10 Makanan Khas Sibolga yang Lezat dan Menggugah Selera

gambar makanan khas sibolga

Makanan khas Sibolga merupakan satu diantara 1000 jenis makanan di provinsi sumatera utara. Kuliner makanan yang terdapat di Indonesia sangatlah beragam dan beraneka rasa dan jenisnya. Oleh karena itu, kita patut bersyukur atas banyaknya jenis kuliner yang terdapat di negeri kita tercinta, tanah air Indonesia.

Oke, pada kesempatan kali ini kita akan menjelaskan makanan khas suatu daerah yang terdapat di Sumatera Utara. Yap, betul sekali ini kita akan membahas dan menjelaskan makanan khas daerah Sibolga, Sumatera Utara.

Mungkin terdapat banyak jenis makanan khas Sibolga yang juga ada di daerah lain, namun pada kali ini, jenis makanannya cukup jarang ditemukan di daerah lain.

Berikut beberapa penjelasan dari makanan khas Sibolga yang wajib banget kamu ketahui.

1. Ikan Panggang Geleng

Gambar ikan panggang geleng yang merupakan makanan khas Sibolga
Sumber: Facebook @Rina

Ikan panggang geleng merupakan salah satu makanan khas Sibolga. Sesuai dengan namanya, ikan panggang geleng ini di buat dengan bahan dasar ikan yakni ikan kembung. Tapi eh Tapi, walaupun namanya ikan panggang, kamu jangan tertipu dengan jenis makanan yang satu ini.

Nah loh. jadi, Walaupun namanya ikan panggang, ternyata ikan ini diproses bukan dengan cara di panggang loh, melainkan dengan cara digoreng. Sama seperti pada umumnya, ikan tersebut dengan menggunakan minyak.

Tapi sebelum di goreng, ada baiknya ikan kembung itu dibersihkan terlebih dahulu dari kotoran dan keluarkan tulang dari ikan. Kemudian setelah dikeluarkan tulang dari ikan, daging ikan tersebut diambil dan dicampurkan bersama beberapa jenis bumbu lainnya.

Nah bumbu dan bahan yang digunakan sebagai campuran ikan tersebut terdiri dari kentang yang sudah digoreng, kemudian setelah dicampur, bahan tersebut ditumbuk sampai halus bersama bumbu-bumbu tertentu.

Jika sudah ditumbuk sampai halus, masukkan hasil tumbukan tersebut ke dalam tubuh ikan dan lumuri tubuh ikan yang sudah di isi tumbukan tadi dengan tepung berbumbu atau bisa juga menggunakan tepung terigu tergantung selera kamu dirumah masing-masing. Setelah digoreng dengan menggunakan minyak yang panas, ikan panggang ( walaupun sebenarnya caranya di goreng ) geleng sudah siap dihidangkan.

Hasil dari masakan ikan panggang geleng terasa sangatlah lezat dan nikmat dan juga bagian luar dari ikan tersebut terasa garing saat dimakan. Hmm, kebayang gk sih kalau bisa mencoba hidangan spesial dan unik khas Sibolga yang satu ini. Nah, daripada hanya mengetahui fakta menarik dan uniknya tanpa tahu harganya sangatlah tidak sah.

Oleh sebab itu, supaya kamu bisa mendapatkan ikan panggang geleng ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak 13.000 an saja untuk satu porsi yang terdiri dari ikan panggang geleng 1 ekor, nasi, sambal terasi, lalapan dan kuah rebus. Hmm, murah banget gak tuh. Jangan sampe ketinggalan ya.

2. Lompong Sagu

Lompong sagu merupakan makanan khas Sibolga yang dibungkus menggunakan daun pisang
Sumber: Facebook @mendasari

Makanan berikutnya yang merupakan salah satu makanan khas Sibolga adalah Lompong Sagu. Lompong sagu ini adalah sejenis makanan kue yang sangat favorit di masyarakat, terutama pada masyarakat sibolga. Sesuai seperti namanya,Makanan Lompong sagu ini terbuat dengan bahan dasar dari sagu. Selain itu, lombong sagu juga menggunakan bahan dasar yaitu buah pisang secukupnya.

Kue lompong sagu ini pada umumnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan cara masaknya yaitu dengan cara dibakar dengan menggunakan api sedang. Nah, untuk Bahan yang biasa digunakan dalam membuat lompong sagu ini antara lain seperti gula aren atau gula merah, garam, gula pasir, air, serta parutan kelapa.

Kamu tahu tidak, kalau cara membuat kue Lompong sagu ini tergolong mudah dan praktis loh. Jadi, hal utama yang dilakukan yaitu bahan gula, garam, dan juga pisang dicampurkan, kemudian dihaluskan menggunakan mixcer agar hasil lebih maksimal, setelah itu masukkan lah tepung sagu nya kedalam bahan yang sudah dihaluskan sebelumya, setelah itu masukkan juga parutan kelapa dan air secukupnya, selanjutnya aduk semua bahan tersebut hingga tercampur rata hingga sempurna.

Setelah itu, adonan yang sudah jadi tadi dibungkus dengan menggunakan daun pisang, kemudian dibakar menggunakan api sedang. Jika sudah, tunggu beberapa saat sampai adonan matang atau sudah tercium aroma nya. Jika sudah, maka artinya adonan kue Lompong sagu sudah matang atau sudah jadi.

Oleh karena itu, keluarkan adonan dari api. Jika Lompong sagu sudah jadi, artinya kamu sudah bisa menjajah nya. Rasa manis dari gula dan juga pisang dan juga rasa gurihnya parutan kelapa menjadi satu di dalam olahan ini. Kue ini sangat cocok untuk menemani secangkir teh atau kopi hangat kamu. Selamat mencoba.

3. Kerupuk Sambal Spesial

kerupuk sambal spesial
Sumber: Facebook @

Next, makanan berikutnya yang termasuk salah satu makanan khas Sibolga adalah kerupuk sambal spesial. Berbicara soal kerupuk tentu sudah tidak asing lagi dong di lidah kamu. Nah, ternyata walaupun hanya sebuah kerupuk, masyarakat sibolga tetap menjadikan kerupuk sebagai salah satu makanan khas nya loh. Namanya kerupuk sambal spesial.

Sesuai dengan namanya, tentu kerupuk sambal spesial ini tanpa di cicipi pun kita sudah tau kalau cita rasa yang terkandung di dalamnya yakni rasa pedas dan tentunya gurih. Hmm, memang kalau kau belum mencobanya, kamu merasa cita rasanya hanya pedas dan gurih biasa saja.

Namun siapa sangka kalau Makanan ini termasuk makanan yang sangat populer untuk dijadikan sebagai oleh-oleh ( buah tangan ) dari daerah Sibolga. Kalau sudah populer tentu ada rasa spesial dong terdapat di dalamnya, sehingga banyak orang yang ingin mencoba nya.

Nah, daripada main tebak tebakan, mending kita ketahui dulu bahan yang digunakan untuk membuat kerupuk sambal spesial sibolga ini. jadi Bahan utama dari makanan ini adalah ubi singkong, ikan teri, dan juga sambal. Makanan ini ( kerupuk sambal spesial ) dijual dengan berbagai macam ukuran mulai dari ukuran kecil, ukuran kiloan, dan juga ukuran yang lebih besar lagi dari ukuran kiloan.

Untuk harga, harga kerupuk sambal spesial cukup beragam ( bervariasi ), kerupuk dengan ukuran kecil isi 30 bungkus berharga Rp60.000,00 , dan untuk ukuran kiloan, dijual dengan harga lebih murah yaitu Rp54.000,00 per 1 kilo gramnya .

Untuk rasa, seperti namanya terdapat rasa manis, rasa pedas, dan rasa asin. Ketiga rasa inilah yang akan menyatu saat kalian memakan kerupuk sambal spesial ini yang membuat kamu ketagihan mencicipi nya.

4. Ikan Panggang Paccak

Ikan panggang paccak merupakan makanan khas Sibolga
Sumber: Facebook @srie Inayah zebua

Ada lagi loh makanan khas Sibolga yang berbahan dasar ikan, namanya adalah ikan panggang paccak. Berbeda dengan ikan panggang geleng, ikan panggang paccak sesuai dengan namanya, dimana ikan nya benar-benar dimasak dengan cara dipanggang.

Sesuai dengan namanya juga, makanan ini dimasak dengan cara paccak yang berasal dari bahasa setempat, yang kalau di artikan kedalam bahasa Indonesia berarti paccak memiliki arti tepuk atau bisa juga ditepuk-tepuk. Oleh sebab itu, ikan ini cukup unik karena arti dari namanya.

Ikan ini akan dibungkus atau dibaluti dengan menggunakan bumbu rempah yang cukup banyak selanjutnya ikan tersebut di panggang dengan menggunakan panggangan diatas asalan api kayu bakar. Saat proses pemanggangan akan ada proses pemupukan dengan menggunakan serai.

Kenapa di lakukan ini? Karena dengan dilakukannya ( menepuk menggunakan serai ) akan memberikan aroma harum pada ikan. Perpaduan antara wangi dari batang serai dengan rempah yang menyelimuti ikan akan membuat ikan semakin nikmat untuk disantap. Proses pemanggangan ini lah yang menjadi ciri khas unik dari olahan ini.

Baca Juga: Makanan khas Garut yang unik dan menggugah selera

5. Sambal Andaliman Sibolga

Gambar sambal andaliman sibolga
Sumber: Facebook @nopa Rista sagala

Bagi kalian yang suka dengan cita rasa pedas atau pecinta rasa pedas jangan lewatkan salah satu makanan khas Sibolga, yap betul sekali itu adalah Sambal Andaliman Sibolga. Sebuah perpaduan yang sempurna dari rasa pedas dan sedapnya yang terdapat di dalam sambal membuat siapapun tidak bisa berhenti makan setelah mencoba sambal ini.

Sambal ini juga harganya tergolong cukup ramah dikantong kamu loh, dengan menggunakan kemasan yang higienis, sambal ini bisa menjadi pilihan untuk dibagikan kepada keluarga tercinta di rumah. Bahan-bahan untuk membuat sambal ini antara lain bawang putih, bawang merah, minyak goreng, cabai, andaliman, kemiri, garam,dan jeruk nipis.

Proses membuat sambal ini adalah menyangrai semua kecuali andaliman dan cabai. Cabai digiling sampai halus yang kemudian dicampurkan dengan andaliman, bumbu yang sudah kita sangrai tadi dan kemudian tambahkan perasan jeruk.

6. Nasi Tue

Gambar nasi tue yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Facebook @Anita Tamba Nita tamba

kalau nasi, tentu sudah seluruh penghuni dunia sudah tau apa itu Nasi. Karena nasi bagian dari 5 sehat 4 sempurna, jadi sangat tidak mungkin jika kamu tidak tau apa itu nasi. Nah, mungkin selama ini kamu hanya mengkonsumsi hidangan nasi yang biasa saja tanpa rasa. Kecuali nasi goreng, nasi uduk dan lain sebagainya.

Nah, kalau nasi tue? Apakah kamu sudah pernah coba? Nah, jadi nasi tue ini merupakan hidangan penutup bisa juga pembuka yang berasal dari daerah Sibolga. Nasi Tue, ini cukup favorit loh. Nah, Sajian nasi tue ini berbahan dasar dari beras ketan putih. Nasi Tue ini memiliki bentuk yang hampir mirip dengan bola-bola berukuran kecil. Hal itu lah yang menjadi salah satu keunikan yang terdapat di dalam nasi tue.

Cara penyajiannya juga cukup mudah dan simple, yaitu dengan cara disiram dengan kuah bercita rasa manis juga dicampur dengan buah durian. Cita rasa manis, gurih dan legit menyatu di dalam mulut ketika dikunyah. Hmm, perfect lah.

Setelah tahu fakta menarik dari nasi tue ini, tentu timbul rasa ingin mencobanya bukan? Nah, buat kamu yang lagi badmood tapi ngidam pengen makan nasi tue ini, kamu bisa loh mendapatkan nya dengan mengeluarkan uang yang sangat bersahabat dengan isi kantong kamu. Dijamin gak bakal nyesel deh. Nah harga dari nasi tue ini hanya berkisar antara harga 10.000 hingga 15.000 an saja untuk satu porsi ditambah bonus kuah manis legit yang menambah cita rasa nasi tue ini.

7. Mie Gomak

Mie gomak merupakan salah satu makanan khas Sibolga yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @Rika pratiwi

kenal dengan mie? Tentu berbicara soal mie sudah tidak asing lagi ditelinga bahkan di lidah masyarakat, terutama masyarakat Indonesia yang sudah tergila gila akan rasa mie. Nah, untuk mie instan sudah. Lalu, kalau mie gomak gimana? Apakah kamu sudah pernah coba? Jangan kan mencoba apakah kamu sudah pernah dengar? Jadi makanan mie gomak ini adalah salah satu makan khas dari sibolga. Siapa yang tidak kenal olahan mie yang berasal dari Sibolga ini?

Makanan ini sangat mudah ditemukan di setiap tempat yang menjajakan makanan khas Sibolga. Dalam proses memasaknya, Mie Gomak bisa dibilang cukup menarik untuk dibahas karena tahapnya cukup mudah, praktis, dan sederhana loh. Kenapa? Karena mie ini dimasak dengan menggunakan tungku tradisional khas Sibolga. Hal ini bertujuan untuk menjaga keaslian rasa dari makanan ini.

Selain itu juga keunikan lainnya, yaitu bahan dasarnya berasal dari bumbu bumbu tradisional dengan ciri khas daerah Batak yakni andaliman. Oleh sebab adanya campuran andaliman ini lah yang membuat cita rasa mie gomak menjadi lebih enak dan berbeda dari mie lainnya.selain itu Ada juga bahan lainnya seperti kunyit, serai, lengkuas, cabai dan bawang.

Nah, bahan sudah, teknik pembuatannya juga sudah, dan cita rasa bahkan keunikan yang dimiliki juga sudah. Namun soal harga bagaimana?. Memang tahap pembuatannya mudah, namun kalau kamu sedang badmood, tentu saja sangat tidak dipercaya mau memasak mie gomak dari rumah.

Oleh sebab itu kamu juga harus tau harga dari mie gomak ini. Jadi, harga dari mie gomak ini cukup murah loh, mulai dari harga 5.000 hingga 10.000 an saja loh untuk 1 porsinya yang terdiri dari mie gomak, kerupuk, bahkan da juga sambal kacang jika kamu mau mencampurkan nya. Selamat mencoba.

8. Pale Badar ( Pepes Ikan Teri )

Gambar pepes ikan teri yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @Masita putri

Next, makanan khas Sibolga yang akan dibahas adalah Pale Badar. Mungkin kalian sering bertanya, kenapa pale badar mirip seperti pepes? Ya, karena pada dasarnya pale itu berarti pepes. Apa itu badar? Badar memiliki arti ikan teri. Sehingga, Pale Badar memiliki arti pepes ikan teri berdasarkan bahasa daerah setempat. Walaupun bernama Pale Badar, ternyata isinya tidak harus berisi pale ( ikan teri ) terkadang bisa juga terbuat dari ikan tuandeman dan ikan jara.

Bahan untuk membuat Pale Badar selain ikan teri diantaranya kelapa parut, kunyit, garam, daun singkong, dan daun pisang yang bertujuan sebagai pembungkus Pale Badar. Selain itu ada bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, kunyit dan serai.

Untuk pembuatannya cukup sederhana, pertama haluskan semua bumbu-bumbu rempah, kemudian campurkan bumbu halus tersebut dengan ikan teri dan juga parutan kelapa. Kemudian daun pisang dicuci hingga bersih. Selanjutnya siapkan daun pisang yang tadi sudah dicuci bersih tadi dengan letakkan daun singkong di atas daun pisang kemudian taruh beberapa bahan yang kita sudah campur tadi, setelah itu dibungkus dan dipanggang atau juga bisa dengan cara di kukus.

9. Ikan Teri Sibolga

Ikan teri sibolga merupakan makanan khas yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @ikan teri sibolga

Ikan teri Sibolga termasuk ke dalam makanan khas Sibolga. Karen Sibolga terletak di sekitar pesisir pantai, jadi tidak heran jika Sibolga merupakan daerah yang kaya akan Sumber daya laut nya, salah satunya ialah ikan teri. Ikan teri yang dihasilkan di Sibolga sebagian besar merupakan jenis ikan teri nasi. Ikan teri nasi namanya, tapi bukan berarti ikan teri campur nasi.

Kenapa namanya ikan teri nasi? Karena bentuk dari ikan teri ini cukup kecil, sehingga menyerupai bentuk nasi. Oleh sebab itulah, mengapa namanya disebut ikan teri nasi.

Yang lebih membanggakannya lagi, ternyata Ikan Teri Sibolga populer hingga menembus mancanegara, bahkan ikan teri yang berasal dari daerah Sibolga ini dijadikan komoditas ekspor dan telah memuncaki pasar dagang di Asia seperti China dan Hongkong.

Harga dari ikan teri nasi ini tergolong mahal loh. Tentu tidak heran sih, karena dibalik harganya yang mahal, terdapat kualitas ikan dengan kandungan yang begitu bagus sehingga harganya sesuai dengan kualitas barangnya. Jadi harga dari ikan teri nasi ini sekitar 60.000 untuk 1 kilogram.

10. Ebi ( Udang Kering )

Ebi atau udang kering khas Sibolga juga termasuk makanan makanan khas Sibolga. Ebi khas Sibolga ini terkenal dalam kalangan wisatawan, karena banyak para wisatawan yang menjadikan atau udang kering ini sebagai kuliner untuk menemani sepanjang hari harinya saat mengunjungi beberapa wisata alam yang ada di Sibolga. Tentu Bukan Tanpa Alasan Banyak masyarakat atau wisatawan yang menjadikan dirinya sebagai cemilan favorit. Ebi ini menjadi favorit tentu karena cita rasanya yang begitu unik dan selera.

Terlepas dari citarasa nya, Terdapat berbagai jenis kelas dan ukuran yang ditawarkan untuk memenuhi keinginan pembeli. Untuk harganya, tidak perlu khawatir karena harga yang diberikan sangat terjangkau dan dijamin isi dompet kamu mampu membelinya, tergantung berat dan kelas yang ditawarkan oleh penjualnya.

Ebi ini bisa disimpan dalam kurun waktu yang cukup lama loh sehingga bisa dimasak kapan saja sesuai kebutuhan dan kapan diperlukannya. Ebi ini juga dapat diolah sesuai keinginan masing-masing. Hmm, bisa dibilang makanan ini multifungsi ya, karena bisa diolah sesuai selera, dan bisa diolah kapan saja kita mau. Karena kekuatannya yang cukup lama.

Itulah beberapa jenis makanan khas dari daerah Sibolga Sumatera Utara yang memiliki beragam cita rasa dan beberapa bentuk yang berbeda-beda dan tentunya unik yang mampu mencuri perhatian kamu. Mungkin ada beberapa diantara kamu yang belum sempat datang ke Sibolga untuk mencoba beberapa kuliner ini sambil menikmati keindahan alam di sana.

Namun jangan khawatir karena walaupun kamu tidak bisa menikmatinya langsung ke Sibolga. Kamu juga bisa membuatnya sendiri dirumah walaupun dari cita rasanya tentu berbeda namun bisa saja kamu ikuti sesuai dengan resep yang diracik khusus oleh masyarakat tersebut.

Nah jadi buat kamu yang sedang berada di Sibolga sangat tidak sah dan tidak lengkap sekali Jika kamu berada disana tanpa mencicipi salah satu diantara makanan khas Sibolga tersebut kalau tidak bisa 1 ya semuanya saja. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.