di seluruh pelosok Nusantara. Sama halnya ketika kamu berkunjung ke Lombok, Nusa tenggara Barat.Kalau ke Lombok, gak mantap kalau gak makan sate bulayak. Sate bulayak adalah makanan khas dari Lombok.

Bumbu sate bulayak ini gurih dan tidak terlalu pedas. Kalau soal rasa tidak perlu diragukan lagi deh, pastinya bikin kamu ketagihan. Sate bulayak ini beda dari sate Yang lain. Yang membuat sate bulayak ini berbeda dari sate yang biasa kamu temui yaitu dari cita rasa yang khas pada sate ini. Cita rasa yang khas pada sate ini adalah Bulayak, lontong yang dililit dengan daun aren dan daun enau.

Sate bulayak ini bukan hanya sekedar rasa nya saja yang unik dan lezat tapi juga bentuknya. Bulayak ini berukuran kecil dan beda dari bentuk lontong biasanya. Cara melilitkannya juga unik.Sate bulayak ini bisa kamu temukan di jalan Udayana, Mataram, Lombok. Untuk harga dari sate bulayak ini cukup murah loh. Mulai dari harga 25.000 per porsi.

Baca Juga: Makanan Khas Banjarnegara yang Unik dan Lezat

6. Bebalung

Gambar bebalung yang sudah siap saji
Sumber: Facebook @Pulau Lombok

Bebalung adalah kuliner khas dari lombok. Bebalung ini juga sering disebut tulang belulang karena bahan yang digunakan dari tulang. Bebalung ini terbuat dari tulang iga sapi atau kerbau yang dicampur dengan racikan bumbu yang terdiri dari cabe rawit bawang putih bawang merah lengkuas dan kunyit ditambah jahe jadi rasanya enak banget dan dijamin pasti bakal nagih.Bebalung ini sangat nikmat disantap pada saat masih hangat.

Saat memakan Bebalung ini, kamu tidak hanya dapat cita rasa yang enak saja loh tapi juga tenaga extra. Hmmm, enak gak tuh. Sepintas Bebalung ini mirip seperti gulai atau Soto daging. Bedanya cuman dari racikan bumbu dan rempah pilihannya.

Nah untuk proses pengolahan Bebalung ini cukup mudah. Tapi sebelum diolah, daging sapinya harus dibersihkan dulu, dan iga sapi yang digunakan harus lebih muda karena tekstur daging nya lebih lembut jadi mudah untuk diolah dan empuk untuk disantap.

Bumbu Yang diracik untuk mengolah Bebalung ini terdiri dari rempah pilihan yaitu lengkuas, kunyit, dan air rendaman asap. Selain menciptakan cita rasa yang segar, bumbu rempah pilihan ini juga dipilih agar bisa membuat makanan menjadi tahan lama. Lamanya proses memasak bebalung ini mulai dari 30-60 menit saja loh.

Harga Bebalung ini tidak jauh dari keistimewaan rasa yang dimilikinya. Harga Bebalung ini mulai dari 30.000 saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati cita rasa yang begitu enak dari Bebalung ini.

7. Beberuk Terong

Beberuk terong
Sumber: Instagram @RickySulaiman07

Beberuk terong merupakan makanan khas asal lombok. Beberuk terong ini merupakan lalapan terong dan kacang panjang dengan sambal tomat yang terdiri dari bawang merah bawang putih cabai merah, tomat segar, dan minyak kelapa. Beberuk ini biasanya disajikan dengan nasi hangat dan lauk pauk lainnya. Untuk tahap pembuatan beberuk terong ini tergolong sangat mudah loh dan bahan bahannya juga tidak asing berada di dapur kamu.

Nah, yang membuat beberuk terong ini unik dan beda dari olahan terong lainnya yaitu beberuk terong ini disajikan kalau beberuk terong ini disajikan atau dimakan mentah. Loh, kok bisa? Jadi makin penasaran kan.
Ya, kita tahu kalau ada terong bulat yang mentah, hampir tidak pernah dimakan kalau tidak dimasak terlebih dahulu. Untuk itu daripada kamu penasaran, mending kamu coba langsung deh.

Untuk bisa menjajal beberuk terong ini, Kamu tidak perlu susah payah untuk menemukan rumah makan yang menyajikan beberuk terong ini. Di setiap warung makan yang menyediakan ayam taliwang pasti menjual beberuk juga.

Nah buat kamu yang penasaran akan cita rasa beberuk terong, kamu bisa menjajalnya langsung ke Lombok, tapi jika kamu belum ada waktu untuk berkunjung ke Lombok, kamu juga bisa membuatnya sendiri di rumah atau tidak kamu juga bisa membelinya dengan harga yang cukup murah. Berbicara mengenai harga, untuk harga beberuk terong ini hanya 30.000 an saja loh. Dengan harga segitu kamu sudah puas menjajal kelezatan dari cita rasa dari beberuk terong ini.

8. Sate Tanjung

Gambar sate tanjung yang merupakan salah satu makanan khas lombok
Sumber: Facebook @budin sate

Telah kita sadari, kalau di Indonesia sate adalah salah satu kuliner terfavorit di kalangan anak-anak, muda mudi bahkan orang tua. Nah salah satunya adalah sate Tanjung. Sate Tanjung ini adalah salah satu kuliner khas dari Lombok. Untuk sate Tanjung ini terbuat ikan cakalang atau Langoan.

Bentuk dari sate Tanjung ini juga sangat unik dan beda dari yang lain loh. Nah untuk sate ini dibuat dengan cara dililit atau dibungkus pakai daun aren sehingga bentuknya berbeda dari yang lain. Yang membedakan sate tanjung dengan sate yang lain yaitu kalau untuk sate tanjung ini tidak pakai bumbu luaran seperti sate ayam memakai bumbu kacang.

Walaupun sate Tanjung ini tidak pakai bumbu luaran, tapi cita rasanya tidak kalah jauh loh. Akibat perpaduan antara rasa pedas dengan daging ikan yang empuk membuat banyak orang yang ketagihan untuk mencicipinya.

Cita rasa dari sate Tanjung ini begitu melekat di lidah saat kamu mencobanya karena bumbunya cukup tebal, pedas, asin, dan gurih. Selain itu, ada juga loh yang berbentuk pepes dan sangat cocok dinikmati dengan hidangan nasi hangat. Kuliner satu ini sangat cocok buat kamu yang spicy food lovers.

Nah untuk soal harga dari sate Tanjung ini kamu pasti terkejut. Ya, karena harga sangat bersahabat sekali loh dengan isi dompet kamu. Nah untuk harga originalnya mulai dari harga 8.000 per 10 tusuk. Kebayang gak sih dengan harga segitu kamu sudah bisa menikmati sate Tanjung yang tidak biasa ini.

9. Sate Rembiga

Gambar Sate rembiga
Sumber: Instagram @eatineraryid

Setiap menu pasti punya cita rasa tersendiri. Begitu juga dengan menu yang satu ini yaitu Sate rembiga. Sate rembiga ini merupakan salah satu makanan khas lombok. Untuk soal rasa, sate rembiga ini memiliki rasa yang manis dan gurih begitu masuk kedalam mulut, dan semakin pedas ketika dikunyah.wow unik sekali bukan?. Nah, itulah salah satu keunikan akan cita rasa sate rembiga.

Selain disebut sebagai Sate rembiga, ada juga loh nama lainnya yaitu goyang lidah namanya. Kalau Rembiga itu merupakan nama daerah pembuat sate tersebut. Sate rembiga ini adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang empuk. Sate Rembiga ini sangat terkenal akan tahap pembuatan nya yang sangat rumit.

Tahapnya dibilang rumit karena proses membumbuinya menguras waktu selama 6 jam. Hmmm, kebayang gak sih mengolah sate sampai 6 jam. Waktu yang cukup lama bukan?. Jadi tidak heran dong jika cinta rasanya begitu gurih dan lezat.

Setelah kamu tahu fakta unik dari sate rembiga ini tentu penasaran kan harga dari sate ini. Untuk soal harga, ternyata harga dari sate Rembiga ini tergolong murah loh. Untuk harga dari sate Rembiga dari daging sapi harganya hanya 28.000 per 7 tusuk atau dengan kata lain 4.000 per tusuk. Wow, murah banget gak tuh Saat kamu tahu proses pengolahan dan racikan bumbunya.

Harga dan kualitas Nya seimbang. Kamu bisa dapatkan sate rembiga ini di jl. Rajawali concat setelah Top40 kalau dari selatan. Nah, kalau kamu lagi gak mood bepergian, kamu bisa pesan langsung melalui gofood atau grabfood.

10. Kelaq Batih

Gambar Kelaq Baith yang merupakan makanan khas dari lombok
Sumber: Facebook @Mataramstore

Kelaq batih ini merupakan makanan khas Lombok. Kelaq batih ini adalah kuliner yang berbahan dasar biji buncis yang sudah tua dan dicampur dengan daun singkong muda serta diolah dengan bumbu-bumbu rempah pilihan atau mereka sering menyebutnya ragi beleq.

Ragi beleq ini terdiri dari merica, ketumbar, jahe, lengkuas, sedikit kencur, cengkeh, cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, garam, dan penyedap. Kekhasan rasa dari kelaq batih terletak pada bumbu rempah-rempah yang digunakan.

Untuk cara memasak kelaq batih ini cukup gampang loh, yaitu dengan merebus biji buncis yang sudah tua sampai empuk. Kemudian Masukkan bumbu yang terlebih dahulu sudah ditumis.

Untuk menumis bumbu sebaiknya kamu menggunakan minyak kelapa supaya aroma dan rasanya terasa lebih enak dan nikmat. Selanjutnya, masukkan daun singkong. Lalu tunggu hingga daun singkong matang, kemudian hidangkan bersama dengan nasi hangat.

Itu lah beberapa makanan khas asal lombok yang sangat menarik dan memanjakan lidah. Nikmat mana yang tidak menggoyahkan lidah kamu?. Menikmati kuliner sambil melihat keindahan alam di Lombok memang sangat diinginkan masyarakat. Kesempatan hanya datang sekali loh, jangan sampai kelupaan menyantap hidangan spesial dari Lombok ini.

Baca Juga: Makanan khas Batak Toba yang Unik dan Lezat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja