gambar makanan khas luwu

10 Makanan Khas Luwu yang Enak dan Menarik Dicoba

Share with

Makanan khas luwu adalah makanan yang diracik khusus oleh masyarakat setempat menjadi hidangan spesial. Hasil racikan masyarakat Luwu tersebut menghasilkan hidangan istimewa yang mengandung beragam cita rasa di dalamnya mulai dari rasa manis, pedas, asam, asin, gurih, dan pastinya lezat.

Selain cita rasa yang beragam, bentuknya juga tidak kalah beragam loh. Bentuk kuliner khas luwu ini sangat terkenal akan keunikannya dan berbeda dari yang lain. Luwu ini sama seperti kota lain di Indonesia, yang tidak hanya terkenal akan makanan khas nya saja tetapi tradisi dan yang lebih utama adalah keindahan alamnya. Nah, untuk menjadikan kenikmatan yang double pada saat menikmati keindahan alam disana, tentu akan lebih nikmat ditemani beberapa hidangan makanan khas kota luwu tersebut.

Nah, ada berikut 10 jenis makanan khas luwu yang sangat cocok untuk menemani hari hari mu sambil menikmati keindahan alam disana.

1. Pisang epe

Gambar pisangn epe yang merupakan makanan khas Luwu
Sumber: Instagram @ngemil_lucu

Yang pertama adalah Pisang epe. Pisang epe ini merupakan makanan khas luwu yang sangat nikmat disantap sambil bersantai. Kuliner ini sangat cocok menemani kamu sambil berwisata. Sesuai dengan namanya, pisang epe ini dibuat dari bahan dasar pisang.

Dan jenis pisang yang digunakan tidak sembarangan pisang loh. Biasanya masyarakat luwu membuat pisang epe ini dengan menggunakan jenis pisang kepok. Tidak hanya di luwu saja, ternyata kuliner pisang epe ini juga ada loh di beberapa daerah lain, seperti di Makassar juga ternyata kuliner ini tersedia.

Tahap membuat pisang ini tergolong mudah dan praktis loh yang mana Pisang epe ini dibuat dengan menggunakan teknik membakar. Dimana pisang kepok ini dibakar diatas arang kemudian dijepit, nah untuk toppingnya ada bermacam macam varian sesuai selera.

Nah untuk varian original pakai gula merah dan ada juga pakai durian bahkan pakai coklat keju. Selain itu ada juga loh yang membuat pisang epe milo keju susu yang cita rasanya sangat melejit di lidah kamu. Tastenya manis dan teman cemilan sore yang pas.

Nah buat kamu yang ingin berkunjung ke kabupaten luwu, boleh banget mampir singgah menikmati pisang epe khas luwu ini. Untuk bisa menikmati pisang epe ini kamu tidak perlu khawatir soal harga, karena harganya cukup murah dan hemat loh. Harga pisang epe ini mulai dari harga 13.000-15.000 an saja untuk satu porsi.

2. Mie titi

Mie titi merupakan makanan khas luwu yang banyak diminati beragai orang
Sumber: Instagram @kulinerpku

Untuk jenis makanan yang satu ini adalah olahan dari mie jadi mie. Mie ini sangat unik loh? Hah? Unik dari mananya. Nah, mie ini adalah mie kuah tapi mie nya kriuk kriuk. Sangat unik bukan?. Di kabupaten luwu lebih familiar dengan nama Mie titi.

Mie titi ini sudah menjadi salah satu makanan khas kabupaten luwu yang sangat direkomendasikan dan salah satu makanan pilihan yang wajib kamu coba ketika berada disana. Jika dilihat dari namanya tentu kita sudah tau kuliner ini dibuat dari bahan apa yaitu mie.jenis mie yang digunakan adalah mie kecil dan tipis yang jika digoreng akan menjadi renyah dan kriuk kriuk.

Bentuk mie titi ini mirip dengan ifumie, namun mie nya lebih kecil kecil. Kuahnya kental, aroma bumbunya wangi dan rasanya sedikit asin tapi gak ke asinan. Ada juga loh potongan bakso dan daging ayam yang memiliki tekstur lembut. hmm, enak banget gak tuh?

Jadi buat kamu penggemar mie, sangat amat wajib sekali mencoba mie titi yang unik dan khas ini. Kapan lagi coba untuk kamu bisa menikmati mie kriuk kriuk ini.

3. Kapurung

Gambar kapurung yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @mamaetty

Kapurung ini merupakan salah satu makanan khas tradisional Sulawesi selatan tepatnya di daerah luwu. mengapa luwu? Karena sumber bahan bakunya sangat mudah ditemukan di daerah luwu. Usut punya usut ternyata, kuliner kapurung ini masih ‘jago kandang’ atau belum menasional.

Kuliner ini belum popular bukan karena cita rasanya yang kurang enak, tapi karena adanya beberapa hal yang melatar belakanginya sehingga kapurung ini tidak terlalu se populer kuliner khas luwu yang lainnya. Nah, untuk membuktikan cita rasanya yang sesungguhnya, yuk simak fakta unik lain dari kapurung ini. Kuliner kapurung ini terbuat dari sari batang pohon sagu.

Pohon sagu diambil batangnya kemudian diproses hingga menghasilkan tepung. Nah, mungkin terlintas dipikiran kamu, mengapa tidak langsung memakai tepung sagu kemasan kan lebih simple?. Nah penggunaan tepung sagu yang diolah langsung oleh masyarakat luwu akan lebih terasa nikmat karena hasil olahan sendiri.

Selain itu, kapurung ini juga dimasak dengan campuran ikan atau bisa juga daging ayam dan beraneka ragam jenis sayuran. Biasa nya menggunakan daun bayam, kacang panjang, jantung pisang, atau bisa juga jenis sayur sesuai selera kamu.

Nah, ternyata kapurung ini tidak hanya memberikan kandungan cita rasa yang enak saja loh, tetapi juga terdapat kandungan gizi yang dapat menjaga stamina tubuh karena makanannya terdiri dari beberapa jenis sayuran dan ikan juga. Jadi buat kamu yang penasaran akan cita rasa dari kuliner kapurung ini, kamu wajib sekali mencobanya.

Untuk bisa mencobanya so pasti kamu harus ke daerah luwu dong, atau tidak kamu juga bisa membelinya dengan harga yang cukup murah dan dijamin tidak bakal menyesal. Nah untuk harga dari kapurung ini hanya 17.000 untuk satu porsi besar. Wah, satu porsi besar tentu bisa langsung puas dong.

4. Jalangkote

Gambar jalang kote yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @junaidi3101

Jalangkote ini adalah salah satu makanan khas daerah luwu yang juga ada di beberapa daerah lainnya. Nah sekilas bentuk dari jalangkote khas luwu ini mirip dengan pastel. Namun bedanya, jika jalangkote ini memiliki kulit yang cukup tipis dan dimakan dengan Lombok yang khas.

Nah, dikarenakan kulitnya yang tipis inilah yang menjadi ciri khas dari jalangkote ini dan menjadi pembeda utama dengan pastel. Selain itu, isi dari jalangkota ini juga lebih bervariasi dan biasanya jalangkote ini juga sangat nikmat jika disantap dengan olesan sambal khas luwu.

Kalau biasanya pastel dimakan dengan cabe rawit dan sambal kacang saja, sedangkan jalangkote ini menggunakan sambal cair dari campuran cabe dan cuka. Kuliner jalangkote ini terbuat dari bahan dasar yakni tepung terigu, telur, santa, mentega, dan garam sehingga memberikan sensasi rasa yang jauh lebih garing.

Kemudian untuk variasi isi dari jalangkote ini terdiri dari wortel, kentang, tauge, bahkan ada yang menggunakan daging kuda, karena itu tergantung selera dari setiap pembuatnya. Nah, sebelum kamu menjajal kenikmatan dari jalangkote ini, kamu harus tahu dulu arti dari nama kuliner ini.

Jadi nama jalangkote Ini berasal dari dua kata yakni jalang dan kote yang dimana arti dari kata jalang adalah jalan dan kota atau berkotek kotek artinya berteriak . karena jajanan ini pada zaman dahulu bahkan sampai sekarang dijual dengan cara berjalan kaki sambil berteriak menjajakan kuliner khas ini. Wow, ternyata jalangkote Ini juga ada filosofinya ya.

Nah, untuk kamu yang ingin mencicipinya, kamu jangan ragu dan takut. Karena untuk bisa memiliki kuliner jalangkote ini kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 4000 saja untuk satu pcs. Murahkan?

5. Buras

Buras merupakan makan yang banyak diminati beragai kalangan orang dan makanan ini adalah makanan khas luwu
Sumber: Inatagram @kulinerta

Buras ini merupakan salah satu kuliner khas luwu yang sangat melejit di lidah. Tahap pembuatan buras ini cukup lama loh. Untuk bisa mendapatkan hasilnya, bisa menguras waktu kira kira 3-6 jam. Namun dibalik waktu yang dibutuhkan cukup lama itu, tentu ada hasil yang tidak mengecewakan.

Selain waktu lama yang dibutuhkan, tetapi kamu juga butuh kesabaran dalam mengolahnya. Kaena tahap membuat buras ini tergolong rumit. Buras ini dibuat dari beras, pulut putih, santan kental, daun pandan, dan daun salam.

Nah, buras ini dibentuk kayak lontong yang dibungkus dengan daun pisang. Aroma wanginya sangat terasa. Buras ini sangat cocok menemani hidangan yang berkuah. Untuk Harga sebesar 4.000 hingga 5.000 ini sudah bisa membuat kamu menyantap buras khas luwu ini.

Walaupun hanya berbahan dasar beras, namu cita rasa yang terkandung tidak biasa tampilannya. Kadang yang terlihat biasa, terdapat kandungan rasa yang luar biasa.

Baca Juga: Makanan khas sumbawa yang unik dan lezat

6. Coto Makassar

Gambar cotto makassar yang sudah siap untuk dikonsumsi
Sumber: Instagram @goestiwijoyo

Salah satu rekomendasi coco enak nih. Namanya coto Makassar. Nah coto Makassar ini juga merupakan salah satu kuliner khas dari luwu. Meski namanya Makassar, tetapi bukan berarti hanya makanan khas Makassar saja dong.

Nah, coto Makassar dibuat dengan bahan dasar dari daging sapi, air cucian beras yang kedua atau yang ketiga kali, serai, daun salam, daun jeruk purut, kayu manis, bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, pala, jahe, cabe merah, lengkuas muda dan minyak secukupnya.

Coto Makassar ini adalah biasanya dinikmati didampingi dengan buras atau burasa sehingga rasanya makin naik level. Nah untuk kamu yang ingin mewujudkan impian kamu untuk mencicipi Coto Makassar ini, kamu bisa kok membuatnya sendiri.

Nah, jika niat kamu membuatnya belum penuh kamu masih bisa loh menyantapnya dengan membelinya. Nah harga dari Coto Makassar ini cukup murah loh hanya 18.000 an saja untuk satu porsinya.

7. Sop Korno

Gambar sop korno yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @hendrikpyong

Nah, untuk kuliner satu ini yaitu bergenre kuah kuahan. Namanya SOP konro. Sop konro ini merupakan salah satu makanan khas luwu yang banyak dikata para masyarakat bahwa kalau SOP konro ini memiliki cita rasa yang gak masuk akal.

Nah kok bisa? Ya tentu kalau sudah masuk dalam mulut, dijamin bakal nagih. Nah sop konro ini dibuat dengan bahan dari tulang sapi ( terserah mau bagian mana saja) ditambahkan dengan bumbu bumbu rempah pilihan.

Sop konro adalah salah satu hidangan yang wajib sekali dihidangkan warga saat ada hajatan, pernikahan, atau pesta adat lain nya yang berasal dari luwu. Warga luwu sendiri mempunyai ritual khusus untuk membuat sop konro dari mulai proses pembuatan kuah pallu konro yang khas terletak pada kacang merah (campe) yang di masak hingga lunak lalu dihaluskan kemudian dicampurkan ke dalam kuah.

Bahan inilah yang membuat kuah pallu konro menjadi agak kental dan khas. Selain cempe penambahan ketumbar memperkuat rasa dan keluak yg bertujuan memberi warna pada kuah pallu konro yg di adopsi dari bumbu masakan pallu kaloa.

Bedanya pada pallu kaloa, tidak menggunakan kayu manis, cengkeh & adas. Nah untuk dijadikan sebagai hiasan pendamping SOP konro ini bisa di beri taburan bawang goreng, kerupuk emping perasan jeruk nipis dan sambal sesuai selera. Nah, dari tahap membuat dan cita rasa sampai penghidangan khusus dari SOP konro ini tentu kita sudah tau kira kira sebesar berapa harga dari kuliner khas luwu yang satu ini.

Tentu kualitas tidak beda jauh dong dengan harga. Jadi untuk harga dari SOP konro ini terbilang mahal untuk harga SOP pada umumnya yakni mulai dari harga 30.000 – 50.000 untuk satu porsi lengkap.

8. Dange

Dange adalah kuliner khas luwu yang dibuat dari sagu yang dibakar. Nah, dange ini merupakan salah satu kuliner khas luwu yang tahap membuatnya sangat sederhana dan lokal. Mengapa melokal? Ya karena dange ini dibakar dengan cetakan tanah liat berbentuk kotak-kotak atau sering disebut tungku.

Cetakan ditaruh di atas tungku yang sudah dimasukkan bakar kayu. Nah, Saat sagu dibakar, maka warna nya akan berubah jadi abu-abu dan butiran-butiran sagunya saling melekat satu sama lain. Nah jika sudah begitu, itulah yang menandakan kalau dange ini telah matang dan siap untuk disantap.

Untuk mendapatkan nya kamu tidak perlu membayar sampai jual tanah atau segala macam. Karena harga dari dange khas luwu ini mencakup harga mulai dari 15.000 hingga harga 40.000 an saja untuk satu porsinya.

9. Pecco atau Ikan Mentah

Pecco merupakan makanan yang terbuat dari ikan mentah dan makanan ini adalah makanan khas luwu
Sumber: Instagram @410pappoto

Pecco atau ikan mentah ini adalah Makanan Khas Masyarakat Luwu bagian Timur, Sulawesi selatan. Sesuai dengan namanya. Pecco atau ikan mentah ini berbahan dasar dari ikan kecil dari laut yang mentah dan segar.

Tahap membuat Pecco ini sangat mudah dan praktis loh. Diolah tanpa adanya bantuan apa sudah bisa dinikmati. Ya, sesuai dengan namanya juga yaitu ikan mentah. Tentu dinikmati juga mentah. Dan bumbu bumbu yang digunakan juga sangat umum dan mudah didapat.

Nah ikan kecil dari laut yang masih mentah dan segar ini disiram dan dicampur dengan asam cuka dan jeruk nipis. Bila kamu ingin rasanya pedas, bisa ditambahkan dengan lada dan cabe rawit sesuai selera kamu.

Masyarakat Luwu biasanya menyajikan Makanan Pecco ini dengan kuliner Dange, dimana dange ini adalah makanan khas yang terbuat dari sagu, ikan mentah segar yang dicampur dengan asam cuka dan cabai saja. Nah untuk bisa menyantap hidangan ini , kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp5.000,- untuk setiap porsinya, atau Rp10.000-an saja jika ditambah ikan bakar.

10. Gohu Ikan

Gambar gohu ikan yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @eriwijaya

Gohu ikan merupakan salah satu makanan khas kota luwu yang sangat terkenal dikalangan masyarakat. Gohu ikan ini sering disebut sebagai rujak dari ikan mentah, Karena kuliner Gohu ikan ini terbuat dari ikan tuna atau cakalang mentah.

Nah, oleh sebab Gohu ikan ini umumnya terbuat dari ikan tuna atau cakalang mentah, Gohu ikan ini sering disebut sebagai sashimi versi Indonesia. Selain cita rasanya yang lezat, gohu ikan ini juga mengandung nilai baik dalam kesehatan tubuh karena dibuat dengan ikan segar.

Proses pembuatan gohu ikan ini juga tergolong mudah dan praktis. bahan-bahan pembuatannya juga sangat mudah di dapat di luwu yaitu ikan tuna, jeruk ikan, bawang merah, daun kemangi, garam dan minyak goreng. Nah kamu tau tidak kalau ikan tuna atau cakalang mentah ini merupakan salah satu hasil laut dari sana. Sehingga masyarakat Luwu tidak kesulitan untuk mengolah gohu ikan ini.

Nah, untuk Cara membuat gohu ini cukup dengan mencampurkan ikan tuna yang sudah dipotong kecil dengan bumbu seperti garam, jeruk ikan, dan kemangi dalam keadaan mentah. Lalu dicampurkan dengan bawang dan cabai yang sudah di tumis.

Setelah itu, gohu ikan sudah dapat dinikmati. Gohu ikan ini akan lebih nikmat rasanya jika disajikan bersamaan dengan nasi atau sagu. Terlepas dari cita rasa dan keunikan yang dimiliki kuliner Gohu Ikan ini, Tentu kamu tidak mau dong melewatkan kesempatan berharga untuk mencicipi sashimi khas Indonesia. Nah untuk bisa menikmati nya kamu cukup mengeluarkan uang yang tidak terlalu besar.

Nah harga gohu ikan ini hanya 30.000 saja. Nah itulah beberapa makanan khas dari kota luwu yang sangat direkomendasikan buat kamu yang suka berwisata kuliner. Karena kandungan rasa yang didapat tidak hanya satu dari setiap kulinernya. Jadi pilihan rasa dan jenisnya tidak membuat kamu bosan untuk menjilatnya.

Oleh sebab itu, kamu wajib banget mencoba kuliner khas luwu yang 10 ini. Dijamin bakal ketagihan. Akan terasa lengkap jika menyantapnya Sambil menikmati keindahan alam disana. Nah, jika kamu belum ada waktu ke kota luwu, kamu bisa juga loh membuat nya sendiri.

Namun jika kamu ingin menyantap hasil olahan masyarakat Luwu langsung, kamu bisa juga kok membelinya dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Jadi tidak ada keresahan dalam hati kamu untuk tidak bisa menikmati hidangan spesial khas luwu ini.

Baca Juga: Makanan khas Kendari yang unik dan menggugah selera

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja