Gambar makanan khas samarinda yang unik dan lezat

12 Makanan Khas Samarinda yang Lezat dan Menggugah Selera

Share with

Makanan khas Samarinda merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang memiliki beragam jenis dan cita rasa yang sangat lezat. Selain wisata kuliner, kota Samarinda juga merupakan salah satu tempat kunjungan wisatawan. Tentu kamu sudah tau kalau di kota Samarinda juga tidak kalah unik dari segi tradisi, kuliner, dan wisatanya.

Nah saat berkunjung ke kota Samarinda, tentu sangat tidak lengkap rasanya jika tidak mencoba sama sekali kelezatan makanan khas Samarinda yang penuh dengan keunikan. Nah, agar perjalanan kamu terasa lengkap ada baiknya kamu kenalan dulu dengan beragam jenis makanan khas Samarinda. Karena seperti pepatah mengatakan tak kenal maka tak sayang.

Untuk itu kamu wajib ikuti cerita unik dibalik kelezatan setiap kuliner nya. Berikut 12 makanan khas Samarinda yang sangat populer dan lezat.

1. Kerupuk Amplang

Gambar kerupuk amplang yang merupakan makanan khas samarinda yang banyak diminati berbagai orang
Sumber: instagram @guinezzt

Hmm, siapa nih yang suka makanan kriuk dan renyah?. Nah makanan khas samarinda pertama yang bisa Anda cicipi atau Anda jadikan sebagai cemilan teman perjalanan Anda menelusuri keindahan kota Samarinda adalah kerupuk amplang.

Kerupuk amplang ini juga saat ini bisa dengan mudah Anda temukan di beberapa daerah di pulau Jawa, hanya saja jika langsung membelinya dari kota asalnya akan terkesan lebih berbeda.

2. Lempok Durian

Gambar lempok durina yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @lina_liem10

Kamu salah satu penikmat buah durian? Kalau dodol? Apakah kamu juga merupakan penikmat dodol? Atau bahkan keduanya? Bagi kamu penikmat durian dan dodol kamu sudah bisa menikmati keduanya menjadi satu kuliner loh. Kalau tidak percaya pergi saja ke samarinda, karena disana sudah ada olahan seperti itu. Namanya Lempok durian. Lempok durian ini juga sering disebut dengan dodol durian.

Sesuai dengan namanya, lempok durian atau Dodol durian ini terbuat dari buah durian yang diolah dengan memasak pakai kuali besar diatas asalan api kayu bakar. Dan diaduk oleh 2 orang sepanjang proses memasak. Lamanya waktu yang dibutuhkan dalam membuat lempok durian ini berdurasi kurang lebih 2 jam.

Nah, untuk soal harga dari lempok durian ini cukup mahal, Karena kita sudah tau bahan membuat dan tahap pembuatannya juga luar biasa. Jadi harganya juga tidak kalah luar biasa mulai dari harga 25.000-45.000 saja. Tidak terlalu mahal, tapi rasa dan proses nya yang mahal.

3. Ayam cincane

Gambar Ayam Cicane yang sudah siap saji. Makanan ini sangat banyak disukai berbagai kalangan
Sumber: Instagram @ichasavitry

Tentu kalau berbicara soal sajian ayam, kita sudah tahu kalau olahan daging ayam ini sangatlah banyak disukai masyarakat. Salah satunya ayam cincane. Ayam cincane ini merupakan makanan khas dari Samarinda, Kalimantan timur yang cukup populer di dalam maupun diluar daerah Samarinda. Bukan hanya di Samarinda saja, namun ayam cincane ini juga ada di beberapa daerah lain yang tidak kalah enak juga.

Nah, untuk Menu ayam cincane ala samarinda ini ternyata tidak hanya sebagai santapan biasa loh, tetapi juga disajikan dalam beberapa acara adat tertentu di Samarinda, Kalimantan timur.

Untuk racikan bahan pembuatan ayam ini cukup menggunakan terasi udang dan ayam kampung. Kedua bahan tersebut menjadi pilihan utama untuk membuat rasanya lebih gurih dan tekstur daging tidak gampang rusak.

Bahan-bahan untuk membuat ayam cicane ialah bawang merah, bawang putih, cabai merah, kunyit secukupnya, garam, kangkung, minyak goreng, jeruk nipis, penyedap rasa.

Nah untuk penyajian kuliner ini, ternyata memiliki dua versi loh tapi ayam cincane versi ini yang lebih sering dikonsumsi. Untuk jenis cincane versi kedua, ayam cincane nya harus dibakar kembali sampai bumbu meresap.Pasti kamu ingin sekali merasakan kenikmatan kuat lemahnya Cita rasa ayam cincane ini.

Terlepas dari Cerita unik ayam cincane ala Samarinda ini, kamu juga harus tau seberapa besar uang yang harus kamu keluarkan demi santapan lezat Samarinda ini. Nah harganya mulai dari 25.000 an saja loh. Hmm, dengan harga segitu saja kamu sudah bisa menyantap olahan ayam cincane ini.

4. Nasi Kuning

Gambar nasi kuning yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @kendari.food

Berbicara soal nasi, mungkin sudah tidak asing lagi dong di lidah dan pendengaran kamu. Karena nasi merupakan salah satu dari 4 sehat 5 sempurna. Tapi kamu pernah nggak mencoba nasi kuning? Jika belum, kamu harus banget mengetahui fakta menarik tentang nasi kuning ini, supaya jika kamu sudah bosan mengkonsumsi nasi yang biasa, kamu bisa menikmati nasi yang luar biasa ini.

Nasi kuning ini merupakan makanan Khas Samarinda yang paling populer. Jadi tak sedikit loh para pengunjung datang ke Samarinda hanya untuk menikmati nasi kuning ini. Berbicara soal nasi kuning, ternyata ada filosofi nya loh.

Jadi dulu nasi kuning dibuat untuk memuliakan gunung sebagai tempat bersembahyang para leluhur atau nenek moyang. Namun semakin berjalannya waktu, nasi kuning ini sekarang dijadikan sebagai makanan saat acara tertentu seperti acara syukuran dan acara ulang tahun.

Yang kita ketahui, nasi kuning sangat populer di Jawa namanya nasi tumpeng tapi nasi ini hanya ada disaat ada acara acara tertentu. Namun tidak untuk di Samarinda. Nah, kalau di Samarinda nasi kuning ini bisa dimakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam.

Untuk proses pembuatan nasi kuning ini cukup mudah, hampir sama seperti kamu memasak nasi biasa. Namun bedanya kalau nasi kuning ini dimasak dengan bumbu rempah pilihan sedangkan nasi biasa hanya dengan air bersih saja.

Nah, untuk bumbunya yaitu beras,santan kelapa, kunyit bubuk, daun jeruk, serai, garam. Cukup sederhana bukan? Tapi, Kamu juga bisa buat pelengkap nasi kuning Saroja ini dengan sambal goreng.

5. Sambal raja

Gambar sambal raja yang pembuatan nya sangat gambang
Sumber: Instagram @resepnenek.smd

Siapa nih yang spicy foodlovers? Hmm, jangan bilang kamu spicy food lovers kalau kamu belum mencoba sambal khas Samarinda yang satu ini. Namanya sambal raja.

Jadi sambal raja ini sambalnya Sultan nama aslinya adalah sama raja Samarinda dari Kalimantan timur. Sebenarnya bukan Sambal khusus untuk sultan atau raja tapi untuk semua masyarakat dong. Sambal raja ini hanya sebagai namanya saja.

Dari pada penasaran, mari kita ulas fakta menarik dan proses pembuatan sambal raja. Sambal raja ini jika dimakan dengan nasi hangat wah mantap banget rasanya lebih gurih. Untuk tahap pembuatanya sangat gampang sekali dan cepat.

Untuk bahan bahannya yaitu siapkan tempe, terong, kacang panjang, Pete (tergantung selera kamu), penyedap jamur, garam, tomat, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, cabai keriting, dan buah jeruk nipis.

Tahap pembuatannya, pertama-tama haluskan semua bumbu bumbu dengan menggunakan blender supaya kehalusan bahannya maksimal. Tapi bagi kamu yang mau bumbunya diulek, boleh saja. Setelah itu potong potong terong, tempe dan kacang panjang.

Tapi sebelumnya, panaskan terlebih dahulu minyak gorengnya. Setelah selesai memotong bahannya, goreng terongnya terlebih dahulu sampai matang. Lalu lanjutkan menggoreng tempe nya sampai warnanya kuning kecoklatan. Jika sudah matang, masukkan sambalnya dan tunggu sampai matang.

Untuk mengetahui kematangannya, tunggu sampai tercium aroma harum sambal. Kemudian masukkan garam dan penyedap jamur lalu aduk sampai rata. Setelah aromanya sudah terasa, masukkan terong, tempe, Pete dan kacang panjang yang sudah digoreng sebelumnya. Setelah itu masukkan perasan jeruk nipis secukupnya. Jika sudah selesai semua, masukkan sambal ke dalam piring. Nah, sambal raja Kutai siap dihidangkan.

6. Roti Pisang

Gambar roti pisang yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @_kualihelena

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah pisang? Nah kalau olahan pisang? Jadi, kita tentu sudah tahu kalau olahan buah pisang itu bermacam macam, seperti keripik pisang, pie pisang, gapit pisang, kue pisang, kolak pisang dan banyak olahan lainnya.

Nah kamu pernah gak mencoba olahan jagung ala kota Samarinda? Nah di Samarinda buah pisang juga merupakan salah satu olahan spesial dan menjadi favorit yakni roti pisang. Mungkin roti pisang ini juga ada di daerah lain dengan beragam cita rasa.

Roti pisang yang satu ini berbeda dengan roti pisang pada umumnya dimana untuk roti pisang khas Samarinda ini, jenis pisang yang digunakan yaitu dengan menggunakan pisang talas.

Sesuai dengan namanya dimana roti pisang ini merupakan kuliner yang menggunakan buah pisang sebagai bahan dasar pembuatannya. Untuk membuat roti pisang ini dimulai dengan Buah pisangnya dipotong dengan juga kecil- kecil dan juga dibentuk bulat pipih.

Selain pisang dimana bahan campuran lainnya juga menggunakan tepung terigu serta santan dan telur yang juga dilengkapi dengan sedikit garam dan gula sebagai penambah rasa manis dan gurih.

Baca Juga: Makanan Khas Semarang yang unik dan lezat

7. Pepes Kepiting

Gambar pepes keping yang sudah siap sahi
Sumber: Instagram @madewadastra

Nah mungkin kamu sudah pernah mencicipi kuliner pepes ikan, ayam, babi, dan daging lainnya. namun pernahkah kamu mencoba pepes kepiting? pepes kepiting ini merupakan salah satu makanan khas kota Samarinda, Kalimantan timur loh. jika kamu pergi ke Samarinda kamu harus mencoba pepes kepiting yang sangat unik dan juga sangat lezat rasanya.

Nah, dalam mengolah kepiting jadi pepes kepiting enak tentu tidak terlepas dari bahan dan bumbu rempah pilihan. Nah, untuk Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka. Nah untuk bumbu yang digunakan yakni menggunakan bumbu khusus seperti cabai, daun kemangi, serai dan juga rempah- rempah khas Samarinda lainnya.

Kamu tahu tidak ada hal unik yang terdapat pada proses pembuatan pepes kepiting. Hal uniknya yakni setelah dikukus terlebih dahulu ,pepes kepiting ini juga akan dibakar sehingga rasanya sangatlah nikmat. Hmm, kamu sudah bisa kan membayangkan betapa nikmatnya makan pepes kepiting ala Samarinda ini.

Nah, supaya kamu tidak hanya berhalusinasi untuk menyantap pepes kepiting ini, lebih baik kamu belinya langsung dengan harga yang cukup murah sekali loh. Mulai dari harga 25.000-40.000 an saja. Wow, gak kebayang kan, dengan harga segitu pepes kepiting akan jadi kuliner lezat kamu.

8. Gapit Pisang

Gambar Gapit Pisang yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @:ig_linagui.kitchen

Salah satu olahan pisang favorit ya ini namanya pisang. Gapit pisang ini merupakan salah satu makanan khas yang sangat favorit di kota Samarinda tidak hanya di kota Samarinda saja tetapi juga di luar kota Samarinda. Selain pisang gapit ada juga yang menyebutnya sebagai pisang epe.

Gapit pisang ini biasanya dilumuri dengan beberapa varian topping misalnya ada varian coklat keju atau original pisang nya tidak terlalu lembek buahnya manis dan tidak terlalu encer.

Teknik pembuatan grafik pisang ini umumnya menggunakan teknik dibakar atau dipanggang, setelah itu digoreng. Yang membuat gapit pisang ini bikin nagih yaitu kuahnya kental, manisnya pas, soft banget, gak lebay, dan cocok banget di lidah, apalagi pakai topi yang super duper lezat.

Adapun jenis pisang yang digunakan dalam mengolah makanan khas ala Samarinda yang satu ini terdiri dari beberapa macam jenis pisang yakni pisang kepok, pisang sangar dan beberapa jenis lainnya. Nah terlepas dari jenis pisangnya, ternyata pisang yang digunakan haruslah pisang yang tidak terlalu matang.

Nah daripada hanya membayangkan rasanya, mending kamu coba langsung aja. Kamu bisa belinya dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari harga 10.000-15.000 per porsinya. Terutama buat kamu yang suka makanan manis, ini sangat recommended sekali buat kamu.

9. Gence Ruan

Gambar Gence ruan yang sudah siap saji. Makanan ini sangat banyak di sukai berbagai kalangan
Sumber: Instagram @resepnenek.smd

Ternyata kuliner khas Samarinda, Kalimantan timur tidak hanya satu, dua, atau tiga saja loh, tapi masih banyak sekali makanan khas samarinda yang tidak kalah enak dan dijamin bakal ketagihan. Nah kuliner satu ini adalah makanan yang namanya adalah gence ruan.

Hmm, apa tuh gence ruan? Nah jadi gence ruan ini adalah makanan khas Samarinda berupa ikan dan sambal kasar yang berbahan dasar dari ikan haruan atau sering dikenal dengan ikan gabus. Ikan haruan ini sangat terkenal akan kandungan protein yang tinggi didalamnya, jadi baik untuk dikonsumsi. Selain itu, untuk soal bumbu yang digunakan terdiri dari bumbu rempah pilihan yang diracik khusus oleh masyarakat Samarinda.

Nah untuk tahap membuat gence ruan ini yakni dengan teknik membakar, tahap membuat gence ruan ini hampir sama dengan tahap memasak ikan bakar lainnya, dimana dimulai dengan melumuri ikan dengan bumbu khusus yang sudah disediakan dan juga garam kemudian ikan gabus tersebut dibakar.

Biasanya gence ruan ini sangat nikmat ditemani dengan nasi hangat dan tumis sayur pakis renyah. Nah untuk bisa menikmati gence ruan ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 15.000 an saja loh. Hmm, sangat murah sekali bukan? Secara kuliner ini sudah mulai langka ditemukan.

10. Bobongko

Gambar bobongko
Sumber: Instagram @lisalim89

Sangat tidak lengkap rasanya jika menikmati keindahan kota Samarinda kalau tidak ikut serta dalam menikmati cita rasa kuliner khas Samarinda. Salah satunya adalah bobongko. Bobongko ini adalah salah satu makanan favorit di kota Samarinda. Bobongko ini sangat cocok jadi pengganjal perut untuk memulai hari hari kamu.

Bobongko ini dibuat dengan bahan dasar dari buah pisang kemudian dicampur dengan gula ,pandan, santan, tepung terigu bisa juga dengan tepung beras dan tidak lupa juga pakai parutan kelapa. Nah untuk tahap membuat bobongko ini tergolong mudah loh, hanya dengan menggunakan teknik mengukus, kamu sudah bisa mendapat makanan lezat khas Samarinda ini.

Bobongko ini memiliki tekstur berwarna hijau yang dibungkus dengan memakai daun pisang, selain itu bobongko ini juga memiliki tekstur yang sedikit kenyal dan lembut. bobongko ini biasanya akan terasa lebih nikmat dengan tambahan kuah manis diatasnya. Bobongko ini biasanya sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh dari Samarinda.

11. Pulut Nasi

Gambar Pullut nasi yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @makar.or.eat

Mungkin kamu sudah pernah mencoba kuliner pulut nasi di beberapa daerah. Namun kalau pulut nasi hasil racikan dari Samarinda bagaimana? Nah, ternyata pulut nasi ini merupakan salah satu makanan khas Samarinda loh.

Pulut nasi ini berbahan dasar dengan menggunakan nasi sebagai bahan utama pembuatannya. Pulut nasi ini tidak diracik biasa saja loh tetapi juga dimasak dengan campuran santan serta dicampur dengan taburan garam. Selain itu ada juga loh bumbu bumbu rempah pilihan lainnya yang membuat cita rasa pulut nasi ini jadi lebih enak.

Nah Biasanya untuk tahap memasak pulut nasi ini menggunakan teknik mengukus. Waktu yang dibutuhkan untuk mengukus pulut nasi ini kurang lebih 2 jam supaya pulut nasi ini tahan lama dan tidak mudah basi.

Kamu tau tidak Kalau rasa pulut nasi ini akan terasa lebih sempurna jika dilengkapi dengan olesan sambal kacang. Hmm, seperti nya terasa nikmat sekali bukan? Daripada penasaran, langsung cus ke Samarinda untuk menyantap kuliner satu ini.

Selain cita rasa dan fakta menarik nya, tentu kamu juga harus tau soal harga nya bukan?. Nah harga pulut nasi ala Samarinda ini mencakup harga sebesar 28.000 saja. Dan kau juga bisa mendapatkan nya melalui toko online seperti Tokopedia dan harganya juga tidak terlalu mahal.

12. Sate Payau

Gambar Sate Payu yang sudah siap saji
Sumber: Instagrma @info.sate

Tentu kita tahu, umumnya menikmati kuliner sate ini diolah dari daging ayam atau daging kambing bahkan dari daging sapi. tetapi untuk olahan dari Samarinda, Kalimantan timur ini berbeda, namanya sate payau. Sesuai dengan namanya, payau yang artinya rusa. Jadi sate payau khas Samarinda ini dibuat Dari daging rusa.

Nah Sate payau ini merupakan salah satu makanan khas Kalimantan timur tepatnya di Samarinda. sate payau ini juga memiliki tekstur yang sangat lembut dibandingkan dengan daging sapi dan rasanya manis karena di marinate dengan bumbu sate. Namun, Sate payau ini merupakan kuliner langka, jarang direkomendasikan, padahal rasanya sangat enak.

Sate payau ini biasanya disajikan ketika ada Festival-festival maupun acara adat yang diselenggarakan di Samarinda. Selain sate payau ini berbeda dalam hal bahan dasar daging, tapi sate ini juga berbeda dalam hal olesan bumbu yang digunakan. Dimana olesan bumbu nya pas dibakar pakai bumbu Bakaran buat ikan, soalnya bahan bumbunya banyak pakai kemiri. Cita rasa sate payau ini lebih manis dari sate lain.

Nah, beralih dari cita rasa dan cerita menarik dari sate payau, kamu juga harus tau harga menarik dari kuliner satu ini. Nah yang membuat harga sate payau ini menarik karena harganya cukup murah loh mulai dari harga 20.000 per porsi.

Nah, itulah dia beberapa jenis makanan khas Samarinda, Kalimantan timur yang wajib sekali untuk dicoba. Bukan Karena paksaan, atau apa tapi kuliner ini wajib di coba karena aneka cita rasa yang terkandung sangat beragam dan dijamin bakal ketagihan.

Jadi, saat kamu berada maupun sedang on the way ke Samarinda, kamu harus tahu dan mencoba langsung beberapa kuliner tersebut. Selain rasanya yang lezat, tapi harganya juga terjangkau. Jadi tidak ada alasan buat kamu untuk tidak menyantap hidangan spesial ala Samarinda tersebut.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja