Gambar makanan khas Manado

Berikut 12 Makanan Khas Manado yang Lezat untuk Dicoba

Share with

Makanan khas Manado, Sulawesi Utara merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia. Selain makanan khas, tentunya Manado memiliki hal menarik lainnya yang bisa memanjakan mata, hati dan pikiran. Manado punya bahasa sendiri loh yaitu bahasa yang memiliki kemiripan dengan bahasa timur Indonesia.

Jadi sangat tidak heran jika di Manado tercipta begitu banyak hidangan yang sangat khas dan melegit.Makanan Khas Manado sangat terkenal akan cita rasa yang pedas dan gurih. Jadi buat kamu yang spicy food lovers wajib banget nih pergi ke Manado untuk mencoba makanan pedas disana.Tapi sebelumnya, kamu harus tau apa saja makanan khas Manado.

Berikut 12 jenis makanan khas dari Manado yang lezat untuk dicoba.

1. Babi Rica-rica Khas Manado

Gambar Babi Rica-rica yang merupakan salah satu makanan Khas Manado yang sangat populer dikalangan masyarakat.
Sumber: Instagram @ciencien76

Babi rica rica merupakan salah satu makanan khas Manado yang sangat populer di kalangan masyarakat. Berbicara soal daging babi, pasti sudah tidak asing lagi dong di telinga kamu. Mungkin kamu sudah tahu banyak tentang pengolahan daging babi dengan berbagai jenis cita rasa. Tapi pernah gak sih kamu mencoba mencicipi babi rica-rica khas Manado?.

Kalau belum, kamu wajib banget nih tau seputar fakta unik dari babi rica-rica khas Manado. Babi rica rica ini merupakan sejenis makanan yang diolah dari daging babi yang dimasak dengan rempah rempah pilihan di Nusantara. Untuk soal rasa, babi rica-rica khas Manado ini tidak kalah enak dari olahan daging babi yang lain. Tentunya, setiap makanan punya cita rasa yang berbeda beda.

Sama seperti Babi rica-rica khas Manado ini. Cita rasa yang terkandung di dalam makanan khas Manado yang satu ini yaitu rasa pedas dan gurih. Jadi bagi kamu yang spicy food lovers, wajib banget nih mencoba kuliner satu ini. Kandungan Cita rasa pedas menjadi ciri khas tersendiri pada resep yang menyatu.

Resep bumbu yang digunakan yaitu daun kemangi garam, penyedap rasa, daun bawang, serai, daun jeruk, daun kunyit kunyit, jahe dan cabai sesuai selera.Untuk tahap pembuatan babi rica-rica khas Manado ini tidak terlalu mudah tapi tidak terlalu sulit juga. Yang paling penting ketelitian dalam mengolah bumbu bumbunya agar tidak keliru sehingga rasanya tidak hambar.

2. Ikan Masak Rica

Gambar Ikan Masak Rica yang memiliki rasa yang khas Manado
Sumber: Instagram @qiutin.kithcen

Bumbu rica merupakan bumbu yang biasanya dan paling sering dipadukan dengan berbagai bahan. Salah satunya yaitu ikan. Untuk merasakan ikan yang dipadukan dengan bumbu rica,kamu bisa dapatkan di Manado, Sulawesi Utara. Ikan masak khas ini merupakan salah satu makanan khas Manado.

Rasanya juga tidak kalah enak dengan makanan khas daerah lain. Ikan masak rica ini biasanya menggunakan ikan tongkol, ikan tuna, ikan nila dan berbagai jenis ikan lainnya. Untuk proses pembuatan ikan masak rica ini cukup mudah. Sama seperti kamu memasak ikan biasa, namun bedanya mungkin dari bumbu dan teknik nya saja. Nah,Untuk masalah bumbu mungkin sebagian dari kamu sudah tahu apa saja bumbu rica-rica.

Namun untuk yang belum tahu, kamu perlu ingat bumbu rica-rica berikut ini yakni cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, jahe, serai, daun jeruk, lada bubuk,garam dapur dan gula. Nasi kuning Saroja
Berbicara soal nasi, mungkin sudah tidak asing lagi dong di lidah dan pendengaran mu. Karena nasi merupakan salah satu dari 4 sehat 5 sempurna.

Jadi sangat tidak mungkin jika kamu tidak mengkonsumsinya setiap hari. Tapi kamu pernah nggak menikmati nasi kuning Saroja? Jika belum, kamu harus banget mengetahui fakta menarik tentang nasi kuning Saroja ini, supaya jika kamu sudah bosan mengkonsumsi nasi yang biasa, kamu bisa menikmati nasi yang luar biasa ini. Nasi kuning Saroja ini merupakan makanan Khas Manado yang paling eksis di Manado.

Jadi tak jarang loh para pengunjung datang ke Manado hanya untuk menikmati nasi kuning Saroja ini. Berbicara soal nasi kuning, ternyata ada filosofi nya loh. Jadi dulu nasi kuning dibuat untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersembahyang para leluhur atau nenek moyang.

Namun semakin berjalannya waktu, nasi kuning ini sekarang dijadikan sebagai makanan saat acara tertentu seperti acara syukuran dan acara ulang tahun. Yang kita ketahui, nasi kuning sangat populer di Jawa namanya nasi tumpeng tapi nasi ini hanya ada disaat ada acara acara tertentu. Namun tidak untuk di Manado. Nah, kalau di Manado nasi kuning ini bisa dimakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Untuk proses pembuatan nasi kuning Saroja ini cukup mudah, hampir sama seperti kamu memasak nasi biasa. Namun bedanya kalau nasi kuning ini dimasak dengan bumbu rempah pilihan sedangkan nasi biasa hanya dengan air bersih saja.

Nah, untuk bumbunya yaitu beras,santan kelapa, kunyit bubuk, daun jeruk, serai, garam. Cukup sederhana bukan? Tapi, Kamu juga bisa buat pelengkap nasi kuning Saroja ini dengan sambal goreng.

3. Pampis Manado

Gambar Pampis Manado ini dibuat dengan menggunakan ikan tongkol/ cakalang yang terlebih dahulu dilumuri air jeruk dan garam.
Sumber: Instagram @cynthiahali

Pampis Manado adalah makanan khas Manado yang sangat khas dan jarang ditemui di luar daerah Manado. Jadi tidak ada salahnya jika kamu pergi ke Manado untuk mencicipi pampis Manado ini. Tapi sebelumnya, kamu harus tahu fakta menarik dari pampis Manado ini.

Pampis Manado ini dibuat dengan menggunakan ikan tongkol/ cakalang yang terlebih dahulu dilumuri air jeruk dan garam. Pampis Manado ini diolah dengan ikan tongkol/cakalang karena merupakan hasil laut dari Manado sendiri. Jadi tidak sulit bagi mereka untuk mendapatkan nya.

Nah untuk bumbu lengkap yaitu serai, bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, daun jeruk, kunir, daun pandan, garam, penyedap totole, gula pasir, minyak goreng. Sangat mudah bukan? Bumbu nya saja cukup sederhana, bagaimana dengan tahap-tahap memasaknya?

Untuk tahap memasak pampis Manado ini cukup mudah yang pertama haluskan kunyit, jahe, cabai, bawang merah, bawang putih, dan kasih sedikit garam. Lalu panaskan minyak goreng dan masukkan serai dengan bumbu halus dan aduk sampai rata. Masukkan daun pandan, daun jeruk dan tumis sampai harum.

Kemudian masukkan garam, penyedap totole dan gula. Setelah itu masukkan ikan, dan aduk sampai tercampur rata dan kering. Jika sudah tercampur rata, Terakhir tuangkan kedalam piring dan pampis Manado siap disajikan. Selamat mencoba.

4. Perkedel jagung

Gambar perkedel jagung
Sumber: Instagram @pampismanado

Sudah pernahkah kamu mencoba perkedel jagung? Perkedel jagung adalah makanan yang dibuat dengan teknik menggoreng. Perkedel jagung ini hampir sama dengan bakwan jagung. Namun berbicara soal perkedel, mungkin yang kita ketahui secara umum, kalau perkedel itu bukan makanan kriuk tapi makanan yang agak lembek.

Tapi untuk perkedel dari Manado ini beda. Kalau perkedel jagung khas Manado ini memiliki rasa yang gurih dan kriuk kriuk. Perkedel jagung ini sangat mudah diolah, hampir sama seperti cara mengolah bakwan jagung, jadi kamu tidak perlu kesulitan untuk membuatnya.

5. Ayam Tuturuga

Gambar Ayam Turtura yang cocok untuk disajikan bersama keluarga
Sumber: Instagram @kevindrasoemantri

Ayam tuturuga ini adalah makanan khas Manado yang teknik memasaknya cukup mudah. Makanan ini sangat cocok untuk disajikan bersama keluarga. Kamu tau gak apa itu tuturuga? Tuturuga itu dalam bahasa Manado artinya penyu.

Resepnya bisa menjadi dua jenis makanan loh yaitu ayam woku santan dan ayam tuturuga. Yang membedakannya adalah jika pada ayam woku santan Tidak menggunakan daun mint, sedangkan ayam tuturuga resepnya ditambah dengan daun mint sehingga berkembanglah menjadi ayam tuturuga yang lezat. Bentuk hidangan ayam tuturuga ini hampir mirip dengan opor ayam.

Hanya saja bedanya dari rasa. Nah, untuk bahannya yaitu ayam Yang sudah dilumuri dengan perasan jeruk dan garam, kentang(boleh dipakai boleh tidak), santan, bawang merah, bawang putih, kunyit, kemiri, cabai, dan jahe.dan untuk bumbu daun yang digunakan adalah daun pandan,daun kunyit, daun bawang, sereh, dan daun jeruk. Karena bahannya cukup sederhana dan proses membuatnya juga mudah jadi kamu bisa membuatnya sendiri dirumah. Jadi buat kamu pecinta kuliner ayam harus banget nih mencobanya.

Baca Juga: Makanan khas Kutai yang lezat untuk dicoba

6. Panada

Gambar Panda yang berisi ikan suwir
Sumber: Instagram @homestyle.treast

Panada merupakan salah satu makanan khas Manado yang sangat populer di masyarakat. Makanan khas asal Manado ini sekilas bentuknya sama seperti pastel. Namun kalau pastel isinya biasanya bihun atau sayuran, sedangkan panada ini isinya ikan suwir. Hmm, jadi makin penasaran kan gimana proses pembuatan nya.

Jadi proses pembuatan panada ini cukup rumit karena harus membuat kulitnya terlebih dahulu, terus dilanjutkan dengan membuat isinya.Namun kamu tak perlu khawatir karena kamu bisa menikmatinya langsung ke Manado. Jangankan ke Manado menikmati dari rumah juga kami sudah bisa.

Kamu bisa membelinya karena panada ini sudah ada dijual dan harganya juga terjangkau. Biasanya harga panada ini mulai dari harga 4.000 – 150.000 an saja loh. Jadi buruan beli jangan sampai ketinggalan. Karena panada ini sangat banyak diminati loh.

7. Udang Goreng Saus

Gambar udang goreng saus yang merupakan  salah satu makanan hasil laut yang kaya akan protein dan omega-3. Jadi tidak heran jika olahan udang selalu banyak peminatnya.
Sumber: Instagram @Roakhasmanado

Membahas soal kuliner, pastinya kamu punya makanan favorit dari banyaknya jenis makanan yang ada di Indonesia. Salah satunya olahan udang. Tentu kamu sudah pernah mencoba berbagai macam olahan udang seperti seafood. Seafood merupakan makanan yang sangat populer di Indonesia.

Tapi pernah gak sih kamu mencoba udang goreng saus?. Seperti yang kita ketahui bahwa udang adalah salah satu makanan hasil laut yang kaya akan protein dan omega-3. Jadi tidak heran jika olahan udang selalu banyak peminatnya. Nah, untuk udang goreng saus ini tentunya berbeda dengan olahan udang lainnya.

Jika udang goreng saus ini adalah makanan khas Manado yang sangat disukai masyarakat. Dari namanya saja kita sudah tahu kalau Udang goreng saus ini memiliki cita rasa yang gurih, pedas dan melegit. Jadi buat kamu yang spicy food lovers wajib sekali mencoba kuliner ini.

8. Lenso Manado

Gambar lenso manado
Sumber: Instagram @lensomanado

Terlepas dari makanan Manado yang terkenal akan cita rasa yang pedas, ternyata ada juga loh kuliner asal Manado ini yang manis. Salah satunya yaitu lenso Manado. Lenso Manado ini adalah sebuah kue yang berbentuk kotak dan sangat tebal.

Lenso Manado ini punya 3 varian rasa loh yaitu bidadari cheese, jendral coklat dan legenda mocca. Hmm, variannya cukup unik ya. Jadi semakin penasaran sama rasanya. Nah, untuk varian bidadari cheese ini pasti kamu bingung dan berpikir bukannya bidadari itu cerita dongeng yang jatuh dari kayangan?

Eits jangan salah untuk bidadari cheese yang satu ini punya keju yang bikin kamu melayang. Karena bolu nya yang lembut, dan topping kejunya yang melimpah.Untuk varian jendral coklat ini juga gak kalah enak loh, gimana gak memikat? Jendral coklat ini memiliki double coklat jadi Nikmatnya juga double. Ditambah lagi taburan toppingnya yang melimpah. Cocok banget deh buat kamu yang suka manis manis.

Dan yang terakhir yaitu varian legenda mocca. Untuk varian satu ini bulunya sangat lembut, filling cream mocca didalam, dan topping coklat nya yang melimpah. Hmm, setelah tahu rasa dari ketiga varian tersebut, jadi makin terpikat gak tuh. Jadi buat kamu yang lagi berkunjung ke Manado, wajib banget buat mencoba kuliner ini dan jangan lupa untuk dibawa pulang kerumah.

9. Lumpia basah

Gambar lumpiah basah
Sumber: Instagram @lumpya_lumba

Lumpia basah adalah salah satu makanan khas asal Manado. Lumpia basah asal Manado ini memiliki cita rasa tersendiri. Jadi beda dari lumpia lain. Untuk proses pembuatan lumpia basah ini cukup mudah dan bahannya cukup mudah ditemukan. Bentuk dari lumpia basah ini sangat praktis dan rasanya enak.

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat lumpia basah ini tergolong singkat sekitar 45 menit saja. Dari pada pusing mencari menu masakan dirumah mending kamu coba deh membuat lumpia basah. Bahannya adalah tepung terigu, tepung beras, teh garam, telur dan air.

Nah, kalau untuk bahan isinya ada wortel, bawang putih, merica bubuk, garam dan minyak goreng untuk menumis. Bahannya sangat mudah bukan. Lumpia basah ini sangat populer dikalangan masyarakat terutama anak-anak.

10. Dabu dabu

Gambar dabu dabu yang merupakan makanan khas manoda yang berasal dari olahan bumbu bumbu plihan
Sumber: Instagram @banususanto

Siapa nih yang suka makanan pedas?. Wajib banget nih pergi ke Manado untuk mencoba dabu dabu ini. Dabu dabu adalah makanan khas Manado berupa olahan bumbu-bumbu pilihan menjadi sebuah sambal yang gurih. Seperti yang kita rasakan, makan ditemani sambal sangat nikmat rasanya.

Mungkin kamu sudah bosan menikmati racikan sambal yang biasa kamu buat. Yang kita ketahui kalau sambal itu biasanya dihaluskan dengan cara di blender atau diulek. Namun untuk sambal dabu dabu ini bahannya cukup di iris iris saja.Nah, supaya kamu tidak bosan dengan rasa sambal yang hanya itu itu saja.

Kamu boleh mencoba membuat sambal dabu dabu asal Manado ini. Bahan-bahan nya yaitu cabai merah, cabai rawit,tomat, bawang merah, jeruk nipis, daun kemangi, gula, garam, air dan minyak goreng. Untuk pengolahan nya cukup iris iris semua bahan lalu ditumis. Sangat mudah bukan?.

11. Miedal

Gambar midel yang dimodifikasi dari bubur dan banyak diburu parawisata
Sumber: Instagram @cewekdoyanmakan

Miedal merupakan makanan khas asal Manado yang terdapat aneka sayur didalamnya. Miedal ini dimodifikasi dari bubur Manado. Miedal ini adalah salah satu makanan yang diburu para wisatawan. Miedal ini adalah singkatan dari mie Pedaal.

Pedal yang dimaksud adalah nama lain dari tinutuan, namun perbedaan antara pedal dengan tinutuan terletak pada penambahan beberapa jenis daun yang berfungsi sebagai obat. Jadi miedal ini tidak hanya memberi rasa yang lezat tapi juga manfaat yang besar bagi tubuh karena mengandung aneka sayur sayuran.

Selain rasanya yang lezat dan porsinya cukup besar, bagi kamu foodlovers makanan ini ternyata cukup murah loh. Yah untuk mencicipi kuliner yang bercita rasa manis dan gurih ini anda cukup membayar sebesar Rp. 15.000,-. Jadi yakin nih gak mau dicoba?.

12. Mie Kuah Cakalang

Gambar mie kuah cakalangan
Sumber: Instagram @mymom_lenaningsih

Hmm, siapa nih yang suka makan mie? Pasti kebanyakan dari kita suka makan mie. Terutama anak kost, mie adalah santapan favorit nya. Kita tahu bahwasanya mie adalah makanan yang sangat banyak disukai di Indonesia bahkan sampai keluar negeri.

Contohnya Siwon, penyanyi grup band Korea dia sangat suka makan mie hasil olahan negara Indonesia. Mie di Indonesia memiliki banyak jenis mie dan cara memasaknya pun sangat mudah sekali. Tapi, kamu sudah pernah mencoba mie kuah cakalang? Mie kuah cakalang adalah makanan khas Manado.

Kuliner ini sangat banyak disukai orang. Nah, untuk bahan pembuatan mie kuah cakalang ini yaitu mie basah mentah, ikan cakalang, sawi putih, daun bawang, bawang putih, bawang merah, Tahu, kaldu bubuk, garam, lada, Ari dan minyak goreng.

Untuk bahan sambalnya hanya dengan cabai rawit, bawang putih, cuka, garam, dan kaldu mie cakalang. Kelihatanya mudah bukan, begitu juga dengan pembuatannya.

Jadi daripada kamu capek menunggu untuk bisa ke Manado mencobanya, lebih baik kamu buat sendiri dirumah. Demikianlah fakta menarik dari beberapa makanan khas Manado dengan cita rasa yang berbeda beda ada yang manis, asam, pedas, yang wajib sekali untuk kamu coba.

Jadi jika kamu belum ada waktu berkunjung ke Manado untuk mencoba kuliner khas Manado, kami bisa mengolahnya sendiri dari rumah. Kalau kata Sisca Kohl “selamat mencoba”.

Baca Juga: Makanan khas Toraja yang lezat untuk dicoba

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja