10 Makanan Khas Malang yang Enak dan Menarik

Gambar makanan khas Malang

Makanan khas Malang merupakan salah satu sajian spesial hasil olahan masyarakat malang yang memiliki beragam varian cita rasa dan bentuk yang cukup unik dan khas. Sama seperti makanan khas di daerah lainnya, kota malang juga memiliki makanan khas dengan varian rasa manis, pedaas, Krenyes, asin, dan tentunya enak banget.

Selain makanan khas, tentu ada hal yang yang menarik untuk dikunjungi saat ke kota malang. Salah satunya keindahan alam yang sangat memanjakan mata. Namun, sangat tidak sah jika berkunjung ke kota malang hanya memanjakan mata tanpa memanjakan lidah. Oleh sebab itu, yuk simak beberapa fakta menarik dan unik dari kota malang ini. Berikut ini 19 makanan khas Malang yang enak dan menarik.

1. Rawon malang

Rawon malang merupakan makanan khas Malang yang banyak diminati berbagai kalangan.
Sumber: Facebook @xplore malang

Sajian yang pertama yang cukup favorit adalah rawon malang. Rawon adalah Sup daging sapi yang disajikan dengan kuah berwarna hitam dan telur asin ini memiliki cita rasa yang sangat unik dan lezat. Dengan begitu, rawon malang ini sangat banyak digemari masyarakat khususnya masyarakat Malang. Rawon malang ini memiliki beberapa varian yang terdiri dari, rawon nguling, rawon glunting, rawon Tessy, rawon brintik dan rawon Rampal. Jika varian nya berbeda tentu cita rasa nya juga berbeda beda dong.

Untuk bahan membuat rawon Malang ini ini terdiri dari 500 gram daging, untuk membalasnya yakni 10 siung bawang merah 5 siung bawang putih 3/4 sendok makan ketumbar 2 ruas jari kunyit 2 ruas jari kencur 1 sendok teh jintan 3 buah ambil dagingnya dan untuk membuat cimplung terdiri dari 2 batang daun bawang yang diiris-iris Laos geprek 2 Batang sereh geprek 5 lembar daun jeruk daun salam dan garam dan penyedap rasa secukupnya.

Tahap pembuatannya dimulai dari merebus daging dengan secukupnya air. Kemudian tumis bumbu halus dengan bawang goreng Iris dan Laos gorek sampai harum dan bumbunya matang benar selanjutnya masukkan bumbu yang sudah ditulis ke dalam rebusan daging masukkan juga sereh daun jeruk dan daun salam terakhir rebus dengan api kecil sampai daging empuk bumbu meresap dan kaldu dagingnya keluar Jangan lupa kasih garam dan penyedap rasa.

2. Keripik tempe

Kerik tempe merupakan makanan khas malang yang banyak di gemari masyarakat dan makanan ini sering kita temui di beberapa daerah
Sumber: Facebook @heni Wati

Sesuai dengan namanya, keripik yang satu ini dibuat dengan bahan dasar dari tempe yang dicampur dengan tepung. Mungkin keripik tempe ini sudah biasa dan sering kita temui di beberapa daerah, karena kita bisa membuatnya sendiri dirumah. Nah ternyata walaupun sekilas makanan keripik tempe ini biasa namu di malang keripik tempe ini merupakan makanan khas di sana loh. Namanya memang sama dengan kuliner di daerah lain, namun untuk kualitas rasa tentu berbeda.

Nah bahan untuk membuat keripik tempe khas malang ini terdiri dari 15 sdm tepung beras [ setara dengan 250 gr ] 7 sdm tepung tapioka [setara dengan 125 gr], 2 Papan tempe super [tekstur padat] per papan beratnya 600 gr, 1 butir telur utuh [bisa di skip], 1 Bungkus Royco atau kaldu, Garam sesuai selera, Air sekitar 300-350 ml [kalau tidak menggunakan telur, volume air ditambah sekitar 100 ml], secukupnya Minyak untuk goreng. Kemudian Bumbu Yang dihaluskan terdiri dari 3 siung bawang putih, 1 siung bawang merah, 1 sdt ketumbar, 2 Ruas kencur, 2-3 buah kemiri.

Nah, untuk tahap membuatnya tergolong mudah loh. Pertama, Iris tipis tempe. Agar tipis, cara mengirisnya dengan dibeset pakai pisau yang tajam. Satu papan tempe bisa jadi 30-32 tempe. Sesuai ketebalan dan ukuran sih ya.. Kalau tante aku yang mengiris, 1 papan tempe bahkan bisa dapet 40 irisan. Sisihkan, kedua Siapkan semua bahan-bahan, setelah itu Campur semua bahan dan bumbu halus juga air, aduk hingga rata.

Pastikan tekstur adonan tidak terlalu encer dan juga tidak terlalu kental. Apalagi jika tidak menggunakan telur, sebaiknya lebih encer dikit yah. Jadi hasilnya kriuk dan tidak keras. Selanjutnya, Lalu celupkan irisan tempe satu persatu ke dalam adonan tepung dan goreng dalam minyak panas, aduk bolak balik hingga kuning keemasan dan angkat, Setelah dingin masukan toples atau kemas sesuai selera.

Nah, selain kamu bisa mengolahnya sendiri dirumah, kamu juga bisa membelinya dengan harga yang cukup bersahabat. Harga dari keripik tempe ini hanya 14.000 an saja. Dengan harga yang cukup ekonomis itu, kamu sudah bisa menikmati cita rasa dari keripik tempe khas kota malang.

3. Keripik apel

Keripik apel merupakan makanan khas Malang yang berbahan dasar apel
Sumber: Facebook @resep simbok

Buah apel ternyata nggak cuman bisa Krenyes Krenyes, tapi juga bisa kriuk kriuk loh. Gak percaya? Kalau gak percaya boleh langsung datang Kemalang dan buktikan sendiri. Keripik ini hadir sebagai cemilan kekinian yang penggemarnya berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari anak anak, remaja sampai orang tua. Pada umumnya keripik apel ini memiliki cita rasa yang gurih. Namun, sekarang varian rasanya sudah bertambah menjadi varian rasa manis.

Jadi tidak heran jika digemari oleh berbagai kalangan. Sesuai dengan namanya, keripik apel ini dibuat dengan bahan dasar dari buah apel. Buah apel yang digunakan adalah buah yang agak matang tetapi tidak terlalu mentah atau mengkal. Karena jika buah apel nya matang, makan teksturnya akan lembek. Selain buah apel ada juga menggunakan kayu manis bubuk. Nah, untuk perlengkapan yang digunakan untuk mengolah buah apel jadi keripik apel terdiri dari wajan, kompor dan gas, perajang pisang, peniris minyak, dan baskom.

Tentu kita sudah tau kalau buah apel ini mengandung beberapa manfaat dalam tubuh yakni dapat membantu menurunkan kolesterol, mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas, membantu mengatasi sembelit . Jadi tidak perlu ragu lagi untuk mengkonsumsi keripik apel ini.

Harga dari keripik apel ini cukup murah loh. Harganya sesuai dengan rasa dan kandungan didalamnya. Dengan harga 19.000 an saja untuk satu kemasan, kamu sudah bisa menikmati keripik inovasi baru dan unik dari malang ini.

4. Soto Lombok

Gambar soto lombok
Sumber: Facebook @Tien djoama’ali

siapakah yang gemar menyantap soto? Sudah tau belum soto khas dari malang? Ya, namanya soto Lombok. Namanya memang soto Lombok, namun soto yang satu bukan berarti khas lombok. Soto lombok ini merupakan soto ayam khas malang, rasa nya beda sama soto ayam lamongan yang biasa tak makan.

Ini pake koya dari kelapa, rasanya jg khas sekali, recomended buat dicoba kalau lagi di kota malang. Nah, Soto legend yang satu ini, tetap mempertahankan kualitas rasanya yang begitu khas. Dimana, soto ini memiliki isian dari irisan kentang yang besar, telur, irisan ayam kampung, kecambah, seledri dan koya menjadi perpaduan yang nikmat dalam semangkuk soto.

Cita rasa sotonya begitu kuat dan khas banget. Dijamin bakal ketagihan. Nah, buat kamu penikmat soto, boleh bangat nih dicoba soto Lombok khas malang ini dengan harga yang terbilang mahal namun sesuai dengan kualitas cita rasa dan dagingnya. Harga dari soto Lombok ini sekitar 25.000 an saja untuk satu satu porsi.

Baca Juga: Makanan khas Jember yang unik dan lezat

5. Keripik nangka

Gambar keripik nangka yang merupakan makanan khas Malang
.Sumber: Facebook @bioSnack Natura

Siapa yang suka makan buah nangka? Sudah tau belum kalau nangka itu bisa diolah seperti apa saja? Nah, ternyata di kota malang buah nangka tidak hanya bisa disajikan sebagai buah biasa saja, namun bisa loh diolah menjadi sebuah keripik yang kriuk kriuk dan dijamin enak. keripik Nangka ini Bisa dibilang Jajanan Eksklusif, proses pengolahan nya menggunakan vacuum frying bebas minyak dan lemak. Jadi gak ada proses goreng menggoreng. Oleh karena itu, aman dikonsumsi. Untuk Kualitas rasa tetap terjaga layak nya makan buah tapi dalam bentuk keripik.

Tekstur renyah, proses pengolahan dengan vacuum frying jadi Ada kebanggaan dan kebahagiaan dalam setiap proses pembuatan keripik nangka ini. Dan komposisi yang tepat menghasilkan rasa yang sempurna. Tidak heran bila disukai oleh banyak orang dari berbagai macam usia.

Nah, buat kamu yang penasaran akan cita rasa dan kriuk kriuk nya keripik nangka ini, kamu bisa loh mendapatkan nya dengan harga yang sangat bersahabat dengan isi kantong kamu. Harganya mulai dari 11.000 hingga 32.000 untuk setiap kemasan. Tergantung berat per kemasannya.

6. Keripik salak

Sama seperti pengolahan keripik buah lain nya, keripik salak juga diolah dengan vacuum frying. Tekstur keripik nya benar benar crunchy meski tanpa minyak. Oleh sebab itu buat yang sedang menjaga pola makan boleh banget dicoba keripik ini karena tanpa minyak jadi bebas lemak.

Jadikan Organic Salacca Chips by Timurrasa sebagai teman cemilan diet kalian , karena rendah lemak dan kaya vitamin B1, B2, C & kalsium dari buah Salak. Tetap jaga tubuh ideal dengan cemilan sehat namun tetap enak ya. Keripik Salak yang memiliki rasa sangat renyah dengan manis alami salak , dari varietas salak organik terbaik petani daerah sehingga memiliki cita rasa yang lebih kaya.

Diproses dengan metode Vacuum-Frying, sehingga kandungan nutrisi & rasa tetap terjaga. keripik salak ini memiliki daya tahan yang cukup lama loh, karena dikemas dengan amat baik sehingga masih bisa disimpan apabila belum habis, dapat dikonsumsi kapan saja dan dimana saja.

Nah, harga dari satu kemasan keripik ini cukup murah loh, jika dibandingkan dengan beberapa kandungan yang bermanfaat bagi tubuh. Harganya hanya Rp. 29.000 saja.

7. Orem orem malang

Gambar orem orem malang
Sumber: Facebook @Simon Yulianto

Makanan legenda khas kota malang nih, Udah pada tau belum? Makanan yang berkuah santan gurih manis. Orem orem ini mirip hampir sama dengan lodeh dengan bahan dasar tempe, yang biasa disajikan ketupat dan kecambah rebus. sesuai dengan namanya Orem-orem adalah masakan kuliner Jawa dari Kota Malang yang berbahan dasar irisan tempe goreng, ayam, dan dimasak bersama kuah santan kental. Penyajiannya adalah dengan ketupat iris yang diberi tauge, tempe dan disiram kuah sayur kuah santan.

Untuk menambah kenikmatan nya Bisa di tambah pake telor asin atau ayam, Terus bisa juga diberi Lauk pelengkap recommend perkedel kentangnya ditambah dengan tempe, cita rasanya sangat enak apalagi dinikmati saat hangat hangatnya. makanan ini sangat cocok buat sarapan atau makan siang.

Jadi buat kamu dirumah, boleh nih dicoba sebagai hidangan spesial di meja makan. Biasanya orem orem malang ini dijual dengan harga yang cukup ekonomis loh. Harganya mulai dari 8.000 an saja loh. Ada juga pilihan pelengkapnya seperti kerupuk, kentang, dan medhol. Jadi kamu bisa memilih Tergantung selera masing masing.

8. Tahu bakso sapi

Gambar tahu bakso sapi yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @resep Nusantara Indonesia

Apakah kamu sudah pernah mencoba kuliner yang satu ini? Namanya tahu Bakso Sapi. Tahu bakso sapi ini adalah makanan yang dibuat dari daging sapi segar berkualitas tanpa campuran daging ayam. Makanan ini merupakan makanan khas dari kota malang yang cukup favorit sangat cocok disajikan sebagai cemilan untuk keluarga.

Sesuai dengan namanya, kuliner ini dibuat dari daging sapi yang dimana daging itu diolah menjadi bakso kemudian disajikan bersamaan dengan tahu. nah, buat kamu yang penasaran ingin mencoba cita rasa bakso ala masyarakat malang ini, kamu boleh loh langsung ke kota malang dan mencicipinya dengan harga yang cukup murah. Nah, sesuai dengan kualitasnya, harga dari tahu bakso sapi ini hanya 40.000 an saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa mendapatkan 10 pcs. Sudah termasuk sambal cocolan dan cabe rawit. Jadi semakin lengkap lah cita rasanya

9. Ampyang gula kacang

Gambar ampyang gula kacang
Sumber: Facebook @resep kue kering

Siapa yang tidak kenal dengan ampyang gula kacang?. Nah, jadi ampyang gula kacang ini adalah makan khas yang berasal dari kota malang. Makanan ini cukup favorit lo di berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak anak, remaja, bahkan orang tua sekalipun.

Sesuai dengan namanya, ampyang gula kacang ini dibuat dari bahan dasar kacang, gula pasir, dan gula aren. Dari namanya tentu kita sudah tahu kalau makanan yang satu ini memiliki cita rasa manis karena terbuat dari gula. Ampyang gula kacang ini merupakan makanan yang sudah legend loh.

Namun penggemarnya tidak pernah berkurang, melainkan bertambah. Nah, masyarakat kota malang mengolah ampyang gula kacang ini dari bahan yang terdiri dari 1 kg gula aren, 1kg kacang tanah, gula pasir 200gr, air 3 gelas, garam satu sendok teh peres, minyak sayur 2 sendok makan.

Kemudian untuk tahap pembuatannya juga cukup mudah loh. Tahap pertama adalah Goreng kacang tanah hingga menguning ,lalu angkat siapkan wajan masukan gula aren, gula pasir, garam, air lalu masak hingga berambut terakhir masukan kacang tanah lalu siap di cetak saya cetak nya pake 2 buah sendok makan di kira kitain saja ukuran nya.

Selamat mencoba. Nah, biasanya ampyang gula kacang ini dijual dengan harga murah loh. Harga untuk 1 kg hanya 80.000 an saja. Jadi buat kamu yang sedang berada di kota malang jangan lupa untuk membeli makanan yang satu ini sebagai cemilan maupun oleh oleh khas malang.

10. Rujak cingur

Gambar rujak cingur
Sumber: Facebook @fania

Siapa nih yang tidak kenal dengan rujak. Sebuah kuliner yang terdiri dari berbagai macam buah buahan. Makanan unik yang Bisa kenyang sampai waktunya makan malam nggak bingung cari camilan lagi. Satu lagi nilai plusnya, selain enakkk, bumbunya melimpah ngga pelit. Menambah krupuk 3 biji juga cukup diteloletin bumbu sepuasnya.

Harga rujak cingur ini hanya 25.000 an saja loh, harga segitu sudah bisa menggantikan Hidangan makan siang kamu. Tahukah kamu sebenarnya rujak cingur ini Berasal dari mesir berasal dari mesir dan menjadi favorit nya Firaun. Konon dari hikayat yang beredar, rujak cingur disebut sebut bukan asli Surabaya, melainkan dari Mesir.

Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat Surabaya sudah mengembangkan produk makanan yang super duper enak ini, dan ada juga beberapa daerah menjadikan rujak cingur ini sebagai makanan khas nya dan favoritnya. Salah satunya di malang, Jawa timur dan di beberapa daerah lainnya juga. Makanan ini sudah banyak digemari oleh masyarakat luas.

Demikianlah beberapa fakta menarik dan unik dari jenis makanan khas kota Malang. Buat kamu yang sedang berkunjung atau berada di kota Malang sangat tidak sah jika tidak mencicipi beberapa jenis makanan khas kota Malang ini. Selain kamu bisa menikmatinya di Malang kamu juga bisa membawanya ke kampung halaman sebagai oleh-oleh khas Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.