15 Makanan Khas Tanjung Balai Yang Enak dan Unik

Gambar makanan khas tanjung balai

Makanan khas Tanjung Balai, sumatera Utara sudah menjadi salah satu daerah pilihan yang cukup terkenal. Bukan hanya makanan saja, di tanjung balai juga terkenal akan keindahan alam dan penghasilan lautnya yang begitu banyak, sehingga berdirinya sebuah perusahaan yang sudah terkenal.

Sangat tidak heran karena Indonesia memiliki berbagai macam daerah dan setiap daerah memiliki makanan khas dengan cita rasa yang khas di setiap daerahnya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas beberapa makanan khas salah satu daerah di Sumatera Utara, yakni Tanjung Balai. Mulai dari makanan manis, pedas, kriuk kriuk, gurih, asam manis, dan pastinya lezat.

Berikut ini beberapa makanan khas tanjung balai yang wajib banget diketahui terutama yang sedang berkunjung ke tanjung balai, diantaranya :

1. Roti Klatak

Roti katalak merupakan makanan khas tanjung balai yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @luthfia baturaja

Roti klatak adalah salah satu contoh makanan khas dari daerah Tanjung Balai, Sumatera Utara. Roti ini termasuk makanan khas yang sudah melengendaris dari daerah Tanjung Balai. Makanan ini sudah ada dari sejak tahun 1990-an dan roti ini telah dibuat dengan menjaga kelestarian resep secara turun-temurun.

Untuk bentuknya, Roti klatak ini mempunyai bentuk yang kecil dan memiliki cita rasa yang begitu khas. Roti klatak ini sangat cocok loh dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh khas dari daerah Tanjung Balai, Sumatera Utara.

Bahan-bahan untuk membuat roti klatak ini antara lain, tepung terigu, gula, garam, mentega, dan pengembang. Proses pembuatannya dimulai dari campurkan semua bahan yakni tepung terigu secukupnya, gula secukupnya, garam secukupnya, mentega secukupnya, dan pengembang secukupnya tambahkan air secukupnya.

Kemudian Aduk hingga tercampur rata. Setelah itu adonan dibentuk bulat-bulat kecil sampai proses pembakaran dengan menggunakan tungku tradisional selama kurang lebih 4 jam.

Untuk harganya, roti klatak ini dibandrol dengan harga yang cukup murah loh, tidak jauh beda dengan harga roti biasanya. Jadi harga kue klatak ini hanya Rp1.000,00 per bungkus. Nah loh, roti enak khas klatak dengan harga segitu kamu sudah bisa jadikan oleh oleh tandanya kamu sudah dari Tanjung balai.

2. Ikan Gulai Masam

Gambar ikan gulai masam yang merupalan salah satu makanan khas Tajung Balai yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @astra honda care

Selanjutnya, ada ikan gulai masam yang merupakan salah satu makanan khas daerah Tanjung Balai. Sesuai dengan namanya, Bahan utama dari makanan ini adalah ikan. Untuk jenisnya yakni ikan kakap.

Selain itu ada bahan bahan lainnya, yang terdiri dari cabai merah, tomat, kemiri, ketumbar, jahe, kunyit, bawang putih dan bawang merah. Warga Tanjung Balai menyebut makanan ini ikan gulai masam. Ikan gulai masam ini memiliki cita rasa asam, gurih, dan pedas yang menjadi sensasi utama masakan ini.

Proses untuk memasak ikan gulai masam ini adalah, tahap pertama, ikan kakap dicuci sampai bersih. Kemudian bumbu-bumbu yang sudah disiapkan tadi dihaluskan dengan cara diulek atau bisa juga di blender, selanjutnya setelah bumbu tersebut halus, tumis bumbunya sebentar dan masukkan air secukupnya.

Kemudian ikan dimasak dalam bumbu tersebut selama kurang lebih 30 menit, kemudian tambahkan daun kemangi ke dalam masakan tadi. Untuk harganya, dibandrol dari harga Rp90.000,00 – Rp100.000,00 per porsi.

3. Ikan Asin Mayung

Gambar ikan asin manyung
Sumber: Facebook @rachmat

Selain ikan gulai masam, ternyata ada juga loh Olahan ikan lainnya. Namanya ikan asin manyung. Makanan khas daerah Tanjung Balai yang satu ini juga cukup populer loh di tanjung balai. Kalau orang di kota-kota besar mengenal makanan yang bernama Jambal yaitu ikan yang diasinkan dan pada umumnya digunakan ikan jenis ikan Kakap. Namun ikan ini ( Jambal ) harganya lumayan mahal sehingga beberapa orang yang sanggup untuk mengkonsumsi ikan satu ini.

Namun, lain hal untuk orang Tanjung Balai tidak terlalu memperdulikan itu karena di kota Tanjung Balai itu sendiri mempunyai ikan asinnya sendiri, yap itu adalah Ikan Asin Mayung. Ikan yang digunakan adalah ikan Mayung, yaitu ikan yang bentuknya mirip dengan ikan patin, tetapi ikan Mayung tempat hidupnya berada di laut.

Untuk ikan ini, biasanya diolah seperti dipotong-potong kecil-kecil hingga mirip dengan bentuk dadu kemudian dibuat sambal goreng, ada juga yang dibuat gulai dengan campuran daun labu lemak atau daun ubi tumbuk. Untuk ukurannya, ikan ini berukuran dari berat 1 kg hingga 2,5 kg.

4. Pisang Tajopit

Selanjutnya, ada pisang tajopit yang merupakan salah satu makanan khas Tanjung Balai, Sumatera Utara. Olahan ini dimasak dengan cara dibakar diatas arang, tetapi sebelum dibakar pisang dijepit menggunakan kayu.

Hidangan pisang tapojit ini cukup langka bahkan tidak ada di daerah lain selain tanjung balai, jadi saat kamu berada di tanjung balai, jangan sampai ketinggalan untuk mencoba olahan pisang khas tanjung balai ini.

Biasanya hidangan ini disajikan di dalam mangkuk merah, kemudian disiram dengan kuah dari kolak nangka. Makanan ini tidak dapat dijumpai di kota lain dengan kata lain, makanan ini hanya dapat dijumpai di Kota Tanjung Balai. Makanan ini hanya dibandrol dengan harga Rp5.000,00 per porsi.

5. Lendot

Lendot merupakan makanan khas Tanjung balai yang terbuat dari sagu
Sumber: Facebook @aisyah ajhe

Berikutnya, makanan yang berasal dari Tanjung Balai adalah Lendot. Makanan ini tergolong dalam jenis makanan yang legendaris. Menurut cerita orang-orang sekitar, makanan ini khusus untuk golongan raja-raja, tetapi seiring berjalan nya waktu, pada masa ini Lendot merupakan makanan yang sudah dapat dinikmati setiap orang tanpa batasan.

Bahan utama untuk membuat makanan ini adalah sagu. Selain itu, makanan ini memiliki beberapa kandungan gizi yang baik untuk tubuh karena bahan bahannya selain sagu ada beberapa jenis sayur sayuran yang diantaranya adalah pakis, sayur kangkung, dan daun katuk. Dan Ada Pula aneka seafood yang digunakan untuk hidangan ini antara lain udang, kerang dan sotong.

Nah, untuk makanan ini, terdiri dari kuah. Namun kuahnya tidak berbentuk cair melainkan mempunyai tekstur yang mirip seperti lendir. Untuk lendirnya sendiri berasal dari olahan sagu yang sudah dihaluskan sehingga menjadi tepung.

Baca Juga: Makanan khas Tebing Tinggi yang unik dan lezat

6. Pisang kopit

Pisang kopit merupakan Pisang yang11/12 dengan pisang Tajopit karena sama sama disajikan menggunakan kuah.
Sumber: Facebook @juli handayanie

Siapa nih yang pecinta buah pisang? Kalau kamu salah satunya, tentu sudah pernah dong mencoba beberapa olahan dari buah pisang. Buah pisang ini bisa diolah menjadi beberapa makanan enak loh, mulai dari diolah menjadi kue bolu, kripik pisang, pisang goreng, dan lain sebagainya. Nah, selain itu, ternyata ada juga loh Olahan pisang spesial dari salah satu daerah di Sumatera Utara. Namanya pisang kopit.

Pisang kopit ini 11/12 dengan pisang Tajopit karena sama sama disajikan menggunakan kuah. Pisang kopit ini sudah menjadi salah satu makanan khas daerah di tanjung balai sumatera Utara. Penyajian pisang kopit ini sangat jauh beda loh dari penyajian pisang lainnya. Dimana pisang kopit ini disajikan dengan kuah yang sangat lezat.

Nah, sesuai dengan namanya, makanan lezat yang satu ini dibuat dengan bahan dasar dari pisang. Dimana buah pisang tersebut diolah dengan cara menggoreng kemudian dicampur dengan kuah lezat dan tidak lupa menambah topping berupa kezu di atasannya. Sehingga kenikmatannya semakin menggugah selera.

Pengolahan pisang pada makanan yang satu ini bisa dilakukan dengan beberapa cara sebelum digoreng yang pertama ada yang hanya mengupas buah pisangnya kemudian di goreng dan ada juga menghaluskan buah pisangnya terlebih dahulu, kemudian dicampur dengan tepung, setelah itu baru digoreng. Tergantung selera dan mood kamu membuatnya.

Untuk harga dari pisang kopit ini sangat murah loh, mulai dari harga 5.000 an saja loh, kamu sudah bisa menyantap hidangan spesial khas tanjung balai ini.

7. Kerang serundeng

Gambar kerang sardeng dengan nasi
Sumber: Facebook @cindt puspita

Sesuai dengan namanya, kerang serundeng ini dibuat dari bahan dasar kerang. Kerang serundeng ini memiliki cita rasa manis, pedas, asin serta gurih. Benar benar maknyus deh rasanya.

Bahan membuat kerang serundeng ini terdiri dari 150 kerang yang sudah dibersihkan satu persatu, 150 gram kelapa parut, setengah sendok teh bubuk penyedap rasa, 2 sendok teh garam, ketumbar, kemiri dan lada kasar, yang masing-masing satu sendok teh dan gula merah, sedangkan bumbu basah nya di sini ada 4 siung bawang putih, 5 butir bawang merah, 7 biji cabe rawit, 2 lembar daun salam, serai seruas ibu jari, lengkuas.

Hal pertama yang dilakukan yakni, kita bersihkan dulu bahan-bahannya, setelah semuanya sudah dicuci, sekarang kita potong-potong dulu bahannya supaya menguleknya tidak terlalu ngoyo. Nah kalau sudah setengah halus, masukkan penyedap rasanya dan garamnya sekalian, selanjutnya kita ulek lagi sampai halus. Lalu Geprek lengkuasnya. Kemudian Gula merahnya diiris.

Jika Prosesnya sudah selesai, siapkan wadah bersih dan isi minyak secukupnya lalu nyalakan api nya, kita tunggu sampai minyaknya panas. setelah minyaknya benar-benar panas langsung masukkan bumbu halus nya.

Kemudian aduk sampai mengeluarkan aroma harum, kemudian masukkan kerang yang sudah dibersihkan, lalu aduk sampai tercampur rata, selanjutnya masukkan kelapa parutnya dan aduk aduk sampai tercampur rata, lalu tambahkan air secukupnya dan aduk kembali.

Dan yang terakhir masukkan gula merah dan aduk lagi sampai gulanya larut. Jika sudah mendidih, kecilkan apinya, lalu biarkan sampai bumbu nya meresap. Jika warnanya sudah agak kecoklatan, itu artinya sudah matang dan sudah bisa koreksi rasa. Jika sudah pas, tuangkan ke dalam wadah. Dan serundeng kerang sudah siap disajikan.

8. Terasi udang tanjung Balai

Gambar terasi udang tanjung balai
Sumber: Facebook @nilawati elysa

Tanjung Tanjung balai Asahan Sumatera Utara daerah dengan hasil laut yang melimpah telah menjadi inisiatif berdirinya perusahaan UD sumber nelayan pada tahun 1983. seiring berjalannya waktu UD sumber lumayan berubah menjadi perusahaan berbadan hukum yakni PT sumber nelayan Indonesia.

PT sumber nelayan Indonesia bergerak dibidang produksi bumbu masak dengan cita rasa khas asli Indonesia merupakan pabrik pengolahan udang rebon di Indonesia yang telah berhasil meningkatkan kesejahteraan hidup nelayan dan juga ikut menciptakan dan mengembangkan lapangan pekerjaan bagi penduduk sekitar untuk tujuan mempercepat proses pengeringan terasi dengan baik dan sempurna.

proses produksi dan menjadikan menjadi lebih berkualitas dengan menggunakan teknologi dan inovasi terbaru membantu proses pengemasan yang bersih cepat dan rapi sehingga produk terkemas dengan baik ketika dipasarkan dan siap untuk dikonsumsi . Jadi tidak heran jika terasi udang tanjung balai ini menjadi salah satu oe ghasilan sekaligus makanan khas asal tanjung balai.

9. Bubur pedas tanjung balai

ini dia bubur pedas yang merupakan salah satu menu yang kerap dijumpai saat bulan Ramadhan bubur kesukaan kesultanan Deli ini menjadi menu idola warga sebagai hidangan berbuka bubur yang terbuat dari rempah-rempah sayuran dan aneka hasil laut. Seperti, udang cumi dan juga kerang ini akan semakin nikmat ketika disantap dalam kondisi panas untuk bisa mendapatkan bubur pedas di bulan Ramadhan ini udah hampir sebagian penjual takjil di Tanjungbalai ini selalu menyajikan bubur yang super lezat ini.

Baca Juga: Makanan khas Padang Sidempuan yang unik dan lezat

10. Cha Cha

Cha Cha itu bukan tarian. Kalau Tanjung balai Cha Cha itu masakan tumis tumisan bisa juga gorengan. Chacha ini sejenis mie Tiau yang dibuat dengan teknik menggoreng bersamaan dengan bumbu bumbu rempah pilihan.

Cita rasanya begitu lezat, dan dijamin bakal ketagihan. Akan lebih nikmat jika dinikmati dengan olesan cabai khas tanjung balai. Pada hidangan Cha Cha ini, selain mie ada juga loh udang, telur bebek, dan daging. Namun jika kamu tidak suka telur bebek, atau udang, kamu bisa requestnya dengan penjualnya.

Untuk harga dari Chacha ini jika dilihat dari hidangannya, tidak heran jika dijual dengan harga yang cukup mahal untuk hidangan sejenis mie. Jadi harga dari Cha Cha ini sebesar 29.000 hingga 32.000 tergantung porsi yang kamu minta

11. Bakso kuburan mantan

Bakso kuburan mantan merupakan makanan khas tanjung balai yang unik dan menggugah selera.
Sumber: Facebook @mie dan bakso kontak 60

Hah? Bakso kuburan mantan? Bakso apaan tuh? Hmm, penasaran kan? Nah bakso aneh tapi nyata yang satu ini adalah salah satu bakso hasil olahan masyarakat tanjung balai. Bakso yang satu ini sangat viral di tanjung balai, bahkan sampai ke luar tanjung balai Karen keunikan mulai dari nama dan bentuk baksonya.

Yang menjadi alasan bakso ini dinamakan bakso kuburan mantan yakni mulai dari penyajiannya dibentuk seperti menyerupai kuburan, dan yang membuat unik yakni ada tulisan seperti di batu nisan yaitu mantan binti kenangan, lahirkan cinta meninggalkan duka. Wadaw, buat yang sedang putus secara tidak baik baik, boleh nih dicoba bakso khas tanjung balai. Dijamin hilang semua rasa kesal dihati karena mantan.

Cita rasa bakso kuburan mantan ini memiliki ukuran yang cukup besar, yang menjadi pembeda bakso ini dengan bakso lainnya adalah, Jiak pada bakso biasanya isiannya ada telur, nah untuk bakso kuburan mantan ini isiannya sosis, jadi istilahnya itu dijadikan sebagai mayat si mantan. Memang sesuailah nama dengan kualitas bakso yang disajikan. Agak agak horor, namun rasanya lezat.

Harga dari bakso aneh tapi unik khas tanjung balai ini tergolong murah loh, sesuailah kualitas harga dengan kualitas bakso yang disajikan. Harga nya hanya 35.000 saja untuk 1 porsi. Hmm, buat kamu yang berkunjung ke tanjung balai, wajib banget mencoba bakso yang satu ini. Dijamin bakal lepas mantan plus perut kenyang, haha.

12. Miso gurita air Joman

Sesuai dengan namanya, miso gurita air joman ini dibuat dengan bahan dasar mie, gurita, dan air.
Wow, sajian dengan bahan gurita dicampur mie. Cukup unik dan langka bukan?.

Buat kamu pecinta makanan laut, wajib banget nih mencoba miso gurita air joman ini. Dijamin bakal ketagihan deh. Mungkin khusus olahan gurita sudah banyak ditemui di beberapa daerah tertentu, terutama daerah yang penghasilannya banyak dari laut.

Namun untuk miso gurita air joman ini hanya ada di tanjung balai loh. Jadi sangat tidak sah jika kamu ke tanjung balai tanpa mencoba hidangan spesial dan unik yang satu ini.

Harga dari miso gurita air joman ini hanya 17.000 an saja untuk 1 porsi hidangan. Hmm, buat kamu yang penasaran boleh langsung on the way ke tanjung balai sekarang juga.

13. Bakso kelapa kepiting

Gambar bakso kelapa kepiting yang banyak di sukai berbagai kalangan
Sumber: Facebook @suci admarisa panjaitan

Hmm, apalagi nih? Bakso kelapa kepiting? Bakso yang gimana lagi nih? Memang tanjung balai ini penuh dengan keunikan yang membuat pengunjung semakin penasaran untuk mencoba nya.

Jadi, sesuai dengan namanya mungkin kita berfikir kalau bakso kelapa kepiting ini bisa disajikan dari buah kelapa ditemani bakso dan kepiting, atau bakso di satu padukan dengan kelapa dan kepiting, atau bagaimana?

Nah daripada penasaran yuk, simak beberapa penjelasan berikut ini. Jadi bakso kelapa kepiting ini disajikan dengan kelapa muda yang dikupas namun airnya dikeluarkan, kemudian diisi dengan beberapa bakso dan daun, kemudian diberi kuah, kemudian ditambahkan kepiting diatasnya. Oleh sebab itulah, mengapa bakso yang satu ini juga sangat viral di kalangan masyarakat tanjung balai, bahkan sampai dari daerah lain mampir ke tanjung balai demi bakso ini.

Harga dari bakso kelapa kepiting ini cukup mudah loh, harga sesuai dengan kualitasnya. Harganya hanya 30.000 saja untuk satu porsi. Saat kamu di tanjung balai, kamu bisa mendapatkan makanan ini di jl. Jenderal Ahmad Yani.

14. Nasi kukus gulai Kawah

Buat kamu yang sedang berada di daerah tanjung balai, sumatera utara. Jika bingung untuk Menu makan siang hari, ini ada menu nasi hangat yang unik namanya nasi kukus gulai ayam bacok. makanan khas yang satu ini sebenarnya berasal dari Malaysia.

karena, si pembuat nasi kukus ini sempat berada di Malaysia cukup lama, jadi ia menjadikan resep nasi kukus ini sebagai makanan khas dari Tanjung balai. Makanan yang dipadu dengan ayam kukus dengan 13 macam bumbu ini dijamin bikin ketagihan

Terletak di pasar 11 air joman Asahan, sebuah warung kuliner hadir dengan citarasa unik dan menarik dan nasi kukus gulai ayam bacok namanya. dari namanya saja kita sudah membayangkan nasi yang masih mengepul karena dibungkus dengan gulai ayam yang dikukus terlebih dahulu.

Jangan lupa menggunakan daun sehingga membuat nasi ini terasa wangi. sambil menunggu nasi hangat ayam yang telah dipotong-potong dengan cara dipacok gitu masak setelah menjadi rapuh dan gurih Dan diberikan bumbu bumbu secukupnya.

15. Cendol original

Gambar Cendol original yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @wilan lamundu

Terlepas dari jenis makanan. Yang beragam cita rasa, ada juga loh minuman enak khas tanjung balai. Namanya cendol original. Mungkin cendol ini bisa kita temui di beberapa daerah dan hampir seluruh daerah di Indonesia. Dan cita rasanya tidak jauh beda. Sama halnya untuk cendol khas tanjung balai ini, hampir sama dengan cendol lainnya.

Untuk cendol original khas tanjung balai ini disajikan bersamaan dengan es. Jadi cocok untuk menemani hari harimu di musim kemarau. Karena cendol ini disajikan dengan es. Pokoknya mantap dehh.

Nah, itulah 15 jenis makanan khas tanjung balai yang enak dan menarik dan wajib untuk dicoba.Mulai dari rasa manis, pedas, asam, gurih yang membuat lidah tergoyahkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.