Gambar makanan khas Tolaki

10 Makanan Khas Tolaki yang Populer dan Lezat Dicoba

Share with

Makanan khas Tolaki adalah salah satu kuliner yang berasal dari provinsi Sulawesi tenggara suku Tolaki ini memiliki jenis makanan khas dan kuliner yang sangat melokal maupun jarang kita temui. Suku Tolaki ini merupakan salah satu suku yang paling banyak di Sulawesi tenggara.

Suku tolaki ini sangat terkenal dengan cara mereka yang sangat menjaga adat istiadat dan tradisi leluhurnya misalnya seperti upacara penyambutan tamu yang diiringi dengan tari muara. Tari muara adalah sebuah tari menggambarkan keberanian dan kegagahan saat berperang. Hal ini menggambarkan bahwa suku Tolaki tetap melestarikan budaya mereka.

Selain itu suku tolaki juga mempunyai lambang perdamaian dan persatuan. fakta lain yang menarik dan unik yang bisa kita jumpai saat berada di tolaki Sulawesi tenggara yakni beberapa kunjungan wisata alam dengan pemandangan alam yang sangat indah dan memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga tidak sedikit wisatawan yang datang mengunjungi suku tolaki ini.

Sesungguhnya Jika hanya menikmati keindahan alam dan menelusuri beberapa hal menarik dari suku tolaki ini tidak akan lengkap rasanya jika belum mencicipi beberapa makanan khas dari suku tolaki ini. Sama halnya dengan makanan khas dari suku lainnya yakni memiliki cita rasa ada yang manis gurih pedas asam dan enak.

Suku tolaki ini juga memiliki beberapa jenis makanan khas yang wajib untuk dicoba dan dijamin kamu bakal ketagihan selain menciptakan rasa tapi juga ada daya tarik yang tersembunyi pada proses pembuatannya.

Nah supaya kamu tidak penasaran jenis makanan apa saja yang ada di suku tolaki, yuk simak beberapa fakta unik dan menarik dari 10 jenis makanan khas suku tolaki yang berbeda beda.

1. Sinonggi

Gambar sinonggi yang merupakan makanan khas Taolaki yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Instagram @devyrico

Sinonggi ini dibuat dari saripati di suku tolaki ini, memiliki cara tersendiri untuk memakan sinonggi ini. Yaitu dengan cara menyantap sinonggi secara bersama-sama yang disebut masonggi. Masonggi ini adalah salah satu tradisi suku tolaki dalam menyantap sinonggi.

Sinonggi khas suku tolaki ini merupakan makanan pokok yang kini memiliki pergeseran makna dan bersaing dalam pembentuk pembuatan sinonggi ini yakni yang harus mempunyai bahan dasar yaitu sagu.

Karena sagu ini lah yang menjadi bahan utama membuat sinonggi. sagu adalah bahan utama olahan yang diperoleh dari pemrosesan keras batang rumbia ataupun sagu. Sinonggi ini biasanya dijadikan sebagai pengganti nasi bagi masyarakat suku tolaki.

Makanan khas suku tolaki yang satu ini sudah menjadi makanan pokok secara turun-temurun. Dan tradisi memakan sinonggi ini atau yang juga dikenal dengan sebutan masonggi dikatakan sinonggi berasal dari pasung yang bahasa tolaki berarti alat mirip sumpit sinonggi disajikan dengan cara digulung dan diletakkan di atas piring.

Sinonggi ini biasanya disajikan sebagai pendamping spesial dari beberapa jenis kuliner khas suku tolaki lainnya. Nah untuk bisa menikmati sinonggi ini, kamu bisa loh mendapatkan nya dengan harga yang sangat terjangkau. Jadi harga sinonggi ini hanya 20.000 hingga 30.000 untuk satu porsi makan.

2. Kapurung

Gambar Kapung yang merupakan makanan khas tolaki yang banyak digemari berbagai kalangan
Sumber: Instagram @sucisuaibsaenong

Kapurung ini merupakan salah satu makanan khas tradisional Sulawesi tenggara salah satunya di suku tolaki. mengapa suku tolaki? Karena sumber bahan bakunya sangat mudah ditemukan di suku tolaki. Usut punya usut ternyata, kuliner kapurung ini masih ‘jago kandang’ atau belum menasional.

Kuliner ini belum popular bukan karena cita rasanya yang kueang enak, tapi karena adanya beberapa hal yang melatar belakanginya sehingga kapurung ini tidak terlalu se populer kuliner khas suku tolaki yang lainnya. Nah, untuk membuktikan cita rasanya yang sesungguhnya, yuk simak fakta unik lain dari kapurung ini.

Kuliner kapurung ini terbuat dari sari batang pohon sagu. pohon sagu yang diambil batangnya kemudian diproses hingga menghasilkan tepung. Nah, mungkin terlintas dipikiran kamu, mengapa tidak langsung memakai tepung sagu kemasankan lebih simple?.

Nah penggunaan tepung sagu yang diolag langsung oleh masyarakat luwu akan lebih terasa nikmat karena hasil olahan sendiri. Selain itu, kapurung ini juga dimasak dengan campuran ikan atau bisa juga daging ayam dan beraneka ragam jenis sayuran. Biasa nya menggunakan daun bayam, kacang panjang, jantung pisang, atau bisa juga jenis sayur sesuai selera kamu.

Nah, ternyata kapurung ini tidak hanya memberikan kandungan cita rasa yang enak saja loh, tetapi juga terdapat kandungan gizi yang dapat menjaga stamina tubuh karena makanannya terdiri dari beberapa jenis sayuran dan ikan juga. Jadi buat kamu yang penasaran akan cita rasa dari kuliner kapuruk ini, kamu wajib sekaali mencobanya.

Untuk bisa mencobanya so pasti kamu harus ke daerah luwu dong, atau tidak kamu juga bisa membelinya dengan harga yang cukup murah dan dijamin tidak bakal menyesal. Nah untuk harga dari kapurung ini hanya 17.000 untuk satu porsi besar. Wah, satu porsi besar tentu bisa langsung puas dong.

3. Kambatu

Gambar Kambatu yang merupakan makan yang memiliki cita rasa yang unik
Sumber: Instagram @resepmakananbundo

Kambatu ini merupakan makanan khas dari Sulawesi tenggara. Salah satunya di suku tolaki, Sulawesi tenggara. Kambatu ini memiliki kandungan cita rasa yang gurih, pedas, dan menyegarkan.

Selain di suku tolaki, tentu kambatu ini juga cukup populer di beberapa daerah dari provinsi Sulawesi Selatan. Kambatu ini bisanya dijadikan sebagai lauk pauk khas suku tolaki yang dibuat dari daging asap atau daging panggang yang dimasak menjadi makanan berkuah.

Jadi kuliner Kambatu ini dibuat dengan bahan dasar dari se’i sapi yang dicampur dengan beberapa jenis bumbu bumbu rempah pilihan. Nah bumbu bumbu yang digunakan untuk membuat kambatu ini sangat umum dan mudah didapat misalnya, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, daun salam, daun jeruk purut, lengkuas, serai, belimbing sayur, buah mentimun, air, garam, lada dan gula.

Nah tahapan untuk membuat kuliner kambatu ini juga tergolong mudah dan praktis loh. Karena bumbu bumbunya diolah dengan cara di iris, Kemudian ditumis dan dicampurkan dengan se’i sapi dan tidak lupa juga menambahkan garam, gula dan lada secukupnya.

Tidak lengkap rasanya jika kamu hanya tahu cita rasa dan fakta unik yang terdapat pada kuliner Kambatu khas suku tolaki ini tanpa tahu harga menarik yang bisa membawamu menikmati kelezatan makanan ini. Nah, supaya rasa penasaran kamu tidak berkepanjangan, kamu harus lihat harga dari kuliner satu ini. Jadi, harga dari kuliner Kambatu khas suku tolaki ini sangat mudah didapatkan karena harganya hanya 15.000 hingga 20.000 saja loh.

4. Palubasa Serigala

Gambar Palubasa yang unik dan lezat
Sumber: Instagram @hungryshinta

Palubasa serigala ini adalah makanan khas yang sangat populer dari Makassar. Eits, jangan salah, selain di Makasar palubasa ini juga ada loh di suku tolaki. Dan palubasa ini juga sudah menjadi salah satu makanan khas asal suku tolaki.

Nah, dari namanya tentu buat kita penasaran kan, jenis makanan apa sih palubasa ini? Apakah kuliner dari daging serigala? Oh tidak mungkin. Jadi palubasa serigala ini adalah sejenis makanan berkuah yang dibuat dengan bahan dasar dari daging. Meski namanya palubasa serigala, bukan berarti dibuat dari daging serigala. Nah, jenis daging yang digunakan tidak sembarang daging loh.

Emang apa jenis dagingnya? Jadi jenis daging yang digunakan untuk membuat palubasa ini adalah daging sapi yakni hati, jeroan, daging, dan paru sapi. Nah untuk jenis bumbu bumbu nya ada kelapa parut, air, asam jawa, bawang merah, bawang putih cabe rawit merah, cabe keriting merah, ketumbar lengkuas, jinten, pala, jahe, garam, dan penyedap rasa. Ada jug bahan tambahan nya seperti sereh, kayu manis, gula merah, dan minyak untuk menumis.

Palubasa serigala ini memiliki cita rasa yang dijamin enak dan tidak diragukan lagi. Sekilas palubasa serigala ini mirip dengan Coto Makassar namun bedanya kalau palubasa ini ada campuran kelapa parut yang sudah digongseng. Jadi tampilannya semakin menarik perhatian.

Kamu pasti akan heran saat tau harganya. Jadi harganya itu hanya 10.000 hingga 15.000 an saja loh untuk satu porsi. Wow, kebayang gak sih, dengan harga segitu kamu sudah bisa menyantap hidangan spesial khas suku tolaki ini.

5. Ayam Tawaoloho

Gambar ayam tawaoloho yang unik dan lezat
Sumber: Instagram @yoek_legit

Ayam tawaoloho ini adalah salah satu jenis makanan khas Sulawesi tenggara tepatnya di suku tolaki. Masakan jenis ayam yang satu ini cukup sederhana. Dimana kesederhanaan olahan ayam ini dilihat dari jenis dan cara membuat nya. Nah ayam tawaoloho ini dimasak dengan campuran daun tawaoloho atau daun kedondong hutan dan ditambahkan dengan beberapa jenis rempah-rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang begitu lezat.

Ayam tawaoloho ini memiliki cita rasa yang asam manis yang juga ditambah dengan beberapa rempah-rempah dan disajikan dengan olahan sagu khas suku tolaki atau biasa disebut dengan kuliner sinonggi yang membuat kamu ketagihan dan bakal nambah lagi.

Terlepas dari kenikmatan yang terkandung dalam kuliner ayam tawaoloho ini, tentu kamu penasaran juga dong untuk soal harga.

Nah untuk bisa mendapatkan ayam tawaoloho ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 30.000 saja loh. Hmm, harga segitu sudah bisa menambah hidangan spesial di meja makan kamu. Dan tentu kamu dijamin bakal nagih.

Baca Juga: Makanan khas Tanjung Selor yang unik dan lezat

6. Kabengga

Gambar keengga yang sudah siap saji
Sumber: Instagram @rmsamudra

Kabengga adalah jenis panganan asal sultra yang juga ada di suku tolaki. Kabengga ini diolah dengan bahan dari ikan. Kabengga ini dilakukan dengan dua tahap pembuatan, yang tahap pembuatannya yaitu melalui proses penjemuran dan pengasapan. Kemudian dimasak dengan campuran bumbu bumbu rempah pilihan.

Kabengga ini merupakan salah satu kuliner yang unik, aneh tapi nyata. Karena selain tahap pembuatan nya yang unik, tapi juga kandungan rasa yang begitu khas.

Nah untuk bisa menikmati kuliner unik tapi nyata khas suku tolaki ini, kamu harus ke Sulawesi tenggara. Tapi kalau kamu belum ada waktu berkunjung kesana, kamu bisa juga loh menikmatinya dari rumah.

Kamu bisa menyantapnya hanya dengan mengeluarkan uang yang cukup terhingga. Biasanya masyarakat suku tolaki menjual kabengga ini seharga 120.000 untuk 1 kg dan tentunya 60.000 untuk ½ kg. Lumayan mahal ya. Tapi jika dilihat dari proses pembuatan nya tentu sesuailah dengan harganya.

7. Sate Pokea

Gambar sate poke yang unik dan lezat
Sumber: Instagram @photodiveseto

Siapa nih yang penikmat sate?. Kalau kamu salah satunya kamu wajib sekali tahu-menahu tentang fakta unik dan menarik dari sate pokea khas Sulawesi tenggara salah satunya dari suku tolaki.

Nah untuk jenis sate yang satu ini dibuat dari bahan yang anti – mainstream loh. Sate pokea ini terbilang sangat jarang ditemui di beberapa daerah lain. Meskipun memiliki keunikan dan cita rasa yang lezat, ternyata sate ini terbilang cukup redup dan tidak terlalu banyak dikenal orang luar suku tolaki.

Di suku tolaki sate pokea ini juga diolah menjadi salah satu kuliner yang cukup favorit di masyarakat disana. Sate pokea ini jelas berbeda dengan sate yang lainnya.

Yang membedakan sate pokea ini dengan sate yang lainnya adalah cita rasa dan bumbu-bumbu yang digunakan. Nah sate pokea ini diolah menjadi kuliner yang bercita rasa agak pedas, gurih dan lezat. Sesuai dengan namanya sate pokea ini dibuat dari kerang. Dimana arti dari pokea ini adalah kerang.

Biasanya masyarakat menyantap sate pokea ini ditemani dengan gogos. Jadi guys ini adalah sejenis makanan yang berbahan dasar dari nasi yang memiliki beragam isian yang lezat.

8. Sambal Tomat

Siapa nih yang nggak kenal dengan sambal tomat? tentu sudah pada kenal dong dan tentunya bukan hanya kamu saja yang sudah kenal dengan sambal tomat tetapi lidah kamu juga sudah sudah biasa untuk mencicipi cita rasa dari sambal tomat.

Ternyata sambal tomat ini merupakan salah satu makanan khas dari suku tolaki loh. Yang menjadi pembeda dari sambal tomat khas suku tolaki ini dengan sambal tomat pada umumnya dilihat dari tahap membuatnya dan bumbu racikannya yang spesial.

9. Kambose

Gambar Kambose
Sumber: Instagram @samu_songke

Ini dia nih, yang katanya sederhana tapi indah. Namanya kambose. Kambose ini adalah sejenis makanan yang diolah dari jagung tua dengan cara direbus. Kambose ini bisa kamu temui di Sulawesi tenggara, tepatnya pada suku tolaki. Nah sekilas jika dilihat dari tampilannya, kambose ini mirip dengan kuliner jagung Bose. Dimana kambose dan jagung Bose ini sama sama diolah dari jagung dan hasil olahannya berupa bubur yang super lezat.

Kambose ini sudah menjadi kuliner tradisional khas tolaki sejak lama. Karena dibalik proses pembuatannya yang sederhana, tercipta cita rasa yang begitu khas dan lezat. Walaupun hanya berbahan dari jagung, tetapi kalau sudah melintas di lidah, pasti bakal ketagihan. Apalagi yang doyan makan bubur.

Nah, untuk soal harga dari kambose ini sudah tidak asing lagi dari isi kantung kamu. Jadi harga kambose ini hanya 15.000 saja loh untuk satu porsi.

10. Ikan Bolo

gambar ikan bolo yang lezat
Sumber: Instagram @lusiana_chenz

Ikan bolo ini merupakan salah satu menu khas dari suku tolaki. Biasanya masyarakat suku tolaki mengolah ikan bolo ini dengan cara digoreng kemudian dicampur dengan sambal yang super lezat. Selain diolah dengan cara digoreng ikan bolo ini juga bisa diolah dengan cara di gulai dan cita rasanya juga tidak kalah enak.

Ikan bolo ini merupakan salah satu lauk pauk khas suku tolaki yang sangat banyak diincar masyarakat. Selain itu ikan bolo ini juga sangat mudah ditemukan di suku tolaki sehingga tidak mempersulit masyarakat untuk mengolahnya menjadi sebuah makanan yang begitu enak dan dijamin pasti ketagihan. Ikan bolo ini memiliki cita rasa yang manis pedas dan gurih.

Nah untuk bisa menikmati ikan bolo khas suku tolaki ini kamu tidak perlu khawatir Karena kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar rp 10.000 saja. Dengan harga segitu kamu sudah bisa menyantap langsung ikan bolo khas suku tolaki yang merupakan salah satu kuliner lezat.

Nah itulah dia 12 jenis kuliner atau makanan khas dari suku tolaki yang memiliki beragam cita rasa yang membuat kamu ketagihan dan dijamin gak bakal bosan. Nah sembari menikmati keindahan alam di suku tolaki kamu juga bisa menemani hari-hari kamu di sana dengan menikmati beberapa kuliner khas hasil racikan masyarakat suku tolaki ini.

Jadi jangan bangga kalau kamu pernah berkunjung ke suku kata lagi kalau belum mencoba Salah satu kuliner khas suku tolaki ini. Karena sangat sia-sia rasanya jika pergi hanya memanjakan mata dengan pemandangan alam disana tanpa memanjakan lidah dengan kuliner khas suku tolaki. Mari belajar untuk tidak egois terhadap diri kita sendiri.

Jika kamu belum ada waktu untuk berkunjung ke suku tolaki, Sulawesi tenggara kamu juga bisa kok menikmati kuliner khas tolaki ini dengan membuatnya sendiri di rumah atau tidak kamu juga bisa menikmatinya hanya mengeluarkan yang cukup murah dan dijamin kamu tidak bakal sampai jual tanah beribu hektar. Karena harga untuk setiap kulinernya tidak terlalu mahal.

Dari ke 10 kuliner tersebut manakah yang menjadi kuliner favorit kamu atau jenis makanan yang mana yang membuat kamu makin penasaran untuk mencobanya?

Baca Juga: Makanan Khas Alor yang unik dan lezat

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja