10 Makanan Khas Tebing Tinggi yang Unik dan Lezat

gambar makanan khas tebing tinggi

Makanan khas Tebing Tinggi merupakan makanan yang banyak diminati berbagai kalangan ketika berada di kota tersebut. Dalam dunia kuliner Nusantara, terdapat banyak makanan khas daerah masing-masing dari Sabang sampai Merauke.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan membahas sekaligus menyebutkan makanan khas yang berasal dari salah satu daerah yang terdapat di Sumatera Utara, yaitu Tebing Tinggi.

Makanan khas tebing tinggi merupakan makanan khas berasal dari Sumatera Utara yang terdiri dari beberapa varian rasa dan jenis makanan Yang berbeda beda.

Daripada penasaran yuk, simak beberapa penjelasan dari makanan khas tebing tinggi.

1. Lemang Batok

Lemang batok merupakan makanan khas Tebing Tinggi yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Facebook @ali fozasa

Lemang batok yang terbuat dari bahan–bahan yang cukup sederhana yaitu ketan yang kemudian dicampur oleh santan ini merupakan makanan yang tidak hanya populer, melainkan sangat populer di Kota Tebing Tinggi.Kalau kita lihat lagi secara seksama, makanan lemang mirip dengan makanan yang berasal dari daerah Jawa, yaitu Lontong.

Walaupun lemang sudah tidak asing di telinga kita, lemang batok merupakan jenis lemang yang sangat terkenal dari Kota Tebing Tinggi sehingga Tebing Tinggi sering dijuluki sebagai Kota Lemang oleh masyarakat di Indonesia. Pada awalnya, makanan lemang batok ini dibawa oleh seorang perantau yang berasal dari Provinsi Sumatera Barat yaitu dari daerah Padang menuju Kota Tebing Tinggi.

Kenapa nama makanan ini dinamai lemang batok? Makanan ini dinamakan lemang batok karena cara membuatnya, yaitu dengan cara membakar lemang tersebut menggunakan arang yang berasal dari batok kelapa maupun serabut kelapa dan menggunakan bambu sebagai tempatnya.

Dalamnya pun menggunakan daun pisang yang berumur muda sebagau pembungkus untuk bagian dalam bambu. Untuk prosesnya sendiri tergolong cukup lama, yaitu selama 4 ( empat ) jam.

Setelah kulit luar bambu berubah menjadi kehitaman, lemang batok siap sajikan. Lemang batok sudah ada dari 55 ( lima puluh lima ) tahun silam. Pencipta dan pemilik lemang batok yaitu Haji Abu Bakar Sikumbang dan Haji Siti Maimunah Sinaga yang kini sudah meninggal.

Di masa sekarang, lemang batok tetap dilestarikan dari generasi ke generasi berikutnya, hingga sampai ke generasi ketiga sebagai penerusnya. Hingga saat ini, lemang batok tidak hanya terkenal di Sumatera Utara maupun di Indonesia, kini lemang batok sudah di kenal hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Cina, Korea, dan Singapura.

Bahan bahan yang digunakan 1 kilogram 1 kg beras ketan 1 liter santan kelapa

1 sendok teh ( 1 sdt ) garam
1 tangkai daun pisang muda ( ambil bagian daun )
2 batang buluh bambu ( dibersihkan bagian dalam dari buluh bambu )

Cara membuat Pertama beras ketan dicuci terlebih dahulu lalu tiriskan. Kemudian, tambahkan santan kelapa dan garam ke dalam beras ketan yang sudah dicuci. Selanjutnya, siapkan bambu dan lapisi bagian dalam dengan daun pisang kemudian masukkan beras ketan yang telah diberi santan kelapa sebanyak ¾ dari bagian bambu kemudian tutup bagian atas bambu dengan daun pisang.

Yang terakhir, siapkan api lalu bakar bambu yang sudah berisi beras ketan hingga matang. Setelah matang, keluarkan lemang tersebut dari dalam bambu dan kemudian potong-potong lemang tersebut, dan setelah itu sajikan.

Untuk harganya sendiri, lemang batok biasanya dijual berdasarkan ukuran bambunya. Untuk ukuran bambu kecil berkisar di harga Rp30.000,00 , untuk ukuran sedang berkisar di harga Rp40.000,00 , dan untuk ukuran besar berkisar di harga Rp50.000,00.

2. Mie Rebus Soponyono

Gambar mie rebus yang unik dan lezat
Sumber: Facebook @hendra spayco spayco

Daerah Tebing Tinggi, Sumatera Utara tidak hanya dikenal mempunyai kuliner khas legendaris, seperti lemang batok dan roti kacang, tetapi daerah Tebing Tinggi juga dikenal penjual mie rebus legendaris dari zaman setelah kemerdekaan bernama Soponyono.

Soponyono merupakan bahasa Jawa yang memilik arti dalam bahasa Indonesia, yaitu Siapa Sangka. Nama ini dibawa dari daerah Jawa Timur oleh Baharuddin menuju daerah Sumatera yakni daerah Kota Tebing Tinggi.

Nama itu pun menjadi nama usahanya karena merupakan sebuah nama yang cukup unik untuk menarik perhatian konsumen. Beliau pun berdagang dengan menggunakan nama tersebut sejak tahun 1948 di Kota Tebing Tinggi.

Menu mie rebus dan sate daging sapi dengan menggunakan kuah kacang merupakan menu andalan. Menu ini merupakan makanan yang dibawa dari daerah Nganjuk menuju Tebing Tinggi. Pada tahun 1975, harga mie rebus berada di harga Rp25,00 , tetapi untuk harga pada saat ini mie rebus tersebut berkisar di harga Rp13.000,00.

3. Halua

Halua merupakan makanan khas Tebing Tinggi dan halua mirip dengan manisan seperti biasa yang terbuat dari buah-buahan
Sumber: Facebook @semua Tebing Tinggi

Halua merupakan makanan khas Tebing Tinggi dan halua mirip dengan manisan seperti biasa yang terbuat dari buah-buahan. Haula merupakan nama yang berasal dari bahasa Arab, yang memiliki arti manisan.

Haula sering dihidangkan pada waktu lebaran, untuk menjamu tamu yang berkunjung datang kerumah. Kalau dilihat dari sejarah, haula sudah terdapat sejak zaman kesultanan dan pada waktu itu, haula sering disajikan pada suatu acara tertentu atau untuk memperingati hari besar di kesultanan pesisir timur Sumatera.

Halua terbuat dari berbagai macam buah, seperti pepaya, gelugur, renda, kolang kaling dan gundur. Semua bahan tersebut difermentasi selama beberapa hari, kemudian siap di sajikan.

4. Mie Tek-Tek

Gambar mie tektek yang unik dan lezat
Sumber: Instagram @kedai_momo

Mie tek-tek termasuk makanan yang berasal dari daerah Tebing Tinggi. Mie tek-tek dapat disajikan dengan 2 cara, yaitu dengan cara ditumis atau mie tek-tek goreng dan juga dengan cara direbus atau bisa juga disebut mie tek-tek kuah. Untuk mie tek-tek, mie yang digunakan dapat mie instan.

Untuk bahan lainnya bisa menggunakan sayuran seperti sawi, cabai, bawang merah, bawang putih, garam, merica, kecap manis, saus sambal, dan penyedap rasa. Berikut bahan dan cara membuat mie tek-tek kuah.

Bahan pembuatannya terdiri dari 400 gr mie kuning basah, 200 gr kol yang sudah diiris tipis, 5 sendok makan ( 5 sdm ) daun bawang yang sudah diiris miring, 250 gr paha atau dada ayam, 1 liter air, 100 gr kerupuk, 2 buah tomat, 5 sendok makan ( 5 sdm ) minyak goreng.

Nah, untuk Bumbu Halus nya terdiri dari, 3 sdm bawang putih di iris, 2 sdm cabai merah di iris 1 sendok teh ( 1 sdt ) merica bubuk, 5 buah kemiri, 1 sdm garam , 3 sdm udang rebon, rendam dalam air panas, 3 sdm kecap manis, ½ sdt cuka, Penyedap rasa sesuai selera. Untuk bahan toppingnya terdiri dari Kerupuk yang telah di goreng, Bawang goreng , Acar.

Cara membuatnya dimulai dari, Rebus paha ayam menggunakan 1 liter air hingga empuk, angkat , tiriskan, dan sisihkan kaldunya. Goreng paha ayam yang sudah direbus tadi menggunakan 5 sdm minyak hingga setengah kering. Kemudian suwir-suwir dan sisihkan. Selanjutnya panaskan minyak kembali kemudian masukkan bumbu yang telah dihaluskan dan tumis hingga harum

Kemudian masukkan kol, tomat, daun bawang, kecap, serta cuka. Next, masukkan kaldu ayam tadi hingga mendidih. Tambahkan penyedap jika kalian berminat. Next, masukkan mie kemudian didihkan sebentar saja dan angkat. Hidangkan saat masih panas. Taburkan suwiran ayam, kerupuk, acar, dan bawang goreng.

Baca Juga: Makanan khas Padang Sidempuan yang unik dan lezat

5. Kue Kacang

Kue kacang muncul pada tahun 2005 di kota Tebing Tinggi ( kalau di kota lain kue kacang dinamakan bakpia ) . Pada saat ini, merek kue kacang yang terkenal adalah yang bermerek Garuda, Rajawali, dan Beo.
Sumber: Facebook @dieplur78

Kue kacang muncul pada tahun 2005 di kota Tebing Tinggi ( kalau di kota lain kue kacang dinamakan bakpia ) . Pada saat ini, merek kue kacang yang terkenal adalah yang bermerek Garuda, Rajawali, dan Beo. Alasan kenapa kue kacang banyak digemari adalah kelezatannya dan harganya yang tergolong cukup ekonomis berkisar Rp45.000,00 hingga Rp60.000,00 per kemasan.

Berikut bahan dan cara untuk membuat kue kacang, 500gr ( ½ kg ) kacang tanah yang sudah disangrai, 250 gr ( ¼ kg ) gula bubuk, 500 gr ( ½ kg ) tepung rendah gluten, ½ sdt garam, 250 ml ( ¼ ml ) minyak goreng, 3 butir kuning telur ( untuk mengoles)

Cara Membuatnya dimulai dari yang pertama yakni Kalau memakai kacang tanah yang belum dikupas kulit arinya, kupas dulu hingga bersih . Kalau memakai kacang tanah yang sudah dikupas kulit arinya, bisa langsung disangrai hingga aromanya harum dan matang kemudian diangkat dan didinginkan. Kemudian masukkan kacang ke dalam blender, lalu tuangkan minyak sayur. Blender hingga lembut dan menyatu.

Selanjutnya pindahkan adonan kacang tersebut ke dalam baskom Lalu tambahkan gula , tepung terigu dan garam. Aduk hingga kalis. Next, taruh adonan tersebut di atas permukaan datar yang dilapisi plastik. Gilas adonan sampai setebal 0,5 cm. Cetak adonan tersebut dengan cetakan kue dengan bentuk yang sesuai selera anda masing-masing.

Then, susunlah kue diatas loyang. Selanjutnya, panggang di dalam oven dengan suhu 150oC selama 10 menit, Next, keluarkan dari loyang, lalu olesi dengan kuning telur permukaanya dan kemudian panggang kembali selama 10 menit. Angkat dan dinginkan, simpan dalam wadah wadah kedap udara.

6. Lempok durian

Sesuai dengan namanya, lempok durian adalah sejenis makanan berupa dodol yang dibuat dari sebuah durian. Lempok durian ini dibuat dengan daging durian murni dan gula tanpa campuran bahan lain.
Sumber; Facebook @dari mulut ke hati

Sesuai dengan namanya, lempok durian adalah sejenis makanan berupa dodol yang dibuat dari sebuah durian. Lempok durian ini dibuat dengan daging durian murni dan gula tanpa campuran bahan lain. Lempok durian ini merupakan salah satu makanan khas tebing tinggi, sumatera Utara yang sangat banyak digemari masyarakat. Lempok durian ini sangat cocok loh dijadikan sebagai oleh oleh khas Tebing Tinggi.

Nah, buat kamu yang tidak bisa datang ke Tebingtinggi tapi sangat ingin sekali mencoba lempok durian ini. Tenang, jangan khawatir, kamu bisa juga loh membuatnya sendiri dirumah. Selain bahanya hanya terdiri dari 2 jenis saja, tahap pembuatannya juga tergolong gampang gampang susah loh. Kamu tinggal kumpulkan niat dan strategi untuk membuat lempok durian ini.

Trus kalau di kampung halaman kamu belum musim durian bagaimana? No problem. Karena jika kamu juga tidak bisa membuatnya dirumah karena alasan buah durian yang tidak tersedia, kamu juga bisa kok mengkonsumsi dodol ala Tebingtinggi ini dengan membelinya baik melalui online atau offline. Karena sekarang lempok durian ini sudah banyak dijual di pasaran dan cita rasanya juga gk kalah enak kok.

Nah, buat kamu yang sangat ingin mencoba lempok durian ini, kamu bisa loh mendapatkan nya dengan harga yang sangat bersahabat dengan isi kantong kamu. Harga nya hanya 15.000 hingga 150.000 an saja loh. Hmm, yakin gk mau coba? Apalagi pecinta buah durian.

7. Teri bajak

Teri bajak merupakan salah satu makanan khas tebing tinggi teri bajak ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh terbaru kota tebing tinggi Sumatera Utara. Teri bajak ini tersedia atas teri nasi sambal siap saji dan langsung dapat dikonsumsi.
Sumber: Facebook @teri bajak Medan

Teri bajak merupakan salah satu makanan khas tebing tinggi teri bajak ini sering dijadikan sebagai oleh-oleh terbaru kota tebing tinggi Sumatera Utara. Teri bajak ini tersedia atas teri nasi sambal siap saji dan langsung dapat dikonsumsi.

Kamu tahu tidak ada dua pilihan rasa sambal pada terbajak ini loh yang pertama sambal cabe merah atau sambal cabe rawit sambal langsung dicampur dengan teri dan ada pilihan tambahkan topping kacang juga. Dari hal tersebut tentu kita sudah tahu cita rasa yang dimiliki teri bajak khas Tebing Tinggi ini yakni memiliki cita rasa pedas manis dan gurih.

Teri bajak ini dibuat dengan bahan-bahan yang terdiri dari buah tomat, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, terasi teri dan pete (tergantung selera saja).

Ada hal lain yang lebih unik dan cukup terpuji loh yang terdapat pada teri bajak ini yakni teri bajak ini dapat bertahan hingga 2 minggu di dalam kemasan. Sehingga kamu bisa makan teri bajak ini kapan saja selama 2 minggu.

Selain itu dibajak ini juga memiliki beberapa varian yakni teri bajak varian sambal merah atau rawit teri bajak varian kacang sambal merah atau rawit teri sambal merah atau rawit teri belah dengan kacang sambal merah atau rawit dan yang terakhir adalah varian dibajak mentah atau belum diolah.

Nah dibalik beberapa varian rasa teri bajak tentu harga yang dimilikinya juga sudah berbeda yakni mulai harga rp30.000 hingga harga rp110.000 saja. Dengan begitu kamu sudah bisa membeli teri bajak sebagai oleh-oleh kamu saat berkunjung ke tebing tinggi Sumatera Utara.

8. Sirup markisa

Nah, terlepas dari beberapa makanan khas Tebing Tinggi, ada loh satu minuman hasil olahan masyarakat tebing tinggi yang wajib banget kamu ketahui dan kamu coba.
Sumber: Facebook @tya sintyaa

Dibalik hidangan makanan yang enak, tentu tidak lengkap rasanya jika tidak ada pendamping seperti minuman yang dijadikan sebagai pelengkap. Nah, terlepas dari beberapa makanan khas Tebing Tinggi, ada loh satu minuman hasil olahan masyarakat tebing tinggi yang wajib banget kamu ketahui dan kamu coba.

Namanya sirup markisa. Sirup markisa ini memiliki cita rasa asam, manis, dan segar. Apalagi saat dihidangkan di campur dengan gula, es, susu dan lain sebagainya. Hmm, kelezatannya sudah tak terkatakan lagi.

Berbicara soal sirup, tentu jenis sirup tidak hanya satu saja, melainkan banyak dengan cita rasa yang berbeda beda mulai dari rasa mangga, sirsak, jeruk dan lain sebagainya. Namun untuk sirup rasa Markisa gimana?, Apakah kamu sudah pernah mencobanya?. Jika belum, kamu wajib banget nih mencoba sirup ini.

Kamu sudah tahu belum, jika sirup markisa ini salah satu kuliner favorit di Tebing Tinggi. Dan sirup markisa ini juga sangat banyak loh dihidangkan pada acara acara besar, mulai dari acara tahun baruan, hari raya, dan acara besar lainnya.

Nah, emang kamu mau ketinggalan untuk mencoba sirup markisa ini? Supaya kamu tidak ketinggalan, kamu bisa loh membelinya dengan harga yang cukup murah. Jadi harga sirup markisa ini hanya 25.000 sampai 35.000 an saja loh untuk 1 botolnya. Dijamin gak bakal nyesel.

9. Sate jengkol

Sate jengkol tentu sudah ada di beberapa daerah di Indonesia namun kebanyakan di daerah pedesaan, karena di daerah pedesaan sangat mudah mendapatkan sebuah jengkol, jadi tidak heran jika olahan jengkol Selakau dihidangkan di di meja makan. Salah satunya di daerah Tebing Tinggi.
Sumber: Facebook @monang dabukke

Siapa nih, pecinta jengkol? Apakah Kamu salah satunya? Kalau kamu salah satunya, tentu kamu sudah tahu dong diolah jadi apa saja jengkol ini? Mulai dari diolah menjadi rendang jengkol, semur jengkol, sambal jengkol, dan lain sebagainya.

Nah kali ini kamu sudah tahu dan sudah pernah belum mencoba sate jengkol. Hmm, buat kamu pecinta jengkol sangat disayangkan sekali jika belum pernah mencoba sate jengkol ini.

Sate jengkol tentu sudah ada di beberapa daerah di Indonesia namun kebanyakan di daerah pedesaan, karena di daerah pedesaan sangat mudah mendapatkan sebuah jengkol, jadi tidak heran jika olahan jengkol Selakau dihidangkan di di meja makan. Salah satunya di daerah Tebing Tinggi.

Di tebing tinggi, ternyata sate jengkol ini sudah sangat populer loh, dan menjadi makanan khas daerah Tebing Tinggi loh. Tebing Tinggi merupakan salah satu penghasil jengkol yang cukup banyak, jadi tidak heran jika jengkol ini menjadi salah satu kuliner favorit di Tebing Tinggi.

Nah, buat kamu yang ingin mencoba sate jengkol khas Tebing Tinggi, harus banget nih mencobanya. Jadi, untuk bisa dapat sate jengkol ini, kamu tidak perlu sampe jual perhiasan atau barang barang berharga lainnya. Karena harga dari sate jengkol ini hanya 1000 sampai 2000 an saja loh untuk satu tusukan. Hmm, masih yakin nih tidak mencoba sate jengkol?.

Baca Juga: Makanan khas Sibolga yang unik dan lezat

10. Siobak

Gambar sidobak yang merupakan makanan khas Tebing Tinggi
Sumber: Facebook @makanmana

Jauh-jauh berkunjung ke kota tebing tinggi, tanpa memakan siobak. Hmm, sangat tidak lengkap dan maknyus sekali jika berkunjung ke tempat pembuatan siobak tanpa mencicipi siobak.

Namun ada juga yang berkunjung ke Tebing Tinggi hanya buat makan babi panggang atau yang disebut siobak dan juga babi madu atau charsiew. Eiitsss, Tapi ini bukan sembarang charsiew dan siobak. Resepnya udah turun temurun dari Kakeknya! Sudah dari tahun 1958 an nih, sekitar 70 tahunan lah.

Nah buat kamu yang belum ada waktu ke Tebingtinggi, kamu bisa loh membuatnya dirumah dengan bahan bahan yang mudah didapat, mulai dari, Bahan untuk lumuran Daging Perut Babi:

  • 500 gr Daging Perut Babi
  • 2 sendok makan Jinten
  • Garam secukupnya
  • 2 sendok teh Merica Bubuk
  • 2 sendok teh Ketumbar Bubuk
  • 3 siung Bawang Putih ulek halus (bisa pakai Bawang Putih bubuk) Bahan untuk kuah rendaman:
  • 1 sendok makan Jinten
  • Garam secukupnya
  • 1 sendok teh Merica Bubuk
  • 1 sendok teh Ketumbar Bubuk
  • 3 siung Bawang Putih ulek halus (bisa pakai Bawang Putih bubuk)
  • 1 lembar Daun Bay Leaf (bisa juga pakai Daun Salam)
  • 500 ml Air

Soal rasa sih udah ga perlu diragukan lagi lah. Apalagi nikmati babi panggang dan babi madunya langsung dari dapur dan tungkunya! Panas, crispy, juicy, mantap poll! Nengok langsung lah biar ngiler!

Nah, itulah dia 10 jenis makanan dan minuman khas tebing tinggi yang sangat menggugah selera kamu. Selain harus ke tebing tinggi, kamu juga bisa loh membuatnya sendiri dari rumah bahkan bisa membelinya sendiri melalui beberapa aplikasi belanja online di Indonesia. Jadi saat berkunjung ke Tebing Tinggi jangan lupa mencoba semua kuliner khas Tebing Tinggi ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.