gambar makanan khas alor

10 Rekomendasi Makanan Khas Alor yang Unik dan Lezat

Share with

Makanan khas alor adalah salah satu Makanan khas asal Indonesia yang dikenal sebagai hidangan khas yang melokal. Kabupaten Alor ini adalah sebuah sebuah kabupaten dari provinsi Nusa tenggara timur yang dimana Alor ini memiliki arti dari namanya.

Alor ini singkatan dari alam lestari orang ramah. Nah, sesuai dengan arti namanya, kita tentu sudah tau kalau penduduk Nusa tenggara timur terkenal akan keramahan masyarakatnya. Kabupaten Alor ini juga sama seperti kabupaten lainnya di Nusa tenggara timur maupun di provinsi lain yaitu sama sama memiliki keindahan alam tersendiri.

Nah untuk tempat wisata dari kabupaten Alor ini ada beberapa tempat, salah satunya yang paling terkenal adalah pantai sebanjar Alor. Nah untuk menambah kenikmatan saat menjelajahi pantai sebanjar Alor atau tempat wisata lainnya, tentu akan lebih nikmat dan lengkap jika ditemani hidangan spesial khas alor. karena selain memanjakan mata kamu juga bisa sambil memanjakan lidah kamu.

Nah, untuk jenis makanan yang cocok untuk menemani perjalanan kamu sepanjang wisata, ada beberapa jenis makanan yang sangat recommended sekali buat kamu.

Dari pada penasaran, yuk simaka dan ingat 10 jenis dan fakta menarik dari setiap hidangannya.

1. Jagung Titi

Jagung titi merupakan makanan khas Alor yang banyak diminati berbagai kalangan
Sumber: Instagram @bakoelssnack

Nah, untuk jenis kuliner yang pertama adalah jagung Titi. Berbicara soal jagung, pasti langsung terlintas dipikiran kita jagung bakar atau popcorn karena itu sangat umum kita temui di sekitar kita. Namun pengolahan jagung yang berjenis itu sudah biasa.

Nah, kalau kamu mau yang tidak biasa kamu boleh coba kuliner jagung yang satu ini yaitu jagung Titi. Jagung Titi ini merupakan makanan khas yang sangat familiar di daerah alor. Tentu tak hanya masyarakat Alor saja yang mengolahnya, melainkan beberapa daerah timur lain yang juga mengolahnya dan rasanya pun tidak kalah enak juga.

Namun, banyak juga orang Nusa tenggara timur menyebutkan kalau jagung Titi ini juga merupakan popcorn khas Nusa tenggara timur. Jagung Titi ini juga punya ciri khas tersendiri loh, baik dari bentuk maupun rasanya dimana jagung Titi ini memiliki rasa yang begitu elegan karena terdapat kandungan rasa yang tidak terlalu manis, tidak terlalu asin, dan hambar.

Jadi ini boleh dikonsumsi oleh kamu siapa saja mau yang muda tua bahkan bagi kamu yang lagi menjalankan diet ini cocok sekali jadi cemilan di masa masa perjuangan diet kamu. Nah untuk Proses produksi jagung Titi ini sangat sederhana dan melokal loh karena alat alat yang digunakan tergolong tradisional dan tidak sulit ditemukan. Bahan yang masih digunakan bisa dibilang alami tanpa campuran bahan lain.

Nah, tentu kamu sangat ingin mencoba kuliner satu ini kan. Kalau kamu mau ya kalau tidak buat sendiri ya harus beli lah. Jadi untuk harga dari jagung Titi ini cukup murah loh mulai dari harga 25.000-28.000 saja loh. Dengan harga segitu kamu sudah puas menyantapnya

2. Ikan kuah asam

Ikan kuah asam merupkan makanan khas Alor
Sumber: Instagram @andinkitchen

Selain mengolah makanan ringan, ternyata makanan khas kabupaten alor juga ada yang sejenis kuliner berkuah namanya ikan kuah asam. Ikan kuah asam merupakan makanan yang cukup praktis dan proses pembuatannya cukup mudah.

Akan tetapi, walaupun bahan bahan yang digunakan lumayan banyak, namun ada rasanya segar yang dihasilkan dan juga gak akan bau amis. Buat kamu yang suka dengan makanan yang asam dan pedas wajib sekali untuk mencoba ikan kuah asam manis ini.

Ikan kuah asam ini cocok dihidangkan untuk sarapan bahkan untuk makan malam juga boleh. Nah, Akan lebih nikmat rasanya jika menjajal ikan kuah asam ini dengan nasi yang masih hangat hangat. Saat kamu ingin menyantap kuliner ini, tetapi kamu tidak ada waktu untuk memasak nya, kamu bisa juga loh membelinya dengan harga yang sangat terjangkau. Harga ikan kuah asam ini mulai dari 18.000 an saja loh.

3. Jagung bose

Gambar jagung bose yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Instagram @jelajahtimur_

Hmm, siapa nih yang suka menyantap kuliner dari jagung? tentunya kamu sudah tahu bentuk, rupa dan proses produksi jagung untuk apa saja. Tapi pernah gak sih kamu mencoba bubur dari jagung? Biasanya kebanyakan dari kamu mungkin hanya tahu pengolahan jagung itu hanya menghasilkan makanan ringan saja.

Tapi untuk pengolahan jagung yang satu ini cukup unik Yakni jagung bose. Jagung bose ini mengandung beberapa daging di dalamnya salah satunya yaitu se’i. Jagung ini diolah menjadi bubur yang begitu lezat. Jagung bose ini bisa dinikmati dengan nasi bahkan bisa juga dengan ikan bakar.akan lebih nikmat lagi Jika kamu punya nasi dan ikan kering jadi rasanya akan semakin sempurna.

Nah terlepas dari cerita unik dibalik kelezatan jagung Bose ini. Tidak lengkap rasanya jika kamu tidak tahu menahu soal harga dari kuliner ini. Nah harga dari jagung Bose ini hanya 7.500 hingga 8.000 saja untuk 1 kg. Wah, sangat murah bukan?

4. Kue rambut atau jawada

Hmm, siapa nih yang tidak kenal dengan kue aneh tapi unik ini. Namanya jawada atau kue rambut. Kue rambut ini merupakan salah satu makanan khas dari alor. Tidak hanya di alor saja, tapi jawada ini juga sudah tersedia di berbagai daerah di Indonesia terutama di provinsi sebelah timur Indonesia.

Nah, kue rambut ini sekilas memiliki bentuk yang unik seperti bihun yang digoreng kering berbentuk agak bergelombang seperti rambut keriting. Kue rambut ini memiliki warna coklat keemasan dengan bentuk segitiga. Kue rambut ini memiliki aroma yang khas, yakni campuran antara aroma tepung yang digoreng dengan wangi gula merah.

Biasanya, kue rambut ini dijadikan sebagai hidangan istimewa pada saat acara istimewa maupun upacara adat. Selain itu, kue rambut ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu oleh oleh khas dari daerah alor. Nah untuk bahan membuatnya, kue rambut ini dibuat dengan campuran tepung beras, gula aren, santan, air nira, garam, dan minyak goreng.

Untuk tahap pembuatannya yaitu menggunakan teknik menggoreng. Nah, untuk membuatnya campurkan semua bahan menjadi satu adonan, akan tetapi konsistensinya tidak boleh terlalu kental dan encer. Supaya mudah dibentuk menyerupai rambut. Masyarakat alor biasanya menggunakan batok kelapa yang diberi lubang kecil kecil.

Kemudian adonan dituangkan lalu digoyangkan diatas minyak panas hingga terbentuk seperti rambut dengan lapisan yang tipis. Agar teksturnya tetap renyah, maka digunakan minyak atau cara deep frying. Nah, untuk bisa menyantap kerenyahan kue jawada khas alor ini, kamu cukup mengeluarkan uang sebesar 40.000 untuk 12 pcs. Jika dilihat dari bahan, proses, dan cita rasa yang dimiliki. Tentu sesuai lah harga dengan kualitas.

5. Sayur bunga pepaya

Gambar sayur bunga pepaya yang sudah siap konsumsi
Sumber: Instagram @fridajoincofee

Wah, siapa nih yang gak kenal dengan bunga pepaya. Ya sejenis sayuran yang memiliki rasa pahit. Nah sayur bunga pepaya ini adalah salah satu makanan khas kabupaten Alor yang tidak kalah unik dan lezat loh. Mungkin tidak hanya di alor saja, tetapi juga di beberapa daerah lain sayur bunga pepaya ini juga ada.

Jadi Sayur bunga pepaya ini bisa diolah dengan beberapa cara loh. Tapi cara yang paling umum digunakan masyarakat adalah dengan cara ditumis. Bahan yang digunakan untuk membuat sayur ini tentu sayur bunga pepaya dan beberapa jenis bumbu bumbu pilihan lainnya.

Nah bahan bumbu yang digunakan yaitu bawang merah, bawang putih, teri atau ikan asin yang dikeringkan, garam, penyedap rasa, gula merah, daun salam, lengkuas, asam Jawa, cabai merah keriting, dan cabai rawit hijau. Sesuai dengan nama teknik pengolahannya yaitu ditumis, tentu kamu sudah tau dong gimana cara menumis sayur.

Cara menumis sayur bunga pepaya ini tidak jauh beda kok seperti menumis sayur pada umumnya. Namun untuk memasak sayur bunga pepaya ini dilakukan dengan cara sedikit berbeda karena untuk menghilangkan rasa pahitnya, sehingga ada hal yang menjadi pembeda cara memasak sayur yang satu ini dengan sayur lain.

Nah untuk bisa menyantap sayur bunga pepaya ini kamu bisa buat sendiri. Tapi kalau kamu lagi mageran, kamu tetap bisa kok menikmati nya dengan membeli kuliner ini. Kuliner sayur bunga pepaya ini bisa kamu dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau loh. Mulai dari harga 12.000 hingga 16.000 an saja loh.

Baca Juga: Makanan khas luwu yang unik dan lezat

6. Jagung tembak

Gambar jagung tembak yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Instagram @happybunsz

Hah? Jagung tembak? Makanan apaan itu? Nah jagung tembak ini adalah makanan khas asal kabupaten Alor yang memiliki daya tarik tersendiri. Sesuai dengan namanya, jagung tembak ini berbahan dasar dari jagung yang dilakukan dengan cara menembak.

Lah, kok bisa? Jadi jagung tembak ini dilakukan dengan cara jagung yang sudah dipisahkan dari batangnya, dimasukkan ke dalam tabung khusus dari alor yang sudah dipanaskan terlebih dahulu diatas bara api sedang, kemudian tutup dengan rapat dan diputar putar.

Setelah 10 menit berlalu, siap siap olahan meledak lagi. Setelah itu, jagung tembak sudah jadi dan sudah siap untuk dinikmati. Nah, jagung tembak ini merupakan sejenis popcorn ala Alor. Memang bentuk dan rasa nya hampir sama. Namun tahap pembuatan nya lah yang menjadi daya tarik jagung tembak ini dan menjadi pembeda popcorn ala Alor dengan popcorn lainnya.

Nah untuk harga dari jagung tembak atau popcorn ala kabupaten Alor ini sangat terjangkau loh. Harganya hanya 15.000 an untuk 1 kg jagung tembak. Wow, kebayang gak sih, dengan harga segitu kamu bisa menyantap hidangan menarik dari Alor ini. Kapan lagi coba kamu bisa menikmati jagung tembak yang dibuat dengan alat khusus yang hanya ada di alor saja.

7. Perkedel ikan

Gambar perkedel ikan yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Instagram @dayasundari

Siapa yang tidak kenal dengan perkedel? Tentu kamu sudah tau dong apa itu perkedel. Jenis perkedel Yang sangat umum ditemui adalah perkedel kentang. Nah untuk jenis perkedel kali ini cukup unik loh. Namanya perkedel ikan.

Perkedel ikan ini adalah salah satu makanan khas asal kabupaten Alor. Sesuai dengan namanya, perkedel kan ini dibuat dengan menggunakan ikan sebagai bahan utamanya dan beberapa bahan bumbu lainnya. Nah jenis ikan yang biasanya digunakan masyarakat Alor untuk membuat perkedel ikan ini adalah ikan teri.

Nah perkedel ikan ini biasanya disajikan sebagai santapan spesial pada saat sarapan, makan siang, maupun makan malam. Jadi buat kamu yang penasaran dengan rasa perkedel dari ikan ini, kamu wajib banget pergi ke kabupaten Alor.

Tapi jika kamu belum bisa berkunjung kesana, kamu masih bisa loh menikmati nya dengan harga yang cukup murah. Untuk mendapatkan kuliner ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 40.000 an saja. Hmm, harga sesuai dengan kualitas yang terbaik.

8. Jagung bunga

Gambar jagung bunga yang sudah siap dikonsumsi
Sumber: Instagram @bapalok

Jagung bunga ini merupakan makanan khas alor yang tidak kalah enak dan menarik loh. Dari namanya saja tentu buat kita penasaran akan bentuk dan cita rasa yang dimiliki. Nah jagung bunga ini adalah sejenis popcorn yang mirip seperti popcorn pada umumnya.

Namun untuk jenis popcorn khas alor yang satu ini ada hal unik dan menjadi pembeda nya dengan kuliner lain. Yakni dari tahap pembuatannya. Biasanya kan yang kita ketahui cara membuat popcorn itu dengan cara dimasak dalam wajan kemudian ditutup dan ditunggu sampai jagung nya masak.

Nah untuk proses membuat jagung bunga atau popcorn khas alor yang satu ini sangat unik loh. Bisa dibilang rumit. Lah, rumit dari mananya? Karena hanya membuat sebuah popcorn?Jadi yang menjadi hal unik yang terdapat pada proses membuat jagung bunga ini adalah Jagungnya dimasak dengan pasir laut dan Periuk. Nah, gimana gak unik kalau memasak dengan pasir?.

Selain itu, yang membedakan jagung bunga ini dengan jenis olahan jagung lainnya adalah jenis jagung yang digunakan. Dimana untuk membuat jagung bunga ini menggunakan jenis jagung yang memiliki tekstur yang lebih kecil dari jenis jagung lainnya dan hanya bisa tumbuh di beberapa tempat saja. Nah, mengapa jagung bunga ini dibuat dengan jagung bertekstur kecil?

Karena jika menggunakan jenis jagung yang bertekstur kecil akan lebih mudah merekah seperti bunga saat dimasak.Nah selain itu ada fakta unik dari jagung bunga ini. Dimana kudapan jagung bunga ini wajib ada pada setiap acara khusus baik acara duka, syukuran atau ngobrol santai. Sebab jagung bunga ini memiliki simbol yang menyimbolkan rasa persahabatan dan ucapan rasa terimakasih.

9. Lawar ikan sardin

Gambar ikan lawar yang sudah siap dikonsumsi. Makanan ini merupakan makanan khas Alor yang diracik khusus oleh masyarakat alor.
Sumber: Instagram @lovelycooking9102

Lawar ikan sardin ini adalah salah satu makanan yang diracik khusus oleh masyarakat Alor. Selain di kabupaten Alor, ternyata lawar ikan sardin ini juga tersedia di beberapa daerah lain. Nah lawar ikan Sardin ini adalah sejenis sashimi nya orang Indonesia.

Nah kalau dibilang sashimi tentu sudah tau dong apa keunikan dari sashimi. Ya, salah satu hidangan berbahan mentah namun memiliki cita rasa enak dan segar. Jadi, lawar ikan sardin ini dibuat dengan bahan dasar dari ikan sardin atau ikan teri, cabai, daun bawang, daun kemangi, jeruk nipis, garam, gula dan air cuka.

Nah untuk tahap membuatnya yakni pisahkan terlebih dahulu ikan dari kepalanya, karena jika kepalanya ikut dinikmati maka akan terasa pahit. Kemudian cuci sampai bersih, lalu ikannya di rendam dengan cuka selama 15 menit supaya amis ikannya hilang dan bisa bertahan berhari hari dan jangan lupa menambahkan perasan jeruk nipis supaya lebih mantap.

Selanjutnya Ulek bahan bumbu sampai halus kemudian campurkan dengan ikan sardin dan aduk sampai rata. Setelah itu masukkan daun kemangi, irisan bawang merah dan daun bawang nya lalu aduk kembali sampai tercampur rata. Setelah itu tutup dengan daun pisang dan biarkan selama 10 menit.

Nah supaya ikannya bertekstur lembut, maka biarkan lah sampai 1 atau 2 jam. Nah jika sudah pas waktunya, lawar ikan sardin sudah bisa disantap. Duh, cita rasanya begitu enak loh, Rasa layarnya dominan asam, pedas dan menyegarkan.

10. Jagung rebus alor

Jagung rebus memang sudah biasa dan simpel sekali baik dalam proses pembuatan sampai cita rasa nya. Nah walaupun demikian, hal itu tak menjadi penghalang bagi masyarakat Alor untuk mengolah jagung ini dengan cara direbus sehingga menghasilkan makanan khas yang begitu enak.

Nah, mengapa demikian? Kan hanya jagung rebus? Memang lah kuliner ini hanya jagung rebus, namun untuk cita rasa yang terkandung siapa yang tau? Jadi jagung rebus ini merupakan salah satu makanan khas alor yang cukup populer loh. Sesuai dengan namanya kuliner satu ini dibuat dengan bahan dasar dari jagung yang diolah dengan cara direbus.

Tahap membuat jagung rebus khas alor ini cukup mudah dan praktis loh. Yang membuat jagung rebus khas alor ini beda dari jagung rebus yang lain dilihat dari jenis jagung yang digunakan dan cita rasa yang dimilikinya.Jadi buat kamu yang ingin mencoba jagung rebus khas alor ini kamu hanya perlu mengeluarkan biaya yang tidak terlalu mahal. Harganya hanya 8.000 an saja untuk satu buah jagung.

Nah itulah beberapa jenis makanan khas dari kabupaten Alor yang sangat direkomendasikan buat kamu yang suka berwisata alam sambil wisata kuliner. Karena kandungan rasa yang didapat tidak hanya satu dari setiap kulinernya. Jadi pilihan rasa dan jenisnya tidak membuat kamu bosan untuk menjajalnya.

Oleh sebab itu lah, kamu wajib banget mencoba kuliner khas kabupaten alor yang 10 ini. Dijamin bakal ketagihan. Akan terasa lengkap jika menyantapnya Sambil menikmati keindahan alam disana. Nah, jika kamu belum ada waktu ke kabupaten Alor, kamu bisa juga loh membuat nya sendiri.

Namun jika kamu ingin menyantap hasil olahan dari alat khusus dan racikan masyarakat alor langsung, kamu bisa juga kok membelinya dengan harga yang cukup murah dan terjangkau. Jadi tidak ada keresahan dalam hati kamu untuk tidak bisa menikmati hidangan spesial khas kabupaten alor ini.

Baca Juga: Makanan khas Tanjung Selor yang unik dan menggugah selera

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Keranjang Belanja